Kabar Pusri

pattern
pattern
mark Highlighted News

01 December 2022

KOMITMEN PUSRI MENERAPKAN PRINSIP INDUSTRI HIJAU, PUSRI BERHASIL RAIH PENGHARGAAN INDUSTRI HIJAU 2022

Baca Selengkapnya
mark Highlighted News

29 November 2022

TIM INOVASI PUSRI RAIH PRESTASI MEMBANGGAKAN DALAM TKMPN 2022

Baca Selengkapnya
mark Highlighted News

28 November 2022

AKSI CEPAT TANGGAP PUSRI UNTUK CIANJUR

Baca Selengkapnya

Berita Press Rilis

Lihat Semua
news-1

01 December 2022

KOMITMEN PUSRI MENERAPKAN PRINSIP INDUSTRI HIJAU, PUSRI BERHASIL RAIH PENGHARGAAN INDUSTRI HIJAU 2022

PALEMBANG PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menorehkan prestasi. Kali ini Pusri berhasil raih Penghargaan Industri Hijau Kinerja Terbaik 2022 yang diterima langsung oleh Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang dan diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Kementerian Perindustrian, Andi Rizaldi di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta (25/11).

 

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia kepada industri yang telah memenuhi Standar Industri Hijau (SIH), yaitu pedoman bagi perusahaan industri untuk menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam proses produksi.

 

Disampaikan Saifullah bahwa Pusri berkomitmen untuk menerapkan prinsip dan konsep industri hijau secara berkelanjutan, seperti efisiensi dalam penggunaan bahan baku produksi, efisiensi energi dan penggunaan air. Serta Pusri menggunakan energi terbarukan dalam pengelolaan limbah cair.

 

Beberapa program Pusri lainnya terkait ACES 21, pembersihan coil section reformer, meningkatkan efisiensi gas fuel reforming dengan memanfaatkan gas yang dibuang dari ARU & HRU serta program pada proses produksi lainnya.

 

Dengan adanya penghargaan industry hijau ini tentunya akan menjadi motivasi bagi Pusri, untuk melakukan efisiensi energi dan efisiensi pemakaian bahan baku dan bahan lainnya hingga efisiensi pemakaian air. Disamping itu perusahaan berkomitmen untuk terus melakukan pemberdayaan masyarakat yang lebih baik lagi.

 

Dari efisiensi dan efektivitas yang kami lakukan secara berkesinambungan dapat memberikan penghematan bagi perusahaan, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memberikan manfaat bagi masyarakat”, tutup Saifullah.

 

***

 

 

Palembang, 26 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

29 November 2022

TIM INOVASI PUSRI RAIH PRESTASI MEMBANGGAKAN DALAM TKMPN 2022

Palembang- PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mengukir prestasi yang sangat membanggakan di kancah Nasional Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) Tahun 2022. Pada ajang inovasi yang dilaksanakan sejak tanggal 21-25 November 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Pusri menurunkan Sembilan tim inovasi yaitu GKM HPMod, GKM Star-C, PKM IPD, PKM Teman Pusri, PKM Fancake F, GKM Urgent #1, PKM Logic, GKM Buncob dan QIC Monita.

Ajang TKMPN ke XXVI Tahun 2022 mengangkat tema "Berkarya dan Berinovasi dalam membangun Budaya Mutu & Produktivitas" dan diikuti oleh sekitar 1.500 peserta dari 129 perusahaan nasional yang tergabung dalam 392 tim penyaji di Forum Kompetisi/Eksibisi.

Kesembilan tim yang mewakili Pusri merupakan tim inovasi terbaik yang telah memperoleh penghargaan Perusahaan pada ajang internal Pusri Innovation & Excellence Award (PIEA) ke-35 Tahun 2022.

 

Dalam ajang TKMPN tahun ini, Tim Inovasi Pusri berhasil mendapatkan penghargaan sebagai berikut

o PKM IPD             : Predikat Diamond dan Best Performance
o PKM Fancake F           : Predikat Diamond
o GKM Star-C   : Predikat Diamond
o GKM HPMod       : Predikat Platinum
o PKM Logic             : Predikat Platinum
o PKM Teman Pusri       : Predikat Platinum
o GKM Buncob             : Predikat Platinum
o GKM Urgent #1           : Predikat Gold
o QIC Monita             : Predikat Gold

 

Tim Inovasi Pusri yang mendapatkan penghargaan Diamond antara lain PKM IPD, dengan inovasi untuk mencegah terjadinya trouble ACES Urea Pusri 1B melalui penerapan digitalisasi dan artificial intelligence AKHMAD pada proses ACES produksi Urea Pusri IB. Inovasi ini hadir karena sering terjadi trouble di seksi sintesa ACES Pabrik Urea Pusri 1B sehingga menyebabkan terjadinya uncheduled shutdown yang menyebabkan timbul kerugian dan biaya perbaikan. Inovasi ini tidak hanya menyelesaikan permasalahan internal, tetapi juga menjadi solusi bagi perusahaan Pupuk lain dimana inovasi ini akan diterapkan pada 11 pabrik di Petrokimia Gresik dengan rencana nilai proyek Rp 7 milyar lebih. Tentu saja ini juga berpotensi untuk dapat diterapkan di industri lainnya.

Selanjutnya ada inovasi dari PKM Fancake yang beranggotakan 12 orang dengan mengangkat judul Pemanfaatan FABA sebagai filter, pigmen Mixture dan Anti Caking Agent untuk mengurangi beban HPP Produksi dan biaya Handling Limbah Fly Ash. Hal ini terkait upaya optimalisasi Pemanfaatan Fly Ash untuk menekan biaya penanganan Limbah Ash Sisa Pembakaran sekaligus mengurangi biaya produksi yang berujung pada menurunnya biaya Harga Pokok Produksi Pupuk NPK.

Selain itu ada GKM Star-C dari Departemen Inspeksi Teknik dengan inovasi Pembuatan Compact Industrial Inspection Technology yaitu teknologi robotik yang dapat melakukan tiga metode utama pemeriksaan NDT (Visual Test, Ultrasonic Test, Electromagnetic Test) pada peralatan pabrik di area yang sulit dijangkau dan berbahaya sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja dan mempercepat proses pekerjaan pemeriksaan lapangan. Disamping juga inovasi-inovasi lainnya dibidang pemeriksaaan katalis, pemeriksaan mandiri mechanical seal, aplikasi antrian truk pupuk, sistim informasi penagihan piutang, sistem monitoring & alarm level basin dan inovasi produk Pupuk NPK Khusus Singkong.

 

Dalam kesempatan yang sama, Pusri juga mengirimkan pembicara pada Forum Manajemen yaitu terkait "Digital Fertilizer" yang disampaikan oleh Bpk. Dikdik Yuliana- SVP Jasa Pelayanan Pabrik. Dalam paparan singkatnya menjelaskan mengenai proses bisnis PT Pusri Palembang serta tahapan proses digital fertilizer seperti Proses Monitoring, Asset Monitoring, Maintenance Excellence dan Digital Handbook dalam rangka menuju operational excellence.

Dengan pencapaian yang berhasil diraih kesembilan tim inovasi Pusri, Direktur Operasi & Produksi PT Pusri, Filius Yuliandi mewakili jajaran Direksi mengapresiasi atas pencapaian tersebut dan mengucapkan selamat kepada inovator yang telah mencapai penghargaan nasional dan Internasional, dan mengajak Insan Pusri agar senantiasa berinovasi untuk Pusri Maju 2025.

 

***

 

Informasi lebih lanjut:

VP Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]

Baca Selengkapnya
news-1

25 November 2022

AKSI CEPAT TANGGAP PUSRI UNTUK CIANJUR

CIANJUR PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan aksi cepat tanggap terhadap bencana alam gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Ritcher yang terjadi Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada 21 November lalu.

 

Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan, Pusri berkolaborasi dengan Pupuk Indonesia Grup hadir langsung memberikan bantuan 4 (empat) ton beras ke Posko Bencana Pupuk Indonesia Grup di Desa Bonjot, Kec. Cugenang.

 

Selain itu Pusri juga memberikan bantuan lainnya untuk para korban, yang berupa makanan untuk balita maupun dewasa serta beberapa kebutuhan penting lainnya. Tepatnya di Kampung Seuseupan, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Cugeneng.

 

Bantuan yang diberikan seperti ±1 (satu) ton beras, air minum bersih, biskuit, bubur bayi, mie instan, pampers, susu dan sarden, yang secara simbolis bantuan dilepaskan langsung oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh dan mewakili manajemen Pusri bantuan diserahkan langsung oleh VP KPJ, Retno Widhiati(24/11).

 

“Mewakili seluruh Insan Pusri, kami mengucapkan turut berduka cita atas bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur. Semoga para korban yang terdampak dapat segera pulih dan warga yang kehilangan diberikan ketabahan serta kekuatan”, terang Tri.

 

Pusri sebagai perusahaan yang ada ditengah masyarakat, senantiasa berupaya hadir dan membantu terutama masyarakat yang terkena musibah, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab moral dan kepedulian terhadap sesama.

 

“Harapan kami, bantuan dari Pusri dapat meringankan sedikit beban warga yang terdampak. Serta semoga semakin banyak bantuan yang diberikan kepada warga, agar semuanya dapat segera bangkit bersama”, tutup Tri.

 

***

 

 

Palembang, 25 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya

Berita Media Massa

Lihat Semua
news-1

19 November 2022

MITRA UMKM PUSRI GOES TO KTT G20 DI BALI

SRIPOKU.COM, NUSA DUA – Rumah BUMN Sumsel di bawah naungan Departemen CSR PT Pusri Palembang menjadi salah satu Rumah BUMN yang diberi kesempatan mewakili PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk berpartisipasi dalam kegiatan Future SMEs Vilage.

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan side event Presidensi G20 yang berlangung dari tanggal 10 - 19 November 2022 di Bali Collection, Nusa Dua Bali.

 

Kegiatan ini bertemakan “Future SMEs Village: Local Wisdom for Global Sustainabillity”, yang diharapkan dapat menjadi pusat perhatian para delegasi Presidensi G20. Selain sebagai sarana konferensi para pemimpin dunia, juga sekaligus tamu yang hadir dapat menikmati keanekaragaman karya anak bangsa.

 

Kegiatan “Future SMEs Vilage” dibuka oleh Menteri Koperasi Teten Masduki pada Jum’at 12 November 2022 dengan melibatkan 300 pelaku UMKM, yang telah diakurasi dari berbagai macam daerah di seluruh Indonesia.

 

Untuk stand Rumah BUMN pada “Future SMEs Vilage” berada di posisi booth ke-8 dari 10 booth yang disediakan oleh panitia.

 

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, bahwa BUMN mendukung G20 melalui UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah Go Global.

 

“Tentunya hal ini juga merupakan kesempatan bagi UMKM untuk terus dapat membuka pasar baru dan menjadi angin segar bagi para pelaku usaha agar dapat selaku produktif dan kreatif,” tambah Arya.

 

Arya menambahkan kegiatan ini Future SMEs Village ini tentunya dapat dirasakan langsung oleh pelaku UMKM BUMN untuk mempromosikan produk unggalannya di hadapan delegasi G20 dan harapannya dapat menjadikan produk UMKM BUMN terkenal di manca negara.

 

Hal ini membuat kegiatan KTT G20 tidak menjadi event hanya untuk kalangan tertentu, melainkan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

 

Pada kegiatan Future SMEs Village ini, PT Pusri Palembang mengikutsertakan Mitra Binaan Pusri yaitu “Nadina Salim” dengan membawa juga aneka produk aksesoris perhiasan Mitra Binaan “Pyo Jewelry”, produk tas dan dompet Mitra Binaan “Indah Songket” dan produk Kain Blongket Mitra Binaan “KC Haris”.

 

Sebagai salah satu Mitra Binaan Departemen CSR PT Pusri Palembang yang tergabung dalam Rumah BUMN Sumsel, “Nadina Salim” membawa aneka produk unggulannya yaitu alas kaki (sepatu dan sandal) yang terbuat dari wastra Palembang. 

 

Dihari pertama pembukaan “Future SMEs Village” stand PT Pusri Palembang sudah menarik perhatian para tamu undangan.

 

Dimulai dari kunjungan Sesmen BUMN Susianto ke booth Rumah BUMN Sumsel. Selanjutnya juga berkunjung staf kementrian BUMN, staf BUMN yang ada, panitia pameran, hingga tamu manca negara.

 

Made Ayuni dan Sofie, staf Permodalan Nasional Madani (PNM) mengungkapkan produk alas kaki yang dimiliki Nadina Salim memiliki motif yang bagus serta nyaman digunakan.

 

Sehingga cocok digunakan baik acara resmi maupun acara santai. 

 

Jika dilihat dari berbagai respon pengunjung, banyak yang menyukai produk mitra binaan PT Pusri Palembang yang dihadirkan oleh Rumah BUMN Sumsel.

 

Tidak hanya pengunjung dari dalam negeri bahkan pengunjung dari luar negeri turut mengapresiasi produk-produk Mitra Binaan PT Pusri Palembang.

 

Oleh karena itu, Saya berharap banyak UMKM yang dapat berkesempatan memperkenalkan produknya secara global, ungkap Nadin owner Nadina Salim.

 

Sehingga para UMKM khususnya yang ada di Sumatera Selatan dan sekitarnya dapat terus berinovasi dan terus berkreasi untuk membuat produk yang semakin lebih baik supaya dapat diterima di semua kalangan.

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2022/11/18/mitra-umkm-pusri-goes-to-ktt-g20-di-bali.

Baca Selengkapnya
news-1

10 November 2022

PUSRI DUKUNG PENGEMBANGAN RUMAH BUMN SUMSEL

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Guna mendukung peningkatan UMKM khususnya yang ada di Palembang, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama Rumah BUMN Wilayah Sumatera Selatan, laksanakan Sosialisasi Program Pengembangan UMKM, di Rumah BUMN Sumsel, Jumat (4/11/2022).

 

Hadir sebagai narasumber pada acara ini yaitu Fasilitator Rumah BUMN, Agung Yudha Prawira dan VP CSR Pusri Alde Dyanrini, serta para pelaku UMKM yang ada di sekitar perusahaan.

 

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada UMKM tentang bagaimana cara branding dan pengembangan bisnis.

 

“Alhamdulillah kegiatan kali ini dapat terlaksana, karena selain dapat menjalin silaturrahmi dengan rekan-rekan UMKM, juga dapat menginformasikan kepada UMKM untuk ikut bergabung dengan Rumah BUMN Sumsel,” terang Alde Dyanrini.

 

Pada kesempatan ini Pusri juga laksanakan penyerahan bantuan branding kepada 5 (lima) gerobak pedagang kaki lima.

 

“Harapan kami melalui bantuan branding ini, dapat meningkatkan penjualan dan menarik minat pembeli untuk dapat membeli dagangan dari para pedagang kaki lima yang gerobaknya telah kami branding,” jelas Alde Dyanrini.

 

Saat ini ada 76 (tujuh puluh enam) UMKM yang terdaftar di Rumah BUMN Sumsel dengan jenis usaha yang beragam.

 

“Target kami diharapkan hingga akhir tahun nanti ada tambahan hingga 200 UMKM yang bergabung bersama Rumah BUMN, sehingga kami dapat membantu UMKM yang ingin meningkatkan kualitas dan penghasilannya”, ungkap Alde Dyanrini.

 

Sesuai dengan tujuan Rumah BUMN Sumsel yaitu untuk membantu mengembangkan UMKM melalui program pendampingan, pelatihan, permodalan, pemasaran dan bantuan pengembangan usaha untuk semua mitra Rumah BUMN Sumsel.

 

Salah satu penerima bantuan branding gerobak, Yudi mengungkapkan rasa syukur telah menerima bantuan branding gerobak dari Pusri.

 

“Dengan adanya bantuan ini saya dapat berharap dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan kepercayaan konsumen dan sebagai sarana pemasaran,” terang Yudi.

 

Kedepannya Pusri bekerjasama dengan Rumah BUMN dapat terus melaksanakan sosialisasi sekaligus rebranding Rumah BUMN Sumsel, dengan mengadakan pelatihan dan kegiatan yang diperuntukkan untuk UMKM dan millennial.

 

Serta terus melaksanakan pengembangan untuk komunitas milenial, seperti dengan pembangunan co-working space untuk UMKM, komunitas dan start up di Rumah BUMN Sumsel.

 

Sumber :  https://palembang.tribunnews.com/2022/11/10/pusri-dukung-pengembangan-rumah-bumn-sumsel.

Baca Selengkapnya
news-1

04 November 2022

LAKUKAN 242 INOVASI, PUSRI BERPOTENSI HEMAT RP864 MILIAR

PALEMBANG, iNews.id - PT Pusri Palembang terus melakukan berbagai inovasi dalam menjalankan bisnis. Hasilnya, potensi penghematan biaya diprediksi mencapai Rp864 miliar.

 

Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh mengatakan, dibandingkan tahun 2021 lalu, inovasi tahun 2022 semakin meningkat, yakni sebanyak 232 inovasi dengan biaya sekitar Rp31 miliar. Ratusan inovasi tersebut menghasilkan penghematan biaya operasional sebesar Rp267 miliar dan potensi biaya penghematan sebesar Rp864 miliar.

 

"Tahun ini fokus inovasi terkait bidang efisiensi energi atau proses, perlindungan lingkungan, K3, digitalisasi, peningkatan mutu produk atau layanan dan pengembangan bisnis," ujarnya, Kamis (3/11/2022).

 

Menurutnya, dengan banyaknya inovasi yang ditampilkan dalam Grand Final PIEA, tidak hanya didominasi dari kegiatan-kegiatan operasional pabrik yang bersifat rutin, namun cukup beragam di antaranya penggunaan Artificial Intelligence pada proses monitoring kinerja pabrik, Implementasi Employee Assistance Program untuk meningkatkan produktivitas kesehatan mental karyawan dalam mencegah, mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan karyawan.

 

Tri menjelaskan, ditengah era industry 5.0, pihaknya optimistis akan mampu bersaing dengan perusahaan lain, karena memiliki semangat inovasi. "Tantangan perusahaan semakin menantang dan beragam, namun kami pasti bisa menghadapinya dengan semangat inovasi dan kolaborasi," katanya.

 

Sumber : https://sumsel.inews.id/berita/lakukan-242-inovasi-pusri-berpotensi-hemat-rp864-miliar

Baca Selengkapnya

Buletin Pusri

Lihat Semua
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ