HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Strategi Pusri Palembang meningkatkan kesejahteraan petani

27 Oktober 2021
Kementerian BUMN mencanangkan program Makmur yang diinisiasi PT Pupuk Indonesia (Persero) secara nasional.
 
Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh mengatakan, program Makmur bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hingga kesejahteraan petani. Ekosistem tersebut menghubungkan antara petani dengan pihak project leader, asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, agro input, dan offtaker. Selain itu, program Makmur juga untuk menstimulasi anak muda agar mau bergelut di bidang pertanian. 
 
Program Makmur sendiri menargetkan luas lahan pada 2021 mencapai 50.000 hektare. Adapun komoditas utama yang menjadi fokus pada program Makmur, yakni padi, jagung, cabai, kelapa sawit, singkong, kopi, lada, kakao, bawang merah, tebu, tembakau, nanas, dan manggis.
 
Secara nasional, realisasi program Makmur per September 2021 telah mencapai 50.799 hektare dan melibatkan 31.596 orang petani.
 
Terkait dengan itu, Plt Asisten II Pemprov Lampung Kusnardi, memaparkan beberapa sektor yang memungkinkan untuk terus diupayakan dalam rangka perkembangan daya ungkit bagi perekonomian Lampung, yakni sektor industri pengolahan. Di mana pada sektor tersebut, hasil pertaniannya masih dalam bentuk primer (dasar).
 
"Seperti dalam bentuk biji, kakao dan lain sebagainya. Jadi, masih sangat berpeluang besar dalam potensi untuk pengembangan sektor industri pengolahan hasil. Termasuk juga industri-industri lain seperti industri pupuk, karena kita masih banyak sekali biomas baik dari tanaman maupun dari tanah," ujar Kusnardi.


Sumber: https://www.alinea.id/bisnis/strategi-pusri-palembang-meningkatkan-kesejahteraan-petani-b2cCt97EG