Tentang Kami

Makna Logo

Kejayaan dan Kemenangan yang Gilang-Gemilang. Mengabadikan masa kejayaan dan menentukan cita-cita besar yang harus diraih.

Kerajaan Maritim Sriwidjaja Sejarah telah mencatat bahwa di abad ke-7 telah berdiri sebuah kerajaan maritim yang sangat kuat yang bernama Sriwidjaja. Kerajaan ini memulai kekuasaannya di Pulau Sumatera dan terus membentangkan kekuatannya dari Sumatera ke Jawa, pesisir Kalimantan sampai Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, sebagian kawasan Indo China, dan telah melakukan perdagangan luas dengan India dan daratan Cina. Nama dan pengaruh kerajaan ini bahkan terdengar sampai ke penjuru dunia baik dalam kekuatan perdagangan, agama, budaya, dan armadanya yang berjaya dan dapat menguasai kawasan Samudera Hindia dan Pasifik.

Dalam Bahasa Sansekerta, Sri mempunyai arti “bercahaya” atau “gemilang”, dan Widjaja berarti “kemenangan” atau “kejayaan”. Secara penuh, nama Sriwidjaja mempunyai arti “Kejayaan atau Kemenangan yang Gilang-Gemilang”. Kerajaan Bahari ini amat berkuasa dan berpengaruh dan dipimpin oleh raja-raja keturunan dinasti Syailendra. Pusat perniagaan kerajaan ini dulu dibangun di Bukit Siguntang yang berdiri di Muara Sungai Musi yang kini disebut Palembang. Sebuah kebanggaan yang sekaligus menjadi tolak ukur bagi segenap rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Palembang untuk mewarisi kebesaran sebuah sejarah.



NAMA PERUSAHAAN

FILOSOFI NAMA PERUSAHAAN

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang

Nama Sriwidjaja diabadikan di perusahaan ini untuk mengenang dan mengangkat kembali masa kejayaan kerajaan maritim pertama di Indonesia yang termahsyur di seluruh penjuru dunia. Sebuah penghormatan kepada leluhur yang pernah membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. Pendirian pabrik pupuk dengan nama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, adalah warisan yang sekaligus menjadi visi bangsa Indonesia terhadap kekuatan, kesatuan, dan ketahanan wawasan Nusantara.

DETAIL ELEMEN VISUAL LOGO PERUSAHAAN

FILOSOFI ELEMEN VISUAL LOGO

pusri

Lambang Pusri yang berbentuk huruf "U" melambangkan singkatan "Urea". Lambang ini telah terdaftar di Ditjen Haki Dep. Kehakiman & HAM No. 021391

pusri

Setangkai padi dengan jumlah butiran 24 melambangkan tanggal akte pendirian PT Pusri.

pusri

Butiran-butiran urea berwarna putih sejumlah 12, melambangkan bulan Desember pendirian PT Pusri.

pusri

Setangkai kapas yang mekar dari kelopaknya. Butir kapas yang mekar berjumlah 5 buah Kelopak yang pecah berbentuk 9 retakan ini, melambangkan angka 59 sebagai tahun pendirian PT Pusri (1959).

pusri

Perahu Kajang, merupakan legenda rakyat dan ciri khas kota Palembang yang terletak di tepian Sungai Musi. Perahu Kajang juga diangkat sebagai merk dagang PT Pupuk Sriwidjaja.

pusri

Kuncup teratai yang akan mekar, merupakan imajinasi pencipta akan prospek perusahaan dimasa datang.

pusri

Komposisi warna lambang kuning dan biru benhur dengan dibatasi garis-garis hitam tipis (untuk lebih menjelaskan gambar) yang melambangkan keagungan, kebebasan cita-cita, serta kesuburan, ketenangan, dan ketabahan dalam mengejar dan mewujudkan cita-cita itu.

Sekilas Identitas Perusahaan

Dalam bentuk komunikasi apapun, sangat penting bagi sebuah Perusahaan untuk menjaga konsistensinya, salah satunya adalah konsistensi terhadap identitasnya.

Identitas perusahaan atau jati diri perusahaan (corporate identity) adalah semua perwakilan atau perwujudan media visual dan fisik yang menampilkan suatu jati diri Perusahaan sehingga dapat membedakan perusahaan tersebut dengan Perusahaan lainnya.

Dalam bidang public relations, relasi identitas Perusahaan dijelaskan dalam bentuk model dinamika identitas Perusahaan yang dikemukakan oleh Hacth and Schultz . Model dinamika tersebut menyebutkan bahwa identitas Perusahaan memiliki relasi dengan budaya perusahaan (corporate culture) dan citra perusahaan (corporate image). Secara internal, identitas Perusahaan terkait dengan kultur / budaya yang dianut oleh Perusahaan. Namun, secara eksternal, identitas Perusahaan memiliki keterkaitan dengan citra perusahaan. Saat ini, identitas Perusahaan telah diakui sebagai sumber daya yang strategis dan sumber keunggulan yang kompetitif.

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang sebagai sebuah Perusahaan yang sudah berdiri dan bersosialisasi dengan masyarakat telah dikenal dengan logo dan namanya yang khas. Namun dalam aplikasinya logo dan nama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang terkadang digunakan dengan banyak variasi bentuk dan warna. Untuk itulah kini PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (atau disingkat PT Pusri Palembang) telah menetapkan standar logo dan nama perusahaan sehingga semua stakeholders PT Pusri Palembang yang ingin menggunakan logo dan nama PT Pusri Palembang dalam komunikasinya baik secara formal maupun informal dengan PT Pusri Palembang diharapkan untuk memakai standar yang sama, untuk konsistensi dan keseragaman.

Keseragaman persepsi dalam penerapan logo, warna, dan tipografi yang konsisten sangatlah penting jika ingin menjaga kehadiran brand yang kuat di pasaran. Dan yang paling penting adalah kesatuan semangat semua pihak yang berkepentingan baik di dalam maupun di luar lingkungan PT Pusri Palembang untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadikan PT Pusri Palembang menjadi perusahaan besar yang berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia yang makmur dan berswasembada pangan.

Aset Logo & Panduan

Seluruh Asset Yang Disediakan di laman ini merupakan Properti Intelektual Milik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dan dilindungi oleh hukum yang berlaku. Untuk melindungi Aset Brand yang berharga, tersedia Panduan Aset Identitas Perusahaan demi menjelaskan penggunaan logo perusahaan.

Logo PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
Panduan Penggunaan Logo
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ Layanan Pelanggan