Tentang Kami

Sekilas Perusahaan

Selama lebih dari 50 tahun, Pusri telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan industri pupuk, ketahanan pangan dan kemakmuran nasional.

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) adalah perusahaan yang didirikan sebagai pelopor produsen pupuk urea di Indonesia pada tanggal 24 Desember 1959 di Palembang Sumatera Selatan, dengan nama PT Pupuk Sriwidjaja (Persero). Pusri memulai operasional usaha dengan tujuan utama untuk melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional, khususnya di industri pupuk dan kimia lainnya. Sejarah panjang Pusri sebagai pelopor produsen pupuk nasional selama lebih dari 50 tahun telah membuktikan kemampuan dan komitmen kami dalam melaksanakan tugas penting yang diberikan oleh pemerintah.

Selain sebagai produsen pupuk nasional, Pusri juga mengemban tugas dalam melaksanakan usaha perdagangan, pemberian jasa dan usaha lain yang berkaitan dengan industri pupuk. Pusri bertanggung jawab dalam melaksanakan distribusi dan pemasaran pupuk bersubsidi kepada petani sebagai bentuk pelaksanaan Public Service Obligation (PSO) untuk mendukung program pangan nasional dengan memprioritaskan produksi dan pendistribusian pupuk bagi petani di seluruh wilayah Indonesia. Penjualan pupuk urea non subsidi sebagai pemenuhan kebutuhan pupuk sektor perkebunan, industri maupun eksport menjadi bagian kegiatan perusahaan yang lainnya diluar tanggung jawab pelaksanaan Public Service Obligation (PSO).

Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab atas kelangsungan industri pupuk nasional, Pusri telah mengalami berbagai perubahan dalam manajemen dan wewenang yang sangat berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah. Sejak tanggal 18 April 2012, Kementerian BUMN meresmikan PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai nama induk perusahaan pupuk yang baru, menggantikan nama PT Pusri (Persero).

PT Pupuk Indonesia (persero) merupakan pemegang saham utama dan pengendali Pusri dengan kepemilikan sebesar 99,9998%. Sementara entitas pemilik akhir dari Pupuk Indonesia adalah Pemerintah Republik Indonesia yang memiliki seluruh (100,00%) saham PT Pupuk Indonesia (Persero). Hingga saat ini Pusri secara resmi beroperasi dengan nama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dan tetap menggunakan brand dan merek dagang Pusri.



Struktur Grup Pusri

VISI

"Menjadi Perusahaan Agroindustri Unggul di Asia"

1. Menyediakan produk dan solusi agroindustri yang terintegrasi
2. Memberikan nilai tambah kepada stakeholders secara berkelanjutan
3. Mendorong pencapaian kemandirian pangan dan kemakmuran Negeri

Dalam berperilaku sehari-hari, setiap pegawai kami harus berlandaskan kepada nilai-nilai, dan kode etik dan kode perilaku. Nilai-nilai dimaksud meliput nilai dasar Aparatur Sipil Negara, dan nilai kami yang terangkum dalam AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

AMANAH
Memegang teguh kepercayaan yang diberikan
KOMPETEN
Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas
HARMONIS
Saling peduli dan menghargai perbedaan
LOYAL
Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
ADAPTIF
Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan
KOLABORATIF
Membangun kerjasama yang sinergis 

Profil Pabrik

Semua fasilitas produksi yang kami operasikan mencerminkan semangat kami dalam penerapan revitalisasi, konversi energi dan industri hijau
Pembangunan fasilitas pabrik dari PUSRI I, II, III, IV, V dan IB dilakukan secara bertahap. Masing-masing pabrik dibangun dengan perencanaan matang sesuai dengan Rencana Pembangunan Lima Tahun yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia dan untuk memenuhi kebutuhan pupuk nasional yang terus meningkat.

Keunggulan PUSRI Palembang

Selain sebagai produsen pupuk nasional, Pusri juga mengemban tugas dalam melaksanakan usaha perdagangan, pemberian jasa dan usaha lain yang berkaitan dengan industri pupuk. Pusri bertanggung jawab dalam melaksanakan distribusi dan pemasaran pupuk bersubsidi kepada petani sebagai bentuk pelaksanaan Public Service Obligation (PSO) untuk mendukung program pangan nasional dengan memprioritaskan produksi dan pendistribusian pupuk bagi petani di seluruh wilayah Indonesia. Memiliki Pabik-pabrik modern untuk mendukung kegiatan produksu yang menghasilkan produk berkualitas

Pengalaman

Pusri adalah salah satu perusahaan yang menjadi pilot project untuk penerapan Good Corporate Governance yang dimulai sejak tahun 2000 (Berdasarkan Surat Direktur Utama Nomor 1387/100.OT/2000 tanggal 19 Desember 2000 tentang Kebijakan Penerapan Good Corporate Governance di seluruh lingkup kerja Perusahaan).

01

Terintegrasi

Satu-satunya pabrik pupuk yang memiliki sarana distribusi armada angkutan laut. (Tujuh unit Satu-satunya pabrik pupuk yang memiliki sarana distribusi armada angkutan laut. (Tujuh unit kapal urea curah dan satu unit kapal amonia, serta lima unit pengantongan pupuk - UPP) kapal urea curah dan satu unit kapal amonia, serta lima unit pengantongan pupuk - UPP)

02

Daya Jangkau

Perusahaan pupuk yang memiliki aset terbesar dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

03

Teknologi Moderen

Memiliki lisensi teknologi proses pembuatan Urea “ACES 21” (Advanced Cost Energy Saving) bersama Toyo Engineering Corporation (TEC) Japan.

04

Ahli

Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) ahli dan handal di bidang industri pupuk, terutama pada segi operasional dan perawatan pabrik, rancang bangun dan perekayasaan.

05

Berwawasan Lingkungan

Pusri adalah perusahaan yang pertama kali di lingkungan pabrik pupuk mendapatkan penghargaan Poper Hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2011 dan 2012, dan penghargaan Industri Hijau dari Presiden RI tahun 2012.

06

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ