HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Stok Pupuk Subsidi Mencukupi, Petani Gunungkidul Tenang Hadapi Musim Tanam

23 September 2021
Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul memastikan jika stok pupuk subsidi mencukupi untuk musim tanam kali ini. Kabar tersebut membuat petani tenang untuk memulai kembali budidaya pertanian mereka. Sebagaimana diketahui, pupuk merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang dibutuhkan petani untuk mengembangkan budidaya pertanian mereka.
 
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta petani bijak menggunakan pupuk subsidi. Apabila petani bijak menggunakan pupuk secara berimbang, produktivitas pertanian dipastikan tetap bisa dipertahankan. "Pupuk ini erat kaitannya dengan peningkatan produktivitas. Jadi saya meminta agar sekiranya petani bijak menggunakan pupuk subsidi," ujar Mentan SYL.
 
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menganjurkan petani mengoptimalkan pupuk yang ada. "Jika pupuk digunakan dengan baik, otomatis produktivitas meningkat kendati alokasi pupuk bersubsidi pada 2021 tidak sebanyak permintaan dari petani," imbuhnya.
 
Ia menambahkan, pupuk bersubsidi itu diberikan untuk merangsang petani, mengenalkan cara menggunakan pupuk yang baik. "Subsidi hanya untuk merangsang petani kita, perkenalkan cara menggunakan pupuk yang baik. Apakah subsidi atau tidak subsidi, bukan itu persoalannya. Tapi, apakah margin keuntungan lebih besar, itu yang menjadi fokus kita," kata Ali.
 
Ali melihat persiapan pupuk subsidi dan serapannya berjalan cukup bagus. Artinya, petani mampu membeli dengan sistem skala ekonomi yang luas. "Jadi saya yakin stok pupuk untuk memenuhi kebutuhan lahan kita dalam keadaan aman," katanya.
 
Direktur Pupuk dan Pestisida Ditjen PSP Kementan, Muhammad Hatta menerangkan, pemberian pupuk bersubsidi ini haruslah memenuhi enam prinsip utama yang sudah dicanangkan atau disebut 6 T, yakni tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat mutu.
 
"Tentu harapan kami dan harapan semuanya adalah bagaimana pupuk bersubsidi ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani kita di lapangan," katanya.


Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/stok-pupuk-subsidi-mencukupi-petani-gunungkidul-tenang-hadapi-musim-tanam.html