Kabar Pusri

Press Release

Ikuti informasi lengkap mengenai beragam kegiatan dan inovasi Pusri terkini.

news-1

19 January 2023

PROGRAM “UREA”, DORONG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PALEMBANG – Sebagai salah bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan Program UREA (Unggul terRampil professional siap kerjA) yang merupakan re-branding dari program Loka Pelatihan dan Keterampilan (Lolapil).

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN, agar 60% TJSL non PUMK diprioritaskan kepada Program Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK. Pusri melalui Departemen TJSL memiliki program dalam penyaluran dana TJSL di sektor pendidikan dengan nama PUSRI (Pendidikan Untuk Semua Rakyat Indonesia).

Program UREA merupakan salah satu program dari PUSRI yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada masyarakat sekitar. Disampaikan VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini bahwa Program UREA yang sebelumnya Bernama Program Lolapil merupakan program rutin Departemen TJSL. “Tujuan dari Pelaksanaan Program UREA ini yaitu untuk meningkatkan empowerment masyarakat, agar masyarakat lebih terampil”, terang Alde.

Dalam Program UREA ini dilaksanakan kegiatan pelatihan menjahit dan pelatihan basic safety K3 yang materi nya disampaikan langsung oleh Departemen K3 Pusri. Sementara untuk pelatihan menjahit dilaksanakan di LKP Kursus Menjahit NOVI, Sekip Palembang. Dengan total peserta pealtihan yaitu 18 (delapan belas) orang untuk pelatihan basic safety K3 dan 21 (dua puluh satu) orang pelatihan menjahit.

Seluruh peserta pelatihan menjahit akan diberikan edukasi dan praktik terkait menjahit sampai nanti kedepannya peserta dapat menjahit baju wearpack PT Pusri Palembang.

Melalui pelatihan ini kami berharap seluruh peserta yang lulus pelatihan dapat menjadi SDM yang unggul, terampil dan siap kerja, sesuai dengan nama program kami yaitu UREA”, jelas Alde.

Kedepannya kami akan selalu berupaya untuk mengadakan program pelatihan serupa, dengan materi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan masyarakat. Agar bersama Pusri masyarakat dapat menambah pengalaman serta keahlian yang dapat digunakan untuk mencari kerja”, tutup Alde.



Palembang, 19 Januari 2023

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]

Baca Selengkapnya
news-1

12 January 2023

TINGKATKAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SORGUM DENGAN PRODUK PUSRI

PALEMBANG – Bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL), PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Panen Raya Sorgum di Kebun Percobaan Pusri, Lorong Abadi Palembang (12/01).

Sebelumnya TNI AL Penanaman Sorgum bersama Kementerian Pertanian melaksanakan penanaman sorgum secara serentak di 77 (tujuh puluh tujuh) titik lahan milik TNI AL di Indonesia salah satu nya di Kabupaten Banyuasin. Dengan tujuan yaitu sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi.

Tema pada kegiatan ini yaitu Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Panen ini dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko, Palaksa Lanal Palembang, Mayor Laut (Pelaut) Yusan Taufik, Paspotmar Lanal Palembang, Mayor Laut (Kesehatan), Dewi Tresnawati, Direktur Operasi & Produksi Pusri, Filius Yuliandi, jajaran SVP Pusri yang berkesempatan hadir dan perwira staf Lanal Palembang.

Tanaman Sorgum juga disebut sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi ekstrem dan mampu hidup dalam kondisi sedikit air. Tanaman Sorgum juga merupakan tanaman sehat, rendah gula dan tidak banyak mengandung kolesterol.

Disampaikan Filius Yuliandi bahwa Pusri sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AL ini, “Kegiatan ini sangat baik karena sejalan dengan salah satu misi kami yaitu untuk mendorong pencapaian kemandirian pangan dan kemakmuran negeri”, terang Filius.

Melalui Departemen Riset Pusri, pada tanggal 19 September 2022, telah dilakukan penanaman tanaman sorgum di Kebun Percobaan Pusri dan Taman Kenten. “Keberhasilan dalam budidaya Sorgum yang telah kami lakukan sampai dengan saat ini karena produk unggulan inovasi yang digunakan pada penanaman sorgum yaitu pupuk urea, NPK Pusri, pupuk hayati bioripah dan pupuk mikro nutremag yang diaplikasikan secara berimbang”, jelas Filius.

Komandan Pangkalan TNI AL, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko mengucapkan terimakasih atas support Pusri terhadap tercapainya program penanaman sorgum. “Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan Pusri dalam budidaya tanaman sorgum. Karena dengan bibit yang sama, hasil panen oleh tim riset Pusri lebih meningkat jika dibandingkan dengan yang kami tanam sendiri”, terang Widyo.

Widyo menambahkan kedepannya diharapkan Pusri bekerjasama dengan TNI AL dapat mengembangkan tanaman lainnya, guna bersama mendukung ketahanan pangan nasional.

 

Palembang, 12 Januari 2023

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]     

Baca Selengkapnya
news-1

12 January 2023

KOMISARIS DAN DIREKSI PUSRI SAMBANGI KAMPUNG SESERA

Komisaris Pusri, KH. Amiruddin Nahrawi bersama Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Operasi & Produksi, Filius Yuliandi, Direktur Keuangan & Umum, Saifullah Lasindrang laksanakan kunjungan ke Kampung Sehat Sejahtera (SESERA) di Pulau Kemaro dan merupakan Program TJSL Pusri (11/01).

Pada acara ini Komisaris dan Direksi Pusri juga laksanakan penyerahan bantuan secara simbolis Renovasi Masjid Darul Muttaqin dan Bantuan kepada Koperasi Wanita Mandiri SESERA.

Di Kampung SESERA ini, juga telah dibangun Resto Apung, instalasi pengolahan air minum, pertanian zero waste, keramba jaring apung 2 dan peogram lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Pulau Kemaro.

Baca Selengkapnya
news-1

08 January 2023

PERESMIAN DAN PEMBERIAN NAMA JALAN DI KOMPLEK PT PUSRI PALEMBANG

Mengawali Tahun 2023, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), laksanakan acara Peresmian Pemberian Nama Jalan yang dilaksanakan pada tanggal 06 dan 07 Januari 2023.

 

Tiga ruas jalan yang terletak di komplek PT Pusri Palembang yang diberikan pemberian nama ini diantaranya, pertama Jalan Ir. Kotan Pasaman yang merupakan Direktur Teknik dan Produksi Pusri pada Tahun 1961 – 1982 dan merupakan Bapak Industri Pupuk di Indonesia.

 

Kedua, Jalan Dr. Zaenal Soedjais, yang merupakan Direktur Utama Pusri pada periode 2001 – 2004. Beliau merupakan Doktor Kebijakan Pupuk Nasional yang menginspirasi dan berjasa dalam perumusan Kebijakan Subsidi Pupuk Anorganik.

 

Ketiga, Jalan Ir. Suardin. Beliau merupakan Direktur Produksi Pusri yang menjabat selama 10 tahun di Pusri dengan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan Pusri.

 

Peresmian ini dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh dengan dihadiri keluarga dari sosok inspiratif dan berjasa bagi Pusri. Tentunya acara ini dilaksanakan guna memberikan apresiasi bagi para sosok penting yang memberikan banyak inspirasi bagi Pusri.

 

Serta dapat menjadi momentum yang pas bagi keluarga untuk napak tilas bagi keluarga. Semoga Insan Pusri dapat melanjutkan perjuangan para sosok yang sangat berjasa bagi perusahaan, dengan terus berkarya dan memberikan kinerja terbaiknya

Baca Selengkapnya
news-1

01 January 2023

PUSRI LAKUKAN PENGANTONGAN, PENGAPALAN & TRUCKING AKHIR TAHUN 2022 DAN PERDANA TAHUN 2023

PALEMBANG – Sebagai perusahaan dengan Visi Agroindustri Unggul di Asia, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) menutup produksi Tahun 2022 dengan laksanakan pengantongan, pengapalan dan trucking akhir 2022 yang dilaksanakan di Area Pabrik PT Pusri Palembang (27/12).

Selama Tahun 2022 ini beberapa upaya Pusri telah dilakukan dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis. Diantaranya melakukan revitalisasi pabrik Pusri III & IV, inovasi dan diversifikasi produk, pengembangan bisnis dan transformasi bisnis berkelanjutan

 

Sebagai salah satu misi Pusri yaitu menyediakan produk dan solusi agribisnis yang terintegrasi, selain memproduksi Urea yang menjadi produk unggulan Pusri, sejak Tahun 2016 Pusri telah memproduksi Pupuk NPK dengan kapasitas produksi sebesar 300.000 ton/tahun. Di tahun ini, pabrik pupuk urea dan pupuk NPK mampu beroperasi dengan baik dan mencapai target produksi yang ditetapkan.

 

Di bidang penjualan, realisasi penjualan pupuk mencapai 102 persen dari RKAP dan penjualan non pupuk (amoniak) sebesar 211 persen dari RKAP. Dengan capaian penjualan yang sangat baik tersebut, membuat capaian kinerja perusahaan menjadi lebih baik pada tahun 2022.

 

Kontribusi Pusri untuk masyarakat dan lingkungan juga dituangkan melalui Program-Program CSR Pusri yang unggul dan berkelanjutan. Beberapa program yang telah dilaksanakan Pusri pada tahun ini diantaranya, Program Kampung SEHATI (Sehat, Erat, Sinergi), Program MUSIC (Millennials Usahawan Indonesia Competition), Program SESERA (Sehat Sejahtera) Pulau Kemaro, PROKLIM (Program Kampung Iklim) dan program-program lainnya yang terus dilaksanakan untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Semangat “Grow To63ther, Achieve More” juga akan senantiasa digaungkan salah satunya dengan dilaksanakannya pembangunan Pusri III-B yang akan dimulai pada Tahun 2023, transformasi penjualan lanjutan melalui Program Makmur dan Agrosolution. Seluruh upaya tersebut tentunya selaras agar tercapai kinerja perusahaan yang baik dengan produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi tanaman.

“Seluruh insan Pusri terus semangat dalam memberikan yang terbaik bagi perusahaan melalui inovasi, kolaborasi dan mewujudkan Pusri Maju 2025 serta tercapainya kemandirian pangan dan kemakmuran negeri”, jelas Tri.

Menyambut tahun 2023, Tri mengajak seluruh insan Pusri untuk terus mendukung pencapaian program sentralisasi unit supporting, program transformasi dan implementasi budaya AKHLAK. Serta terus berkontribusi mendukung pemerintah di bidang ketahanan pangan nasional dan bersama terapkan Gerakan Lampaui Target (GLT) dalam bekerja.

***

 

Palembang, 31 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

29 December 2022

BERHASIL DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN, PUSRI RAIH PROPER EMAS TAHUN 2022

PALEMBANG – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), berhasil raih penghargaan Anugerah Program Kinerja Penilaian Peringkat Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) EMAS Tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin di Istana Negara kepada Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh (29/12).

Mengusung Tema “Recover Together, Recover Stronger”, sebanyak 51 (lima puluh satu) perusahaan berhasil meraih PROPER EMAS. PROPER merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bagi pelaku usaha dalam pengelolaan lingkungan hidup

Dalam sambutannya, KH. Ma’ruf Amin mengucapkan, Selamat kepada seluruh penerima anugerah PROPER EMAS, karena kinerja perusahaan penerima anugerah terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan. “Saudara2 menjadi inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain dalam mengelola lingkungan dengan program-program inovasi yang berkelanjutan”, terang KH. Ma’ruf Amin.

Pada Tahun 2022 ini terdapat perubahan dan pengembangan dalam variable penilaian yaitu berkembang menjadi kerangka green leadership sebagai kebijakan green industry. Adapun kriteria pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dalam Proper meliputi sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, efisiensi air, penurunan dan pemanfaatan limbah B3, pengelolaan 3R sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, pengembangan masyarakat, penerapan Life Cycle Assessment serta Social Return of Invesment.

 

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya dalam laporannya menyampaikan bahwa terdapat 51 perusahaan dengan penilaian PROPER peringkat Emas, 170 perusahaan peringkat Hijau, 2.031 perusahaan peringkat Biru, 887 perusahaan peringkat Merah, 2 perusahaan peringkat Hitam, serta 59 perusahaan tidak dapat diumumkan karena sedang berproses di Ditjen Gakkum KLHK dan tidak lagi beroperasi. Penilaian dilakukan oleh Dewan Pertimbangan PROPER yang imparsial, independen, dan beranggotakan dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat. Adapun variabel penilaian terus berkembang dari waktu ke waktu yang ditetapkan dan disusun secara konseptual

 

Disampaikan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, Siti Nurbaya bahwa “Semakin banyak perusahaan yang menjadi agen dan melibatkan pemangku kepentingan dan membantu mengurangi jejak dampak lingkungan”, terang Siti Nurbaya.

Tri Wahyudi Saleh menyampaikan terimakasih atas kerja keras seluruh Insan Pusri yang bersama-sama memberikan yang terbaik agar Pusri mendapatkan PROPER EMAS. “Alhamdulillah PROPER EMAS ini merupakan harapan kita semua, melalui Program Sehat Sejahtera (SESERA) Pusri berhasil raih PROPER EMAS. Saya sangat mengapresiasi atas prestasi Insan Pusri. Kerja yang luar biasa dari kita semua berbuah manis dan sangat membanggakan”, terang Tri.

“Kami akan selalu berupaya dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Melalui pengembangan serta program-program yang ditujukan untuk masyarakat lingkungan. Serta kami akan terus meningkatkan inovasi dan kinerja lingkungan perusahaan, agar dapat mempertahankan PROPER EMAS”, tutup Tri.

 

***

 

Palembang, 29 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

29 December 2022

SELAMAT! PEMENANG MUSIC PUSRI 2022

PALEMBANG Setelah mengikuti serangkaian tahapan seleksi, 10 (sepuluh) UMKM kembali berkompetisi untuk menjadi pemenang pada ajangFinal dan Awarding Millennials Usahawan Indonesia Competition (MUSIC) yang diselenggarakan oleh PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero).

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-63 Pusri. MUSIC merupakan kompetisi yang ditujukan bagi pelaku usaha millennials  yang berada di seluruh wilayah kerja PSO Pusri, yaitu Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali dan Jawa Timur.

 

Setelah mengikuti bootcamp dan semifinal, 10 (sepuluh) finalis berhasil mengikuti Final dan Awarding pada 27 Desember 2022. Sepuluhpeserta tersebut yaitu :

 

@donut_z.co

@ecoprintbymariacraft

@dapoer_ummi_asa

@boludurian_papi

@hidroponikgeh

@rajavegan

@kopibenawa

@pudot_craft

@pempeksyamil_official

@flowcreativeid

 

Seluruh finalis yang lolos akan mendapatkan pelatihan untuk pengembangan bisnis, hadiah dengan total puluhan juta serta business coachingdari praktisi berpengalaman.

 

Pada acara Final juga dilaksanakan Seminar Entrepreneurship dengan Tema Mulai Bisnis, Ga Harus Nunggu Pensiun dengan menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang UMKM.Seluruh finalis juga menampilkan jenis usaha nya pada bazar yang dibuka untuk umum di Gedung Serba Guna, Komplek PT Pusri Palembang. Serta pengunjung dan tamu yang hadir, dihibur oleh penampilan band lokal di Palembang.

 

Disampaikan VP CSR Pusri Alde Dyanrini, bahwa pelaksanaan MUSIC ini juga merupakan salah satu komitmen Perusahaan dalam melakukan peran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL)khususnya pengembangan UMK.

 

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN Program TJSL Perusahaan agar memprioritaskan Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan dan Pilar Pengembangan UMK. Dalam pembinaan UMK, PT Pusri Palembang juga memiliki Rumah BUMN yang berlokasi di Sekojo, di Rumah BUMN tersebut UMK dapat mendapatkan fasilitas pembinaan dan pengembangan UMK secara gratis tanpa dipungut biaya.

 

“Seluruh peserta Music diwajibkan menjadi Anggota Rumah BUMN, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendampingi Peserta Music untuk naik kelas menjadi Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global, terang Alde.

 

Setelah dilakukan presentasi dan penjurian, dari 10 (sepuluh) finalis yang berhasil menjadi pemenang yaitu UMKM Kopi Benawa, Hidroponik Geh dan Dapoer Ummi Asa.

 

Program MUSIC ini kami berharap dapat terus berkelanjutan untuk dilaksanakan serta dapatmenjangkau seluruh UMKM di Indonesia, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendukung lebih banyak UMK naik kelas”, tutup Alde.

 

***

 

Palembang, 28 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

29 December 2022

SELAMAT! PEMENANG MUSIC PUSRI 2022

PALEMBANG – Setelah mengikuti serangkaian tahapan seleksi, 10 (sepuluh) UMKM kembali berkompetisi untuk menjadi pemenang pada ajang Final dan Awarding Millennials Usahawan Indonesia Competition (MUSIC) yang diselenggarakan oleh PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero).

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-63 Pusri. MUSIC merupakan kompetisi yang ditujukan bagi pelaku usaha millennials  yang berada di seluruh wilayah kerja PSO Pusri, yaitu Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali dan Jawa Timur.

 

Setelah mengikuti bootcamp dan semifinal, 10 (sepuluh) finalis berhasil mengikuti Final dan Awarding pada 27 Desember 2022. Sepuluh peserta tersebut yaitu :

 

@donut_z.co

@ecoprintbymariacraft

@dapoer_ummi_asa

@boludurian_papi

@hidroponikgeh

@rajavegan

@kopibenawa

@pudot_craft

@pempeksyamil_official

@flowcreativeid

 

Seluruh finalis yang lolos akan mendapatkan pelatihan untuk pengembangan bisnis, hadiah dengan total puluhan juta serta business coaching dari praktisi berpengalaman.

 

Pada acara Final juga dilaksanakan Seminar Entrepreneurship dengan Tema “Mulai Bisnis, Ga Harus Nunggu Pensiun” dengan menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang UMKM. Seluruh finalis juga menampilkan jenis usaha nya pada bazar yang dibuka untuk umum di Gedung Serba Guna, Komplek PT Pusri Palembang. Serta pengunjung dan tamu yang hadir, dihibur oleh penampilan band lokal di Palembang.

 

Disampaikan VP CSR Pusri Alde Dyanrini, bahwa pelaksanaan MUSIC ini juga merupakan salah satu komitmen Perusahaan dalam melakukan peran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) khususnya pengembangan UMK.

 

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN Program TJSL Perusahaan agar memprioritaskan Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan dan Pilar Pengembangan UMK. Dalam pembinaan UMK, PT Pusri Palembang juga memiliki Rumah BUMN yang berlokasi di Sekojo, di Rumah BUMN tersebut UMK dapat mendapatkan fasilitas pembinaan dan pengembangan UMK secara gratis tanpa dipungut biaya.

 

“Seluruh peserta Music diwajibkan menjadi Anggota Rumah BUMN, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendampingi Peserta Music untuk naik kelas menjadi Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global”, terang Alde.

 

Setelah dilakukan presentasi dan penjurian, dari 10 (sepuluh) finalis yang berhasil menjadi pemenang yaitu UMKM Kopi Benawa, Hidroponik Geh dan Dapoer Ummi Asa.

 

“Program MUSIC ini kami berharap dapat terus berkelanjutan untuk dilaksanakan serta dapat menjangkau seluruh UMKM di Indonesia, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendukung lebih banyak UMK naik kelas”, tutup Alde.

 

 

 

Baca Selengkapnya
news-1

29 December 2022

SYUKURI NIKMAT PADA PERINGATAN HUT KE-63, PUSRI LAKSANAKAN DO’A BERSAMA 1.500 ANAK YATIM

PALEMBANG – Memasuki usia ke-63 Tahun pada 24 Desember ini, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan melaksanakan acara Pemberian Santunan dan Do’a Bersama 1.500 Anak Yatim dan Wisuda 112 Tahfidz Binaan Pusri yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna PT Pusri Palembang, Selasa (24/12)

Kegiatan ini bekerjasama dengan BPM Al-Aqobah I Pusri ini dan merupakan salah satu wujud kepedulian PT Pusri Palembang salah satu bentuk kepedulian Pusri kepada masyarakat dan rasa syukur Pusri karena masih tetap bisa beroperasi, bersinergi memberikan kontribusi mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional.

Selain do’a bersama dilaksanakan juga pembacaan Ayat Suci AL-Qur’an Kitab Suci Al-Qur’an, sari tilawah dan shalawat oleh anak yatim, ceramah agama dan do’a oleh Ustadz Sholihin Hasibuan serta seluruh tamu undangan dihibur dengan penampilan musik hadroh. Hadir pula pada acara ini Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh beserta jajaran Direksi Pusri didampingi isteri, jajaran Pejabat Eselon I beserta isteri dan unsur muspika Kalidoni.

Sebanyak 1.500 anak yatim yang berasal dari 45 panti asuhan di Kota Palembang telah mendapatkan bantuan berupa paket sembako, paket alat tulis, masker kain, hand sanitizer, uang saku anak dan uang saku panti asuhan. Sebanyak 1.500 anak yatim dari 45 (empat puluh lima) panti asuhan yang ada di sekitar perusahaan berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan Pusri setiap tahun ini, dengan bantuan yang diberikan sebesar Rp. 435.870.000 (empat ratus tiga puluh lima juta delapan ratus tujuh puluh ribu rupiah) berupa uang santunan, alat tulis, uang pembinaan panti dan paket makanan.

Tema dari HUT ke-63 Pusri tahun ini yaitu “Grow Together”, untuk itu pada kesempatan yang baik ini Pusri memohon do’a dari warga sekitar perusahaan dan anak yatim yang hadir agar Pusri diberikan keberkahan serta kelancaran bisnis perusahaan, agar mampu memberikan yang terbaik bagi negeri melalui inovasi serta solusi untuk agroindustri.

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat sedikit membantu meringankan beban adik-adik dan menjadi ladang berkah untuk perusahaan kedepannya. Dan kami mohon do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder Pusri, agar Pusri terus menjadi perusahaan yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan terus bertransformasi dalam segala proses bisnis”, tutup Tri Wahyudi Saleh.

 

***

 

Palembang, 24 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

24 December 2022

63 TAHUN PUSRI HADIR UNTUK NEGERI, GROW TOGETHER ACHIEVE MORE

PALEMBANGMemasuki usia ke-63 tahun pada 24 Desember ini, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) terus berkomitmen dalam mendukung program pemerintah khususnya mewujudkanketahanan pangan nasional.

Hal ini sejalan dengan Tema HUT Pusri yaitu Grow To63ther, Achieve More”, pada peringatan HUT ke-63 tahun ini Pusri optimis untuk terus tumbuh bersama dengan dukungan dari seluruh Insan Pusri, mitra dan stakeholders perusahaan industri pupuk yang lebih mengedepankan transformasi bisnis secara berkelanjutan dan optimalisasi aset di seluruh pelosok negeri.

Pusri juga terus membuktikan capaian dengan prestasi yang berhasil diraih pada tahun ini serta dibuktikan dengan peningkatan kinerja penilaian unggul perusahaan melalui assessment IQAFberbasis Malcom Balridge Framework dengan predikat band Industry Leader.

Penyaluran pupuk subsidi berhasil terlaksana dengan baik dan melebihi target RKAP sertacapaian penjualan pupuk sektor komersil yaitu urea sebesar 108% dan amoniak sebesar 306%. Dampak positif dari kinerja penjualan yang baik berimbas pada meningkatknya laba bersih perusahaan yang prognosanya diperkirakan akan mencapai 410% dari RKAP Tahun 2022.

Selama 63 tahun Pusri dengan dukungan dari seluruh mitra strategis, distributor, kolaborator, pengecer dan konsumen serta stakeholders lainnya, Alhamdulillah kami berhasil menorehkan kinerja positif dan prestasi yang membanggakan, terang Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh.

Pusri juga berhasil cetak prestasi dalam ajang TKMPN yaitu tim inovator terbaik Pusri berhasil mengukir prestasi yang berdampak pada finansial dan operasional secara luar biasa bagi perusahaan serta menjadi role model bagi industri pupuk lainnya.

“Beberapa penghargaan lain yang berhasil kami raih yaitu Asean Risk Awards 2022, CGPI Indonesian Trusted Company Awards, 2 penghargaan pada 11th Anugerah BUMN 2022,Industri Hijau, Rintisan Teknologi Industri 2022, Penghargaan Subroto bidang Efisiensi, TJSL dan CSR Awards, Indonesia Green Awards dan sederet penghargaan lainnya yang berhasil diraih berkat kerja keras dan kolaborasi dari Insan Pusri, tambah Tri.

Kontribusi Pusri untuk masyarakat dan lingkungan juga dituangkan melalui Program-Program CSR Pusri yang unggul dan berkelanjutan. Beberapa program yang telah dilaksanakan Pusri pada tahun ini diantaranya, Program Kampung SEHATI (Sehat, Erat, Sinergi), Program MUSIC (Millennials Usahawan Indonesia Competition), Program SESERA (Sehat Sejahtera) Pulau Kemaro,PROKLIM (Program Kampung Iklim) dan program-program lainnya yang terus dilaksanakan untukmembantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Semangat Grow To63ther, Achieve Morejuga akan senantiasa digaungkan salah satunya dengan dilaksanakannya pembangunan Pusri III-B yang akan dimulai pada Tahun 2023, transformasi penjualan lanjutan melalui Program Makmur dan Agrosolution. Seluruh upaya tersebut tentunya selaras dengan tema HUT Pusri tahun ini. Agar tercapainya kinerja perusahaan yang baik dengan produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi tanaman.

Di peringatan HUT ke-63 ini, seluruh insan Pusri terus semangat dalam memberikan yang terbaik bagi perusahaan melalui inovasi, kolaborasi dan mewujudkan Pusri Maju 2025 serta tercapainya kemandirian pangan dan kemakmuran negeri, tutup Tri.

 

***

 

Palembang, 24 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

20 December 2022

PUSRI RAIH GELAR MOST TRUSTED COMPANIES

PALEMBANG – Di Penghujung Tahun 2022, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali raih penghargaan sebagai Indonesia Most Trusted Companies yang merupakan penghargaan pada gelaran Indonesia Good Corporate Governance Award 2022.  Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah SWA bersama Indonesia Institute Good Corporate Governance (IICG), dalam acara Penganugerahan Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2022 dengan tema "Membangun Ketangguhan Perusahaan dalam Kerangka GCG" di Ballroom Shangri-La Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Tri Wahyudi Saleh. Penghargaan ini diberikan karena PT Pusri dinilai telah mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang excellent dalam tata kelola perusahaan.

PT Pusri meraih gelar Most Trusted Companies setelah melalui tahapan evaluasi dan penilaian terhadap upaya perusahaan dalam menerapkan praktik GCG secara berkelanjutan melalui survey Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Corporate Governance Perception Index (CGPI) merupakan program pemeringkatan praktik Good Corporate Governance (GCG) di Perusahaan yang dilakukan sejak Tahun 2001 dengan menggunakan pendekatan tematik yang menyesuaikan dengan perkembangan bisnis.

Program ini merupakan program tahunan yang menilai implementasi GCG dengan rentang waktu satu tahun penuh. IICG dan Majalah SWA memberikan apresiasi dan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menerapkan GCG dan mengikuti Program CGPI melalui Indonesia Most Trusted Companies Awards.

Dalam sambutannya Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada PT Pusri dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan Pusri yang telah berkomitmen dalam menerapkan prinsip GCG dalam setiap lini bisnis perusahaan. “Penghargaan ini merupakan buah kerja keras seluruh insan Pusri dalam mempertahankan kinerja terbaik dengan terus berpegang pada prinsip GCG dan akan menjadi pemacu bagi PT Pusri untuk terus memberikan yang terbaik bagi negeri,” ujar Tri.

Selama Tahun 2022 berbagai prestasi dan penghargaan membanggakan telah berhasil diraih oleh PT Pusri Palembang antara lain: Indonesia Green Awards, Indonesia CSR Excellence Award, CSR & TJSL Award, Anugerah BUMN, Top 3 Indeks Implementasi Akhlak, TOP GRC Awards, Indonesia Safety Excellence Award (ISEA)  yang juga sekaligus mendapatkan The Best CEO in Safety Culture, Anugerah Humas Indonesia, Penghargaan Proklim, Penghargaan Industri Hijau dengan Kinerja Terbaik, SNI Award, ASEAN Risk Award, Indonesia Quality Award, TOP BUMN Award, Apresiasi Peduli Disabilitas, dan masih banyak penghargaan lainnya.

Dengan Penghargaan yang diterima oleh PT Pusri Palembang ini diharapkan menjadikan Pusri sebagai perusahaan yang terus dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan juga pada pertumbuhan ekonomi nasional.

 

***

 

Palembang, 20 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
news-1

14 December 2022

ANTUSIAS WARGA RAMAIKAN PUSRI EXPO 2022

PALEMBANG – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Pusri pada 24 Desember mendatang, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan sejumlah kegiatan. Salah satunya pada peringatan HUT ke-63 ini, Pusri menyelenggarakan acara Gebyar Pusri Expo yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dari 13 s.d 15 Desember 2022.

Mengusung Tema Grow Together Achieve More, pada Gebyar Pusri Expo ini dilaksanakan serangkaian kegiatan, diantaranya Lomba Mewarnai, Fashion Show, Rebana, Makan Kerupuk, Makan Pempek, Makan Mie, Makan Durian, Senam Maumere yang diiringi juga dengan hiburan band serta booth pameran dari bank, mitra binaan, anak perusahaan Pusri dan juga makanan/minuman.

Hadir langsung membuka acara ini, Direktur Operasi & Produksi Pusri, Filius Yuliandi didampingi Direktur Keuangan & Umum, Saifullah Lasindrang serta manajemen Pusri yang berkesempatan hadir.

Warga Palembang yang hadir mengikuti lomba ataupun menyaksikan pameran sangat antusias memenuhi Gedung Serba Guna, Komplek Pusri. Disediakan juga photobooth bagi warga yang ingin mengabadikan momen di Gebyar Pusri Expo.

Selain itu Pusri juga menyediakan booth Penjualan Pupuk Retail dengan hadiah mascot Pusri yaitu Boneka Ongki dan Pupi bagi pembelian akumulasi sebanyak 10kg, dengan harga untuk per kilogramnya yaitu Rp.13.000,- (tiga belas ribu rupiah) untuk urea kemasan dan Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah) untuk NPK  15-15-15 kemasan 1 kg.

“Acara ini kami selenggarakan tentunya sebagai sarana silaturrahmi dan hiburan bagi warga. Alhamdulillah warga antusias karena seluruh perlombaan pendaftarannya sangat cepat full kuota. Semoga acara ini juga memberikan banyak manfaat bagi pengunjung yang datang, baik dari internal maupun eksternal perusahaan”, terang Filius.

Selain Gebyar Pusri Expo, Pusri juga melaksanakan serangkaian kegiatan lainnya, seperti Volly Lingkungan, Pusri Idol, Pusri dalam Melody, Menghias Kue, Olahraga (Renang, Mini Soccer, Basket, Catur dll), Donor Darah, Khitanan Massal, Do’a 1.500 Anak Yatim dan kegiatan lainnya guna menyemarakkan HUT ke-63 Pusri.

“Di usia Pusri yang ke-63 ini, tentunya kami berharap dapat selalu memberikan kontribusi khususnya bagi masyarakat di Sumsel baik melalui Program CSR maupun produk inovasi kami dengan tujuan utama yaitu mendukung program ketahanan pangan nasional”, jelas Filius.

“Terimakasih untuk seluruh masyarakat Sumsel yang selalu mendukung Pusri, semoga Pusri dapat terus beroperasi dan menjalankan bisnis dengan baik. Melalui dukungan masyarakat Sumsel”, tutup Filius.

 

***

 

 

Palembang, 14 Desember 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Baca Selengkapnya
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ