Kabar Pusri

pattern
pattern
mark Highlighted News

29 September 2022

“PUSRI CERDAS AKADEMI”, CERDASKAN GENERASI EMAS BANGSA

Baca Selengkapnya
mark Highlighted News

29 September 2022

MELALUI PROGRAM MAKMUR, PUSRI DORONG PETANI SEJAHTERA

Baca Selengkapnya
mark Highlighted News

29 September 2022

PUSRI SERAHKAN 3000 VAKSIN BOOSTER UNTUK LAMPUNG

Baca Selengkapnya

Berita Press Rilis

Lihat Semua
news-1

28 September 2022

“PUSRI CERDAS AKADEMI”, CERDASKAN GENERASI EMAS BANGSA

PALEMBANG –  Komitmen Pusri dalam mencetak dan mencerdaskan generasi penerus bangsa, dituangkan dalam salah satu Program CSR Pusri yaitu Pusri Cerdas Akademi (PCA). Bertempat di Auditorium Musi Diklat, sebanyak 45 orang mahasiswa yang juga merupakan penerima beasiswa dari Pusri ikut berpartisipasi pada PCA 2022 (27/09).

 

Sebelumnya seluruh peserta PCA yang tinggal di sekitar perusahaan, merupakan penerima beasiswa dari Pusri. Serta beberapa peserta juga merupakan penerima Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana.

 

Acara yang berlangsung selama satu hari ini, diisi oleh kegiatan sharing knowledge oleh perwakilan dari GEMPITA (Generasi Emas Pusri untuk Indonesia Tangguh) dengan beberapa materi yang sangat menarik. Diantaranya, Pusri Introduction, Pengelolaan TJSL di Pusri, Pengelolaan Lingkungan Hidup di Pusri, Bijak Bersosial Media serta Public Speaking yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan peserta.

 

Dibuka oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, beliau menyampaikan bahwa Program PCA ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pusri untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi penerus bangsa. Sehingga kedepannya dapat menjadi bekal mereka sebelum masuk ke dunia kerja.

 

Disampaikan VP CSR Pusri, Alde Dyanrini melalui PCA, mahasiswa yang selama ini hanya mendapatkan beasiswa dari Pusri, akan dibina dan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka harapannya agar mereka dapat menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.

 

Adapun peserta yang mengikuti Program PCA Pusri ini berasal dari beberapa universitas besar di Palembang. Seperti Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, Politeknik Negeri Sriwijaya serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang yang bertempat tinggal di ring I perusahaan, dimana sangat dekat dengan Pusri dan para generasi muda nya harus mengetahui bagaimana proses bisnis Pusri guna menghindari adanya informasi hoax terkait perusahaan.

 

Tentunya kedepan Program PCA ini akan menjadi program tahunan yang akan dilaksanakan juga di beberapa SMA yang ada di Kota Palembang, dengan harapan dapat diperluas di Provinsi lainnya.

 

“Sebelumnya kegiatan serupa sudah cukup sering kami laksanakan, diantaranya Gempita Pusri Goes to Campus, kemudian para penerima beasiswa S2 Pusri yang merupakan karyawan dan karyawati yang juga turun langsung ke beberapa sekolah di Kota Palembang untuk menjelaskan sekilas perusahaan dengan penyampaian yang ringan dan menarik”, jelas Alde.

 

Disampaikan oleh salah satu peserta PCA, Satria yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Peternakan Universitas Sriwijaya, bahwa melalui kesempatan yang diberikan oleh Pusri yaitu beasiswa dapat membantu biaya kuliah dan menambah semangat untuk melaksanakan pendidikan dengan baik.

 

“Kedepannya saya ingin mengembangkan peternakan di darah. Karena peternakan dan pertanian saling berkaitan dalam pelaksanaannya. Semoga saya bisa berkontribusi dan mengembangkan keahlian terutama dengan sharing knowledge dan bantuan dari Pusri”, terang Satria.

 

Melalui kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air, namun juga menjadi media belajar serta mengembangkan kreatifitas bagi Insan Pusri khususnya generasi Millennials, agar lebih peka dan peduli terhadap kemajuan dunia pendidikan.

 

***

 

Palembang, 28 September 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas - Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

26 September 2022

MELALUI PROGRAM MAKMUR, PUSRI DORONG PETANI SEJAHTERA

PALEMBANG –MAKMUR (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) merupakan program solusibidangpertanian yang diinisiasi oleh Menteri BUMN RI Bp. Erick Thohir. MelaluiIndukholdingPT Pupuk Indonesia (Persero), PT PupukSriwidjaja Palembang (Pusri) mengembanamanahuntukmenjalankan program inidengantujuanproduktivitas dan pendapatanpetani Indonesia meningkat. Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh,dalamberbagaikesempatan, terus mendorongpetaniuntukbergabungdalam Program Makmur agar kehidupanpetanisemakinsejahtera.

 

Program Makmur merupakanekosistem yang menghubungkanpetanidenganberbagaisektor yang dibutuhkanpetani, sepertiproject leader, pihakasuransi, lembagakeuangan, teknologipertanian, agro input, offtaker, dan pemerintahdaerah. Programini terbukti menjadi katalis percepatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produktivitas pertanian.Petani akan diberikan pendampingan intensif untuk budidaya berkelanjutan dengan melibatkan rantai pasok, yang didukung teknologi berbasis Triple Bottom-Line 3P (People, Planet, Profit) dengan tujuan akhir yaitu, untuk memakmurkan Petani Indonesia.

 

Manfaat yang didapatkan petani melalui program ini diantaranya, kenaikan produktivitas pertanian, kenaikan keuntungan petani, adopsi praktek pertanian unggul dan mendorong penggunaan pupuk non subsidi.Hingga 31 Agustus 2022, realisasi Program Makmur yang telah dilakukan Pusri yaitu sebesar 38.907,49 Hektar dari target sebesar 50.000 Hektar. “Sejauh ini realisasi Program Makmur Pusri telah mencapai 77,81%, diharapkan dapat mencapai 100% pada Desember mendatang”, terang Tri.

 

Adapun realisasinya untuk setiap komoditas yaitu :

 

NO.

KOMODITAS

LUASAN LAHAN (HA)

1.  

Padi

4.686

2.  

Jagung

4.121,5

3.  

Sawit

27.391

4.  

Singkong

1.124

5.  

Kopi

838

6.  

Tebu

557

7.  

Lada Putih

94,9

8.  

Kako

50

 

Program Makmur Pusri ini tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia diantaranya Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dengan rincian tanaman pangan 8.807,5 Hektar dan tanaman perkebunan 30.099,99 Hektar. Terkait akuisisi petani, Program Makmur Pusri telah menggandeng 14.890 petani dari target sebanyak 25.000 orang petani, atau telah tercapai sebesar 59,56% dari target.

 

“Kami bersama seluruh anggota PI Grup tentunya bersama-sama akan terus berkolaborasi serta mensosialisasikan Program Makmur kepada seluruh petani di Indonesia, agar petani dapat sejahtera dan ekonomi yang meningkat melalui optimalisasi tata kelola pertanian secara terintegrasi. Karena sudah terbukti Program Makmur yang sudah berjalan dapat meningkatkan hasil produksi sampai 20-30 persen”, jelas Tri.

 

Melalui Program Makmur, Petani juga akan dibantu dari sisi akses untuk permodalan melalui lembaga keuangan, serta perlindungan asuransi pertanian. Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas tentu dengan harga yang bersaing.

 

Petani juga akan diberikan akses untuk permodalan serta perlindungan asuransi pertanian. Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas, serta offtaker  yang nantinya akan menampung hasil panen para petani. Diharapkan petani juga mendapatkan harga jual yang bagus dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

“Kami yakin dengan sebaran Program Makmur yang baik kepada seluruh petani, kita semua dapat menjadi bagian dalam menjaga ketahanan pangan nasional, dengan hasil pertanian yang meningkat. Serta kami berharap Program MAKMUR nantinya dapat terus dikembangkan dan diperluas wilayah binaannya”, tutup Tri.

 

***

 

Palembang, 26 September 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas - Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

23 September 2022

PUSRI SERAHKAN 3000 VAKSIN BOOSTER UNTUK LAMPUNG

LAMPUNG – Guna mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 yang saat ini masih ada di Indonesia, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan penyerahan 3.000 (tiga ribu) vaksin booster untuk masyarakat di Provinsi Lampung khususnya masyarakat di Kabupaten Pesawaran (23/09).

 

Bantuan vaksin yang merupakan salah satu program CSR ini diserahkan oleh SVP SDM Pusri, Yusman Arullah yang mewakili manajemen Pusri, didampingi dengan Tim dari PT Pupuk Indonesia (Persero) yaitu Nendra dan dr. Deddy, AVP Adm Personalia & Manajemen Kinerja Pusri, Amaruddin serta pejabat setempat.

 

Disampaikan Yusman bahwa “Alhamdulillah memang saat ini COVID-19 sudah menurun namun kita semua tidak boleh lengah, kita harus tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Salah satunya dengan tetap melaksanakan vaksinasi booster”, terang Yusman.

 

Vaksinasi merupakan wujud kepedulian serta ikhtiar kita bersama dalam penanganan melawan pandemi COVID-19, dan juga kepedulian dalam melindungi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

 

Untuk Vaksinasi Booster dilaksanakan penyuntikan yaitu dengan dosis 0,5 ml dan rentan waktu 2 bulan setelah mendapatkan vaksin dosis kedua. Serta sudah memiliki jadwal dan tiket vaksinasi yang dapat dilihat di aplikasi pedulilindungi.

 

Melalui kegiatan vaksin ini, manajemen Pusri berharap dapat membantu pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi booster serta memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.

 

“Kita semua tentunya berharap pandemi COVID-19 benar-benar berakhir dan tidak ada lagi masyarakat Indonesia bahkan di seluruh dunia yang terdampak COVID-19. Agar semuanya kembali normal dan kita dapat beraktivitas seperti semula”, tutup Yusman.

 

***

 

Palembang, 23 September 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya

Berita Media Massa

Lihat Semua
news-1

30 September 2022

PROGRAM INOVASI SOSIAL PUSRI AJAK WARGA PULAU KEMARO BUAT LIMBAH DAPUR JADI CAIRAN MULTIFUNGSI

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmen terhadap kemajuan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan rangkaian Program Inovasi Sosial Pusri yaitu Sehat dan Sejahtera (SESERA) Edu Week Jilid II di Pulau Kemaro pada 22 – 23 September 2022.

 

Berkolaborasi dengan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) PSP, Mitra Binaan Pusri yaitu Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera (KGS) dan Puskesmas Sabokingking, sebanyak tiga kegiatan dilaksanakan di Pulau Kemaro.

 

Kegiatan tersebut diantaranya pelatihan Eco Enzyme bersama PIKA PSP yang bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada komunitas SESERA dalam membuat limbah dapur organik menjadi cairan multifungsi.

 

Selain itu juga dilaksanakan gerakan pilah dan olah sampah sejak dini bersama KGS dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SD N 49 terkait bagaimana mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai, dalam hal ini yaitu eco brick.

 

Eco brick merupakan botol plastik diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eco brick ini dapat menjadi solusi limbah padat tanpa biaya untuk masyarakat.

 

Pada kesempatan ini bersama Departemen CSR Pusri dan tim dari unit kerja lain dilaksanakan Kegiatan Posyandu Remaja bersama Puskesmas Sabokingking yang bertujuan untuk melatih kader posyandu untuk meningkatkan kualitas remaja Pulau Kemaro.

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentunya mendukung Program Inovasi Sosial Pusri yaitu SESERA.

 

Sebelumnya pada hari Rabu, 21 September telah dilaksanakan Sosialisasi Penanganan Keadaan Darurat di Pulau Kemaro yang berkolaborasi degna Departemen K3.

 

Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi dalam penangan keadaan darurat khususnya kebakaran, mengingata saat ini telah beberapa kali terjadi musibah kebakaran di Kota Palembang.

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan warga tidak panik ketika menghadapi keadaan darurat dan dapat langsung mengatasi keadaan darurat tersebut.

 

Disampaikan VP CSR, Alde Dyanrini bahwa Melalui program ini diharapkan sesuai dengan nama programnya agar pemberdayaan masyarakat Pulau Kemaro tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Pulau Kemaro serta dapat menjadi salah satu skill warga disini.

 

 

Sumber :  https://palembang.tribunnews.com/2022/09/30/program-inovasi-sosial-pusri-ajak-warga-pulau-kemaro-buat-limbah-dapur-jadi-cairan-multifungsi.

 

Baca Selengkapnya
news-1

30 September 2022

KOLABORASI DENGAN PIKA, PUSRI KENALKAN ECOBRICK PADA PULUHAN SISWA SD

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmen terhadap kemajuan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan rangkaian Program Inovasi Sosial Pusri yaitu Sehat& Sejahtera (SESERA) Edu Week Jilid II di PulauKemaro pada 22 – 23 September 2022.

 

Berkolaborasi dengan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) PSP, Mitra Binaan Pusri yaitu Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera (KGS) dan Puskesmas Sabo kingking, sebanyak tiga kegiatan dilaksanakan di Pulau Kemaro.

 

Kegiatan tersebut diantaranya pelatihan Eco Enzyme bersama PIKA PSP yang bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada komunitas SESERA dalam membuat limbah dapur organik menjadi cairan multi fungsi.

 

Selain itu juga dilaksanakan gerakan pilah dan olah sampah sejak dini bersama KGS dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SD N 49 terkait bagaimana mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai, dalam hal ini yaitu ecobrick.

 

Eco brick merupakan botol plastik diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

 

Eco brick ini dapat menjadi solusi limbah padat tanpa biaya untuk masyarakat.

 

Pada kesempatan ini bersama Departemen CSR Pusri dan tim dari unit kerja lain dilaksanakan Kegiatan Posyandu Remaja bersama Puskesmas Sabokingking yang bertujuan untuk melatih kader posyandu untuk meningkatkan kualitas remaja Pulau Kemaro.

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentunya mendukung Program Inovasi Sosial Pusri yaituSESERA.

 

Sebelumnya pada hari Rabu, 21 September telah dilaksanakan Sosialisasi Penanganan Keadaan Darurat di Pulau Kemaro yang berkolaborasi dengan Departemen K3.

 

Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi dalam penangan keadaan darurat khususnya kebakaran, mengingat saat ini telah beberapa kali terjad imusibah kebakaran di Kota Palembang.

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan warga tidak panik ketika menghadapi keadaan darurat dan dapat langsung mengatasi keadaan darurat tersebut.

 

Disampaikan VP CSR, Alde Dyanrini bahwa Melalui program ini diharapkan sesuai dengan nama programnya agar pemberdayaan masyarakat Pulau Kemaro tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Pulau Kemaro serta dapat menjadi salah satu skill warga disini.

 

Sumber : https://sumsel.tribunnews.com/2022/09/30/kolaborasi-dengan-pika-pusri-kenalkan-ecobrick-pada-puluhan-siswa-sd

Baca Selengkapnya
news-1

29 September 2022

PUSRI CERDAS AKADEMI, CERDASKAN GENERASI EMAS BANGSA

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Komitmen Pusri dalam mencetak dan mencerdaskan generasi penerus bangsa, dituangkan dalam salah satu Program CSR Pusri yaitu Pusri Cerdas Akademi (PCA).

 

Bertempat di Auditorium Musi Diklat, sebanyak 45 orang mahasiswa yang juga merupakan penerima beasiswa dari Pusri ikut berpartisipasi pada PCA 2022, Selasa  (27/09).

 

Sebelumnya seluruh peserta PCA yang tinggal di sekitar perusahaan, merupakan penerima beasiswa dari Pusri.

 

Serta beberapa peserta juga merupakan penerima Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana. Acara yang berlangsung selama satu hari ini, diisi oleh kegiatan sharing knowledge oleh perwakilan dari GEMPITA (Generasi Emas Pusri untuk Indonesia Tangguh) dengan beberapa materi yang sangat menarik.

 

Diantaranya, Pusri Introduction, Pengelolaan TJSL di Pusri, Pengelolaan Lingkungan Hidup di Pusri, Bijak Bersosial Media serta Public Speaking yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan peserta.

 

Dibuka oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, beliau menyampaikan bahwa Program PCA ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pusri untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi penerus bangsa. Sehingga kedepannya dapat menjadi bekal mereka sebelum masuk ke dunia kerja.

 

Disampaikan VP CSR Pusri, Alde Dyanrini melalui PCA, mahasiswa yang selama ini hanya mendapatkan beasiswa dari Pusri, akan dibina dan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka harapannya agar mereka dapat menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.

 

Adapun peserta yang mengikuti Program PCA Pusri ini berasal dari beberapa universitas besar di Palembang.

 

Seperti Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, Politeknik Negeri Sriwijaya serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang yang bertempat tinggal di ring I perusahaan, dimana sangat dekat dengan Pusri dan para generasi muda nya harus mengetahui bagaimana proses bisnis Pusri guna menghindari adanya informasi hoax terkait perusahaan.

 

Tentunya kedepan Program PCA ini akan menjadi program tahunan yang akan dilaksanakan juga di beberapa SMA yang ada di Kota Palembang, dengan harapan dapat diperluas di Provinsi lainnya.

 

“Sebelumnya kegiatan serupa sudah cukup sering kami laksanakan, diantaranya Gempita Pusri Goes to Campus, kemudian para penerima beasiswa S2 Pusri yang merupakan karyawan dan karyawati yang juga turun langsung ke beberapa sekolah di Kota Palembang untuk menjelaskan sekilas perusahaan dengan penyampaian yang ringan dan menarik”, jelas Alde.

 

Disampaikan oleh salah satu peserta PCA, Satria yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Peternakan Universitas Sriwijaya, bahwa melalui kesempatan yang diberikan oleh Pusri yaitu beasiswa dapat membantu biaya kuliah dan menambah semangat untuk melaksanakan pendidikan dengan baik.

 

“Kedepannya saya ingin mengembangkan peternakan di darah. Karena peternakan dan pertanian saling berkaitan dalam pelaksanaannya. Semoga saya bisa berkontribusi dan mengembangkan keahlian terutama dengan sharing knowledge dan bantuan dari Pusri”, terang Satria.

 

Melalui kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air, namun juga menjadi media belajar serta mengembangkan kreatifitas bagi Insan Pusri khususnya generasi Millennials, agar lebih peka dan peduli terhadap kemajuan dunia pendidikan.

 

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2022/09/29/pusri-cerdas-akademi-cerdaskan-generasi-emas-bangsa

Baca Selengkapnya

Buletin Pusri

Lihat Semua
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ