HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Undang PT PUSRI, Pemkab BS Harapkan Petani Sejahtera Terwujudnya Produksi Jaminan Pasar

13 Januari 2022
BENGKULU SELATAN - Bupati Bengkulu Selatan mengundang PT. Pupuk Sriwijaya Palembang dalam rangka Sosialisasi Program Makmur di Aula Balai Sekundang pada Rabu (12/1/2022).
 
Program Makmur adalah program dari Kementerian BUMN yang diluncurkan dengan tujuan meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani. program yang sebelumnya bernama Agrosolution yang dirintis sejak akhir 2020 lalu berbentuk pengawalan dan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian yang didukung teknologi.
 
Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi SE MM mengatakan, manfaat yang didapatkan dari program ini diantaranya adalah kenaikan produktivitas pertanian, kenaikan keuntungan petani, adopsi praktik pertanian unggul, dan penggunaan pupuk non subsidi untuk membantu kebutuhan petani. Pengelolaan budidaya tanaman berkelanjutan, informasi dan pendampingan budidaya pertanian, digital farming dan mekanisme pertanian. Juga akses permodalan dan perlindungan risiko pertanian serta adanya offtaker atau jaminan pasar bagi petani.
 
"Program ini adalah kolaborasi dari multi stakeholder, mulai dari perbankan, produsen pupuk, penyedia agro input, sampai pemerintah daerah, petugas PPL, hingga asuransi dan tentunya juga offtaker, atau pihak yang membeli hasil panen petani, baik BUMN maupun swasta. Bengkulu selatan adalah wilayah yang memiliki lahan yang luas sehingga mempunyai potensi besar sebagai sentra pertanian dan perkebunan karena diangugerahi struktur tanah yang subur dan irigasi yang cukup baik," ujar Bupati Gusnan,(12/11).
 
Disampaikan Gusnan Mulyadi bahwa program makmur yang akan dijalankan nantinya dengan kolaborasi bersama PUSRI sebagai produsen pupuk diharapkan akan mewujudkan keinginan petani untuk dalam satu tahun bisa tiga kali tanam padi, para petani tidak takut berproduksi, produk pasti laku karena ada jaminan pasar. Pengelolaan sektor pertanian Bengkulu Selatan atas senergi dari semua stakeholder terkait mulai dari benih, pupuk dan pemasaran.
 
Senada dengan hal tersebut, Triwahyudi Saleh selaku Direktur Utama PT. PUSR menyampaikan bahwa peran PUSRI sebagai produsen pupuk dituntut untuk memberikan edukasi kepada petani untuk tidak senantiasa bergantung dengan pupuk subsidi. Sosialisasi gencar dilaksanakan dengan memberikan pandangan kepada para petani bahwa dengan penggunaan pupuk yang berimbang dan dosis yang tepat maka akan menghasilkan produktivitas yang maksimal.
 
"PUSRI akan mengimplementasikan program Makmur di Bengkulu Selatan ini dengan melaksanakan beberapa rencana mulai dari pupuk berimbang jenis NPK Untuk tanaman padi, jagung, dan singkong, Pendampingan budidaya pertanian secara tepat, pendampingan dan edukasi kepada petani dengan melakukan pengambilan sampel tanah, uji kadar air tanah, agar dapat memformulasi pupuk yang tepat dan presisi, sehingga akan didapat hasil dari produk pertanian yang maksimal serta melakukan pengelolaan sistem pertanian yang terpadu dan terintegrasi," jelasnya.
 
PUSRI siap mendukung setiap canangan Bupati Gusnan di Bidang Pertanian, harapan PUSRI bahwa ini akan ditindaklanjuti dengan kolaborasi dari berbagai elemen terkait untuk dikukuhkan dalam sebuah nota kesepahaman.


Sumber : https://www.portalbengkulu.id/2022/01/undang-pt-pusri-pemkab-bs-harapkan.html