Kabar Pusri

Berita Media Masa

Cari tahu informasi terbaru mengenai Pusri dari sorotan media.

news-1

30 September 2022

PROGRAM INOVASI SOSIAL PUSRI AJAK WARGA PULAU KEMARO BUAT LIMBAH DAPUR JADI CAIRAN MULTIFUNGSI

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmen terhadap kemajuan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan rangkaian Program Inovasi Sosial Pusri yaitu Sehat dan Sejahtera (SESERA) Edu Week Jilid II di Pulau Kemaro pada 22 – 23 September 2022.

 

Berkolaborasi dengan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) PSP, Mitra Binaan Pusri yaitu Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera (KGS) dan Puskesmas Sabokingking, sebanyak tiga kegiatan dilaksanakan di Pulau Kemaro.

 

Kegiatan tersebut diantaranya pelatihan Eco Enzyme bersama PIKA PSP yang bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada komunitas SESERA dalam membuat limbah dapur organik menjadi cairan multifungsi.

 

Selain itu juga dilaksanakan gerakan pilah dan olah sampah sejak dini bersama KGS dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SD N 49 terkait bagaimana mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai, dalam hal ini yaitu eco brick.

 

Eco brick merupakan botol plastik diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eco brick ini dapat menjadi solusi limbah padat tanpa biaya untuk masyarakat.

 

Pada kesempatan ini bersama Departemen CSR Pusri dan tim dari unit kerja lain dilaksanakan Kegiatan Posyandu Remaja bersama Puskesmas Sabokingking yang bertujuan untuk melatih kader posyandu untuk meningkatkan kualitas remaja Pulau Kemaro.

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentunya mendukung Program Inovasi Sosial Pusri yaitu SESERA.

 

Sebelumnya pada hari Rabu, 21 September telah dilaksanakan Sosialisasi Penanganan Keadaan Darurat di Pulau Kemaro yang berkolaborasi degna Departemen K3.

 

Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi dalam penangan keadaan darurat khususnya kebakaran, mengingata saat ini telah beberapa kali terjadi musibah kebakaran di Kota Palembang.

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan warga tidak panik ketika menghadapi keadaan darurat dan dapat langsung mengatasi keadaan darurat tersebut.

 

Disampaikan VP CSR, Alde Dyanrini bahwa Melalui program ini diharapkan sesuai dengan nama programnya agar pemberdayaan masyarakat Pulau Kemaro tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Pulau Kemaro serta dapat menjadi salah satu skill warga disini.

 

 

Sumber :  https://palembang.tribunnews.com/2022/09/30/program-inovasi-sosial-pusri-ajak-warga-pulau-kemaro-buat-limbah-dapur-jadi-cairan-multifungsi.

 

Baca Selengkapnya
news-1

30 September 2022

KOLABORASI DENGAN PIKA, PUSRI KENALKAN ECOBRICK PADA PULUHAN SISWA SD

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmen terhadap kemajuan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan rangkaian Program Inovasi Sosial Pusri yaitu Sehat& Sejahtera (SESERA) Edu Week Jilid II di PulauKemaro pada 22 – 23 September 2022.

 

Berkolaborasi dengan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) PSP, Mitra Binaan Pusri yaitu Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera (KGS) dan Puskesmas Sabo kingking, sebanyak tiga kegiatan dilaksanakan di Pulau Kemaro.

 

Kegiatan tersebut diantaranya pelatihan Eco Enzyme bersama PIKA PSP yang bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada komunitas SESERA dalam membuat limbah dapur organik menjadi cairan multi fungsi.

 

Selain itu juga dilaksanakan gerakan pilah dan olah sampah sejak dini bersama KGS dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SD N 49 terkait bagaimana mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai, dalam hal ini yaitu ecobrick.

 

Eco brick merupakan botol plastik diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

 

Eco brick ini dapat menjadi solusi limbah padat tanpa biaya untuk masyarakat.

 

Pada kesempatan ini bersama Departemen CSR Pusri dan tim dari unit kerja lain dilaksanakan Kegiatan Posyandu Remaja bersama Puskesmas Sabokingking yang bertujuan untuk melatih kader posyandu untuk meningkatkan kualitas remaja Pulau Kemaro.

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentunya mendukung Program Inovasi Sosial Pusri yaituSESERA.

 

Sebelumnya pada hari Rabu, 21 September telah dilaksanakan Sosialisasi Penanganan Keadaan Darurat di Pulau Kemaro yang berkolaborasi dengan Departemen K3.

 

Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi dalam penangan keadaan darurat khususnya kebakaran, mengingat saat ini telah beberapa kali terjad imusibah kebakaran di Kota Palembang.

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan warga tidak panik ketika menghadapi keadaan darurat dan dapat langsung mengatasi keadaan darurat tersebut.

 

Disampaikan VP CSR, Alde Dyanrini bahwa Melalui program ini diharapkan sesuai dengan nama programnya agar pemberdayaan masyarakat Pulau Kemaro tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Pulau Kemaro serta dapat menjadi salah satu skill warga disini.

 

Sumber : https://sumsel.tribunnews.com/2022/09/30/kolaborasi-dengan-pika-pusri-kenalkan-ecobrick-pada-puluhan-siswa-sd

Baca Selengkapnya
news-1

29 September 2022

PUSRI CERDAS AKADEMI, CERDASKAN GENERASI EMAS BANGSA

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Komitmen Pusri dalam mencetak dan mencerdaskan generasi penerus bangsa, dituangkan dalam salah satu Program CSR Pusri yaitu Pusri Cerdas Akademi (PCA).

 

Bertempat di Auditorium Musi Diklat, sebanyak 45 orang mahasiswa yang juga merupakan penerima beasiswa dari Pusri ikut berpartisipasi pada PCA 2022, Selasa  (27/09).

 

Sebelumnya seluruh peserta PCA yang tinggal di sekitar perusahaan, merupakan penerima beasiswa dari Pusri.

 

Serta beberapa peserta juga merupakan penerima Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana. Acara yang berlangsung selama satu hari ini, diisi oleh kegiatan sharing knowledge oleh perwakilan dari GEMPITA (Generasi Emas Pusri untuk Indonesia Tangguh) dengan beberapa materi yang sangat menarik.

 

Diantaranya, Pusri Introduction, Pengelolaan TJSL di Pusri, Pengelolaan Lingkungan Hidup di Pusri, Bijak Bersosial Media serta Public Speaking yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan peserta.

 

Dibuka oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, beliau menyampaikan bahwa Program PCA ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pusri untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi penerus bangsa. Sehingga kedepannya dapat menjadi bekal mereka sebelum masuk ke dunia kerja.

 

Disampaikan VP CSR Pusri, Alde Dyanrini melalui PCA, mahasiswa yang selama ini hanya mendapatkan beasiswa dari Pusri, akan dibina dan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka harapannya agar mereka dapat menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.

 

Adapun peserta yang mengikuti Program PCA Pusri ini berasal dari beberapa universitas besar di Palembang.

 

Seperti Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, Politeknik Negeri Sriwijaya serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang yang bertempat tinggal di ring I perusahaan, dimana sangat dekat dengan Pusri dan para generasi muda nya harus mengetahui bagaimana proses bisnis Pusri guna menghindari adanya informasi hoax terkait perusahaan.

 

Tentunya kedepan Program PCA ini akan menjadi program tahunan yang akan dilaksanakan juga di beberapa SMA yang ada di Kota Palembang, dengan harapan dapat diperluas di Provinsi lainnya.

 

“Sebelumnya kegiatan serupa sudah cukup sering kami laksanakan, diantaranya Gempita Pusri Goes to Campus, kemudian para penerima beasiswa S2 Pusri yang merupakan karyawan dan karyawati yang juga turun langsung ke beberapa sekolah di Kota Palembang untuk menjelaskan sekilas perusahaan dengan penyampaian yang ringan dan menarik”, jelas Alde.

 

Disampaikan oleh salah satu peserta PCA, Satria yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Peternakan Universitas Sriwijaya, bahwa melalui kesempatan yang diberikan oleh Pusri yaitu beasiswa dapat membantu biaya kuliah dan menambah semangat untuk melaksanakan pendidikan dengan baik.

 

“Kedepannya saya ingin mengembangkan peternakan di darah. Karena peternakan dan pertanian saling berkaitan dalam pelaksanaannya. Semoga saya bisa berkontribusi dan mengembangkan keahlian terutama dengan sharing knowledge dan bantuan dari Pusri”, terang Satria.

 

Melalui kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air, namun juga menjadi media belajar serta mengembangkan kreatifitas bagi Insan Pusri khususnya generasi Millennials, agar lebih peka dan peduli terhadap kemajuan dunia pendidikan.

 

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2022/09/29/pusri-cerdas-akademi-cerdaskan-generasi-emas-bangsa

Baca Selengkapnya
news-1

28 October 2022

PT PUSRI LAKUKAN DEMPLOT PUPUK NPK SINGKONG DI JEPARA, INI HASILNYA

HALO JEPARA – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi komoditas singkong, PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) mengembangkan pupuk yang mengandung Natrium, Posfor dan Kalium (NPK).

 

Pupuk NPK Pusri singkong merupakan produk inovasi terbaru dari perusahaan dengan formula khusus, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman singkong.

 

Jawa Tengah menjadi salah satu daerah pemasaran pupuk yang diproduksi anak perusahaan Pupuk Indonesia (Persero) ini. Dimana hasil singkongnya cukup tinggi, yakni 150.874 ton per tahun.

 

Dari rilis yang diterima halosemarang.id, Rabu (28/9/2022), Pusri melalui Kelompok Marketing Support melaksanakan panen Demonstrasi Plot (Demplot) komoditas singkong di lahan yang digarap Bukori, warga Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Rabu pekan lalu (21/9/2022).

 

Demplot tersebut sebagai percontohan pemupukan dengan pengaplikasian pemupukan spesifik produk pupuk NPK Pusri Singkong.

 

Tim Marketing Support PT Pusri, Aziz Mansya Patria menjelaskan, dosis yang digunakan dalam Demplot tersebut adalah NPK Pusri Singkong 700 kilogram per hektare, Pupuk Hayati Bioripah 12 liter per hektare, dan Pupuk Mikro Nutremag 12 kilogram per hektare.

 

“Dosis tersebut dapat diaplikasikan sebagai alternatif pola pemupukan karena penggunaan pupuk yang lebih efisien,” ujarnya.

 

Aziz mencontohkan, untuk hasil panen Demplot NPK singkong 55,6 ton per hektare. Sedangkan yang tanpa NPK singkong hanya 49,2 ton per hektare.

 

Hal ini juga diperkuat berdasarkan hasil ubinan yang dilakukan oleh Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Kembang, Suwikan.

 

Suwikan mengaku, produktivitas panen petani lokasi Demplot mengalami peningkatan hingga mencapai lebih dari enam ton per hektare.

 

“Singkong yang dipanen adalah varietas lokal yang berumur sembilan bulan. Alhamdulillah ada peningkatan,” ujarnya.

 

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kegiatan Farm Field Day (FFD) sebagai sarana sosialisasi dan edukasi petani sekitar lokasi Demplot.

 

Sebelumnya, Demplot juga dilaksanakan di Kabupaten Pati. Di Pati tercatat ada 19 ribu petani singkong.

 

Hal ini untuk menjawab keresahan para petani singkong dengan adanya kebijakan tanaman singkong tidak dapat memakai pupuk subsidi ini pasca terbitnya Permentan Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

 

Peraturan tersebut telah menghapus ubi kayu dan puluhan komoditas tanaman lainnya dalam kelompok prioritas komoditas dengan pupuk subsidi. (HS-06)

 

Sumber : https://halosemarang.id/pt-pusri-lakukan-demplot-pupuk-npk-singkong-di-jepara-ini-hasilnya

Baca Selengkapnya
news-1

27 September 2022

MELALUI PROGRAM MAKMUR, PUSRI DORONG PETANI SEJAHTERA

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur) merupakan program solusi bidang pertanian yang diinisiasi oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir. Melalui Induk holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) mengemban amanah untuk menjalankan program ini dengan tujuan produktivitas dan pendapatan petani Indonesia meningkat.

 

Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh, dalam berbagai kesempatan, terus mendorong petani untuk bergabung dalam Program Makmur agar kehidupan petani semakin sejahtera.

 

Kata dia, Program Makmur merupakan ekosistem yang menghubungkan petani dengan berbagai sektor yang dibutuhkan petani, seperti project leader, pihak asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, agro input, offtaker, dan pemerintah daerah.

 

"Program ini, terbukti menjadi katalis percepatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produktivitas pertanian," ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/9/2022).

 

Petani, sambung dia, akan diberikan pendampingan intensif untuk budidaya berkelanjutan dengan melibatkan rantai pasok. Yang didukung teknologi berbasis Triple Bottom-Line 3P (People, Planet, Profit) dengan tujuan akhir yaitu, untuk memakmurkan Petani Indonesia.

 

Menurut Tri, manfaat yang didapatkan petani melalui program ini di antaranya, kenaikan produktivitas pertanian, kenaikan keuntungan petani, adopsi praktek pertanian unggul dan mendorong penggunaan pupuk non subsidi.

 

Hingga 31 Agustus 2022, realisasi Program Makmur yang telah dilakukan Pusri yaitu seluas 38.907,49 hektare dari target sebesar 50.000 hektare. “Sejauh ini realisasi Program Makmur Pusri telah mencapai 77,81 persen, diharapkan dapat mencapai 100 persen  pada Desember mendatang,” tutr Tri.

 

Adapun realisasinya untuk setiap komoditas yaitu :

 

  1. KOMODITAS LUASAN LAHAN (HA)

 

  1. Padi 4.686

 

  1. Jagung 4.121,5

 

  1. Sawit                     27.391

 

  1. Singkong 1.124

 

  1. Kopi 838

 

  1. Tebu 557

 

  1. Lada Putih 94,9

 

  1. Kako 50

 

Program Makmur Pusri ini tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia. Di antaranya Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dengan rincian tanaman pangan 8.807,5 hektare dan tanaman perkebunan 30.099,99 hektare.

 

Terkait akuisisi petani, Program Makmur Pusri telah menggandeng 14.890 petani dari target sebanyak 25.000 orang petani, atau telah tercapai sebesar 59,56 persen dari target.

 

Dikatakan Tri, pihaknya bersama seluruh anggota PI Grup tentunya bersama-sama akan terus berkolaborasi serta menyosialisasikan Program Makmur kepada seluruh petani di Indonesia. Ini agar petani dapat sejahtera dan ekonomi yang meningkat melalui optimalisasi tata kelola pertanian secara terintegrasi.

 

"Karena sudah terbukti Program Makmur yang sudah berjalan dapat meningkatkan hasil produksi sampai 20-30 persen,” ucap Tri.

 

Melalui Program Makmur, petani juga akan dibantu dari sisi akses untuk permodalan melalui lembaga keuangan, serta perlindungan asuransi pertanian. Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas tentu dengan harga yang bersaing.

 

Petani juga akan diberikan akses untuk permodalan serta perlindungan asuransi pertanian. Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas, serta offtaker yang nantinya akan menampung hasil panen para petani.

 

Diharapkan, petani juga mendapatkan harga jual yang bagus dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Pihaknya yakin, dengan sebaran Program Makmur yang baik kepada seluruh petani, semua dapat menjadi bagian dalam menjaga ketahanan pangan nasional, dengan hasil pertanian yang meningkat.

 

"Serta kami berharap Program Makmur nantinya dapat terus dikembangkan dan diperluas wilayah binaannya,” ucap Tri.

 

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/riv50w396/melalui-program-makmur-pusri-dorong-petani-sejahtera

Baca Selengkapnya
news-1

26 September 2022

GELAR DONOR DARAH, BAKTI SOSIAL PUSRI BERBAGI UNTUK SESAMA

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan kegiatan bakti sosial Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Komplek Pusri dan diikuti oleh Karyawan/ti beserta keluarga besar PT Pusri Palembang, Rabu (21/09/2022) lalu.

 

Kegiatan Donor Darah tersebut merupakan kegiatan rutin perusahaan setiap tahunnya. Hal ini selaras dengan komitmen nyata BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

 

Guna mencegah terjadinya kerumunan pendonor dan agar kegiatan berjalan dengan tertib, pelaksanaan donor darah dibagi menjadi 4 (empat) sesi yaitu sesi pertama pukul 08.00 WIB, sesi kedua pukul 09.00 WIB, sesi ketiga pukul 10.00 WIB dan sesi keempat pukul 11.00 WIB.

 

Sehingga kondisi pelaksanaan pun tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

 

Sampai dengan pukul 12.00 WIB tercatat 230 (dua ratus tiga puluh) orang telah mendonorkan darahnya.

 

VP K3 Pusri Andri Wibawa Syarif mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena memberikan manfaat bagi kesehatan bagi diri sendiri dan juga orang lain.

 

“Alhamdulillah kegiatan rutin ini dapat kami laksanakan kembali, dan karyawan tetap antusias untuk mendonorkan darahnya. Dalam pelaksanaannya pun, kami tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan membagi peserta donor per sesi dan pendaftaran juga dilaksanakan secara online dan offline,” kata Andri Wibawa Syarif.

 

Disampaikan salah satu karyawan Pusri yang aktif mendonor Ancha Bastian dari Departemen Mitra Bisnis Pemasaran, banyak sekali manfaat yang bisa saya rasakan selaku pendonor dalam kegiatan donor darah ini.

 

"Selain memberikan kepedulian bagi sesama, donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan contohnya dalam reproduksi sel darah merah baru sehingga badan menjadi lebih bugar,” terang Ancha.

 

Lebih lanjut terkait pelaksanaan donor darah di Pusri, Ancha mengungkapkan bahwa Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan oleh PT Pusri Palembang, selain sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada sesama, perusahaan juga mendukung peningkatan kesehatan karyawan sehingga karyawan sehat dan mampu bekerja secara optimal.

 

Melalui kegiatan ini semoga dapat memberikan manfaat bagi penerima maupun pendonor darah, serta membantu program Pemerintah dalam memenuhi stok darah di PMI.

 

“Kami mewakili manajemen Pusri berharap seluruh insan Pusri dapat berpartisipasi dalam donor darah serta

selalu memprioritaskan K3 dalam setiap aktivitas pekerjaan, sehingga nilai K3 menjadi budaya perusahaan yang melekat dan dekat dengan aktivitas sehari-hari,” tutup Andri.

 

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2022/09/26/gelar-donor-darah-bakti-sosial-pusri-berbagi-untuk-sesama?page=2

Baca Selengkapnya
news-1

23 September 2022

PUSRI BERI BANTUAN 3.000 DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK LAMPUNG

Bandarlampung (ANTARA) - PT Pupuk Sriwijaya (Persero) memberikan bantuan berupa 3.000 dosis vaksin COVID-19 untuk masyarakat Provinsi Lampung, di Kabupaten Pesawaran.

 

"Bantuan vaksin COVID-19 dosis penguat atau (booster) ini merupakan salah satu program Corporate social responsibility (CSR) kami," kata SVP SDM Pusri, Yusman Arullah, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

 

Ia mengatakan bahwa bantuan vaksin ini juga bertujuan guna mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 yang saat ini masih ada di Indonesia.

 

"Alhamdulillah memang saat ini COVID-19 sudah menurun namun kita semua tidak boleh lengah dan harus tetap waspada serta terus menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Salah satunya dengan tetap melaksanakan vaksinasi booster," kata dia.

 

Ia mengatakan, vaksinasi merupakan wujud kepedulian serta ikhtiar bersama dalam penanganan melawan pandemi COVID-19, dan juga untuk melindungi diri sendiri, keluarga serta masyarakat.

 

"Untuk vaksinasi Booster dilaksanakan penyuntikan yaitu dengan dosis 0,5 ml dan rentan waktu 2 bulan setelah mendapatkan vaksin dosis kedua. Serta sudah memiliki jadwal dan tiket vaksinasi yang dapat dilihat di aplikasi PeduliLindungi," kata dia.

 

Ia mengatakan bahwa melalui kegiatan vaksin ini, manajemen Pusri berharap dapat membantu pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi booster serta memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.

 

"Kita semua tentunya berharap pandemi COVID-19 benar-benar berakhir dan tidak ada lagi masyarakat Indonesia bahkan di seluruh dunia yang terdampak COVID-19. Agar semuanya kembali normal dan kita dapat beraktivitas seperti semula," kata dia.

 

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/3135741/pusri-beri-bantuan-3000-dosis-vaksin-covid-19-untuk-lampung

Baca Selengkapnya
news-1

22 September 2022

PUSRI HADIR DUKUNG PRODUKTIVITAS PERTANIAN

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Sebagai perusahaan yang bergerak di industri pupuk dan petrokimia, Pusri senantiasa mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional.

 

Selain itu PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) bertanggung jawab untuk memproduksi, menyediakan dan menyalurkan pupuk hingga sampai ke end user.

 

Memasuki musim tanam Oktober – Maret Pusri siap memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi petani di berbagai wilayah tanggung jawab Pusri, sesuai dengan Permentan No. 10 / Tahun 2022 tentang Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian, Dan dalam Permentan ini menyatakan bahwa hanya 9 (Sembilan) komoditas utama yang disubsidi pemerintah diantaranya padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu, kopi dan kakao.

 

Serta jenis pupuk yang difokuskan yaitu, Urea dan NPK dari yang sebelumnya terdapat jenis SP-36, ZA, dan Organik.

 

Melalui Permentan No.10 / Tahun 2022 ini diharapkan tata kelola pupuk bersubsidi dapat lebih baik serta dapat mengantisipasi kondisi saat ini salah satunya terkait krisis pangan global.

 

AVP Lampung Pusri, Eman Haris mengatakan bahwa guna mendukung pemerintah Pusri turut mensosialisasikan Permentan No. 10/Tahun 2022 ini kepada petani khususnya di Provinsi Lampung.

 

“Di Lampung sudah kami sosialisasikan kepada distributor, kios hingga ke petani. Namun Permentan ini cukup berdampak pada petani komoditas singkong dan komoditas lainnya. Lebih lagi karena Provinsi Lampung merupakan penghasil singkong terbesar di Indonesia, sehingga cukup berdampak pada mereka”, terang Erman.

 

Lebih lanjut disampaikan Eman guna tetap mendukung petani singkong, Pusri memiliki produk non subsidi yang kualitasnya juga sangat baik terutama untuk pertumbuhan tanaman singkong.

 

“Sebagai salah satu bentuk solusi dari kami kepada petani, kami mensosialisikan kepada petani untuk menggunakan NPK Singkong Pusri”, jelas Erman.

 

NPK Singkong merupakan pupuk special komoditi yang dikembangkan oleh tim Riset Pusri dengan komposisi yaitu 17-6-25, yang mengandung unsur hara makro lengkap dan memiliki manfaat dapat memacu pertumbuhan vegetatif tanaman serta meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman dan pembentukan singkong.

 

Sebagai bentuk dukungan Pusri dan guna meningkatkan produktivitas pertanian, Pusri memiliki Program Makmur yang akan menjamin pertanian berkelanjutan melalui pendekatan menyeluruh mulai dari kemudahan akses modal dan sarana pertanian hingga pendampingan serta edukasi kepada petani.

 

Selain memproduksi urea, produk samping dan juga NPK Singkong, Pusri juga memiliki produk inovasi atau NPK Customize seperti pupuk NPK 15-15-15 dan NPK 16-16-16 untuk tanaman pangan, NPK 12-12-17-2 dan NPK 13-6-27-4 untuk komoditi sawit serta pupuk special komoditi yaitu NPK Kopi.

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2022/09/22/pusri-hadir-dukung-produktivitas-pertanian

Baca Selengkapnya
news-1

19 September 2022

PUSRI PALEMBANG JALANKAN PROGRAM SESERA BANTU WARGA PULAU KEMARO SEJAHTERA

Palembang (ANTARA) - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menjalankan Program Sehat Sejahtera untuk membantu warga Pulau Kemaro sejahtera dengan memberikan pelatihan dalam pemanfaatan sumber daya alam setempat.

VP CSR PT Pusri Alde Dyanrini di Palembang, Senin, mengatakan, Pusri kini menjalankan fase kedua dari Program Sehat Sejahtera (Sesera) setelah sebelumnya menggelar pelatihan peningkatan kompetensi yang mengajak warga Pulau Kemaro untuk menggunakan air bersih dalam kehidupan sehari-hari.

 

 Pusri yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) telah memulai program ini sejak tahun 2019 dengan memberikan bantuan air bersih di Pulau Kemaro.

 

Pusri kembangkan ekowisata Pulau Kemaro berbasis masyarakat Warga di pulau yang berada di delta Sungai Musi, yang berjarak sekitar 7 Km dari Jembatan Ampera ini dinilai perusahaan perlu diberikan bantuan pelatihan agar bisa berdaya

 

Program ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan nama programnya yakni menjadikan warga Pulau Kemaro sehat dan sejahtera. “Bagi masyarakat yang belum mengikuti program awal, diharapkan dapat berpartisipasi sehingga semua masyarakat Pulau Kemaro dapat merasakan Program Sesera ini,” kata dia.

 

Program ini meliputi workshop pengolahan ikan nila dan pembuatan puding dogan, sosialisasi pola hidup bersih dan sehat, pelatihan pengelolaan keuangan dan pelatihan pemeliharaan solar cell dan fasilitas pengolahan air bersih ”Kami sangat senang sekali dengan adanya Program Sesera ini. Kini warga dapat membuat nugget dan puding dogan sehingga dapat bermanfaat bagi perekonomian keluarga” kata Robiyah, salah seorang warga Pulau Kemaro yang mengharapkan mendapatkan bantuan alat mengupas dogan

 

Sumber : https://sumsel.antaranews.com/berita/673861/pusri-palembang-jalankan-program-sesera-bantu-warga-pulau-kemaro-sejahtera

Baca Selengkapnya
news-1

18 September 2022

SKILL BERTAMBAH, WARGA PULAU KEMARO APRESIASI PROGRAM SESERA PUSRI

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Sebagai salah sau bentuk lanjutan dari Program SESERA Eco Edu Week (Pelatihan Peningkatan Kompetensi Program Sesera), PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan Program Sesera yang dilaksanakan di Pulau Kemaro.

 

Program Sesera yang merupakan kepanjangan dari Sehat dan Sejahtera adalah sebuah program inovasi sosial Pusri, dimana program ini telah dimulai pada Tahun 2019 dengan memberikan bantuan air bersih di Pulau Kemaro.

 

Disampaikan VP CSR, Alde Dyanrini bahwa Program Sesera Jilid II ini merupakan lanjutan program sebelumnya.

 

“Bagi masyarakat yang belum mengikuti program awal, diharapkan dapat berpartisipasi sehingga semua masyarakat khususnya di  Pulau Kemaro dapat merasakan Program Sesera ini," kata Alde Dyanrini, Minggu (18/9/2022).

 

Adapun beberapa program yang dilaksanakan diantaranya :

 

  1. Workshop Pengolahan Ikan Nila & Dogan Sebagai Kuliner Khas Pulo Kemaro bersama PIKA PSP

 

  1. Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat bersama YAZRI

 

  1. Pelatihan Pengelolaan Keuangan Sederhana

 

  1. Pelatihan Pemeliharaan Solar Cell dan Fasilitas Pengolahan Air Bersih

 

Agar bentuk dogan lebih menarik dan pelatihan bisa terus di dilakukan dan bisa menerapkan apa yang sudah di dapatkan saat pelatihan sehingga warga bisa mandiri.

 

“Melalui program ini diharapkan sesuai dengan nama programnya agar pemberdayaan masyarakat Pulau Kemaro tersebut dapat meningkatkan Kesehatan dan kesejahteraan Pulau Kemaro,” tutur Alde Dyanrini.

 

Lebih lanjut, ditambahkan Robiyah semoga kedepannya mereka bisa mendapatkan bantuan berupa alat untuk mengupas dogan.

 

“Kami sangat senang sekali dengan adanya Program Sesera ini Warga Pulau Kemaro bisa membuat nugget dan puding dogan dan kedepannya bisa menjadi oleh - oleh disini dan dapar menjadi makanan khas Pulau Kemaro,”  terang Robiyah yang merupakan salah satu warga Pulau Kemaro.

 

PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan Program Posyandu, pengobatan dan pelayanan KB dilaksanakan di Pulau Kemaro, Minggu (18/9/2022).

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2022/09/18/skill-bertambah-warga-pulau-kemaro-apresiasi-program-sesera-pusri

 

 

Baca Selengkapnya
news-1

17 September 2022

PETANI LAMPUNG, SAMBANGI PUSAT PRODUKSI PUSRI

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG – Sebagai salah satu upaya meningkatkan silaturahmi dan layanan ekselen kepada stakeholders, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) mengadakan kegiatan Plant Visit Petani Lampung ke pusat produksi PT Pusri Palembang (15/09/2022).

 

Hadir pada acara ini Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh didampingi jajaran manejemen Pusri lainnya, serta 40 (empat puluh) orang petani dari Provinsi Lampung, seperti petani padi, petani jagung, petani singkong dan petani sayuran.

 

Provinsi Lampung merupakan salah satu wilayah rayon tanggung jawab Pusri dalam memasarkan pupuk Urea dan NPK bersubsidi.

 

Disamping wilayah tanggung jawab Pusri untuk pupuk urea lainnya, seperti Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Bali.

 

Pada acara ini juga dilaksanakan sharing knowledge tentang proses produksi pupuk Urea dan NPK, kawalan teknologi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian serta layanan customer care yang bisa membantu petani dalam mencari solusi terkait pemupukan.

 

Petani juga mendapat informasi terkait formula pupuk NPK Pusri yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas petani.

 

Seluruh materi tersebut sangat penting untuk diketahui para petani yang merupakan pengguna produk-produk Pusri.

 

Di hari kedua petani, menjalankan sesi refreshing sekaligus pembekalan dalam kegiatan Team Building.

 

Kegiatan ini bertujuan agar petani semakin bertambah kekompakan dan semangat dalam kelompok taninya masing-masing, sehingga diharapkan semakin termotivasi dalam bertani dan mampu meningkatkan produktivitas hasil tani.

 

Dalam kesempatan ini petani dapat melihat langsung bagaimana pabrik pusri dan proses pembuatan pupuk NPK khususnya dengan site visit langsung ke Pabrik NPK II.

 

Melalui kegiatan ini diharapkan petani mendapatkan pemahaman bagaimana proses pembuatan pupuk NPK fusion dilakukan sejak awal berbentuk bahan baku hingga tahap akhir berupa butiran pupuk.

 

Aktivitas ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan petani untuk percaya dan selalu menggunakan produk Pusri.

 

Disampaikan Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh bahwa Pusri selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas, dengan tujuan agar meningkatkan produktivitas petani.

 

Tri juga menyampaikan bahwa saat ini telah diberlakukan Single Responsibility yaitu Sentralisasi Bidang Pemasaran Komersil dan Distribusi Seluruh anak perusahaan PI Grup.

 

“Dengan adanya kebijakan ini, kami yakin proses penyaluran pupuk dapat berjalan lebih efektif dan efisien karena tenaga pemasaran dapat fokus mengelola semua produk di wilayah kerjanya masing-masing”, terang Tri.

 

Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen, Pusri melalui Program Makmur akan senantiasa mendampingi petani dengan kawalan teknologi budidaya dan pemupukan berimbang sehingga berdasarkan realisasi Program Makmur yang sudah berjalan sebelumnya, dapat meningkatkan hasil produksi hingga 20-30 persen sehingga petani sejahtera dengan hasil pertanian yang semakin baik.

 

Petani juga akan diberikan akses untuk permodalan serta perlindungan asuransi pertanian.

 

Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas, serta offtaker yang nantinya akan menampung hasil panen para petani.

 

Diharapkan petani juga mendapatkan harga jual yang bagus dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

Terkait stok di Provinsi Lampung untuk urea bersubsidi yaitu sebesar 19.518 ton dan NPK bersubsidi sebesar 29.625 ton dengan realisasinya hingga 13 September 2022 sebesar 7.612 ton untuk urea bersubsidi dan 4.061 ton untuk NPK bersubsidi.

 

Sumber : https://sumsel.tribunnews.com/2022/09/17/petani-lampung-sambangi-pusat-produksi-pusri?page=3

Baca Selengkapnya
news-1

09 September 2022

Dirut PT PI Apresiasi Inovasi Pusri

CIKAMPEK, SUMEKS.CO - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) turut unjuk kebolehan dalam ajang kompetisi Inovasi Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) Tahun 2022 yang berlangsung sejak 5-8 September 2022 di Learning Center PT Pupuk Kujang Cikampek.

 

Peserta lomba sebanyak 45 tim merupakan perwakilan Tim Inovasi dari 11 perusahaan di Pupuk Indonesia Group dengan mengusung Tema “Live Long & Prosper”. PT Pusri sendiri mengirimkan 5 Tim Inovasi antara lain GKM Pasti Crawler, PKM Langit Biru, PKM Kita Bisa, PKM Subaru dan PKM Hore-Hore.  

 

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman. Ada 3 kriteria kompetisi yang dipertandingkan antara lain:

 

  1. PI Agile, memuat inovasi dengan kriteria sebagai berikut:

 

- Inovasi mendorong Transformasi Bisnis, customer centric dan /atau EBITDA Uplift sehingga memiliki impact (revenue atau efisiensi signifikan) terhadap perusahaan.

 

- Inovasi bersifat breakthrough. Menghasilkan produk/jasa dari produk/jasa inti dan turunannya

 

- Bercirikan dapat diproses HAKI/Paten

 

  1. PI Care, memuat inovasi dengan kriteria sebagai berikut:

 

- Inovasi memberikan Intangible value bagi stakeholder

 

- Inovasi bersifat qualitative diantaranya bidang budaya, pengelolaan lingkungan, Kesehatan dan keselamatan kerja (K3), CSR dan lainnya

 

- Bercirikan menghasilkan outcome value berupa peningkatan reputasi PI, stakeholder satisfaction dan lain-lain.

 

  1. PI Competent, memuat inovasi dengan kriteria sebagai berikut:

 

- Inovasi menghasilkan kualitas, efektivitas dan efisiensi proses bisnis

 

- Inovasi bersifat level operasional

 

- Bercirikan bottom up

 

Dalam ajang PIQI 2022 ini, satu tim perwakilan Pusri berhasil lolos ke babak final dan berhasil meduduki posisi ketiga dengan Kategori PI Agile yaitu GKM Pasti Crawler. Tim inovasi yang beranggotakan Efri Firmansyah, Wawan Suherman dan Mohammad Atkin dari Departemen Inspeksi Teknik ini memaparkan hasil inovasi yang diberi judul Phased Array Scan Tube Inspection (PASTI)-Crawler.

 

Secara khusus Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Achmad Bakir Pasaman mengapresiasi inovasi yang dibuat tim Pusri. "Saya ucapkan selamat kepada GKM Pasti Crawler karena menurut saya penghematannya sangat luarbiasa. Dan saya sarankan setiap perusahaan yang menggunakan tube agar menggunakan alat PASTI Crawler ini sehingga mampu menghasilkan penghematan yang signifikan. Alat ini merupakan salah satu inovasi yang sangat baik, maka harus segera dibuat Hak Paten."

 

Lebih lanjut Bakir berpesan agar setiap proses TA (turn around)yang dilakukan di lingkungan Pupuk Indonesia dapat menggunakan alat crawler ini, sehingga penghematan yang dilakukan grup menjadi jauh lebih besar termasuk juga penggunaanalat PASTI CRAWLER inidapat juga diimplementasikan pada saat QC pembelian Tube Reformer baru, sehingga menambah daya saing dan efisiensi saat pengadaan barang. 

 

Pusri juga berkolaborasi dengan PT Pupuk Indonesia dalam Tim Preci X yaitu diwakili oleh Pebriyanto Hernawan dari Departemen Riset dan berhasil menyabet peringkat kedua dalam kategori PI Agile. Selain mengusung inovasi bidang inspeksi pabrik, Pusri juga mengirimkan inovasi di bidangpengecekanbakumutuudaradarizat ammonia, pemanfaatan FABA dalam produksi batako dan conblock, optimalisasi produksi NPK Formula 15-10-12 dan juga sistem informasi Kesehatan karyawan.

 

Direktur Utama PT Pusri Palembang, Bapak Tri Wahyudi Saleh sangat mengapresiasi prestasi tim inovasi yang telah berjuang dalam perlombaan ini.  “Penghargaan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras Tim yang telah menghasilkan inovasi untuk perusahaan” ujarnya. 

 

Dalam rangkaian acara PIQI 2022 ini juga digelar Pameran Inovasi kategori perusahaan bagi para finalis dimana masing-masing perusahaan mendesign booth se mungkin untuk menarik minat pengunjung. Dalam kesempatan yang sama juga ditentukan tuan rumah pelaksanaan PIQI selanjutnya yaitu di Pupuk Kalimantan Timur. 

 

Sumber : https://sumeks.disway.id/read/644842/dirut-pt-pi-apresiasi-inovasi-pusri/15

Baca Selengkapnya
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ