HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Rumah Pintar Pusri-Lanal Palembang, Latih Siswa Jadi Leader

27 Agustus 2021
KBRN, Palembang: PT Pusri dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Palembang bekerjasama membangun Rumah Pintar, sarana pendidikan umum non formal yang dikhususkan bagi anak-anak. Rumah Pintar ini dilengkapi dengan fasilitas ruang pendingin, WiFi, buku bacaan dan perpustakaan digital.
 
Direktur Operasi dan Produksi PT Pusri, Filius Yuliandi, mengungkapkan, Rumah Pintar yang digagas Lanal Palembang memberikan inspirasi dalam dunia pendidikan dengan metode pembelajaran dengan konsep yang berbeda.
 
“Ini berbeda dengan pendidikan umum biasa. Kita sudah terlalu terbiasa dengan pendidikan formal, disini anak-anak bisa lebih dekat dengan alam,” ujar Filius usai meresmikan Rumah Pintar yang dibangun di samping Pos Pengamat Lanal Palembang, Kelurahan I Ilir, Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Jumat (27/8/2021).
 
Rumah Pintar yang dibangun terdiri dari dua lantai dengan latar belakang Sungai Musi. Kedepan, Pusri akan membangun fasilitas serupa di beberapa lokasi lain di Palembang.
 
“Terutama saat ini dimasa anak-anak masih sekolah daring. Fasilitas seperti ini kami harapkan bisa membantu mereka belajar,” cetus Julius.
 
Sementara itu, Komandan TNI AL (Lanal) Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari, mengatakan, metode pembelajaran di Rumah Pintar dilakukan dengan menerapkan ilmu neurosains. Pembelajaran di Rumah Pintar diharapkan dapat merubah mindset anak-anak untuk menjadi pelajar yang unggul.
 
“Kadang-kadang pada sekolah formal tidak maksimal karena gurunya cuma satu sementara siswanya bisa 35-40 orang. Disini yang yang menjadi guru adalah anak-anak itu sendiri. Disini mereka dilatih menjadi leader,” beber Filda.
 
Salah satu materi pembelajaran yang berbeda di Rumah Pintar adalah bahasa inggris. Menurut Filda, sistem pembelajaran yang dikembangkan untuk anak-anak di Rumah Pintar menggunakan sistem Indonesian Braincamp.
 
“Jadi anak-anak diberikan kemampuan untuk menguasai 300 hingga 1000 kalimat. Jadi kami tidak ajarkan kosakata, yang kami lakukan meningkatkan intuisi mereka,” imbuhnya.
 
Filda optimis keberadaan Rumah Pintar akan menjadi bagian penting dalam pendidikan. Dirinya berharap, kedepan akan terus dibangun Rumah Pintar lainnya.
 
“Dimasa pandemi kami terapkan Prokes ketat. Selain itu ini memang difokuskan untuk anak-anak sekitar. Kedepan, kami berharap di tempat-tempat lain juga dibangun fasilitas serupa agar tidak berkumpul di satu rumah pintar saja,” pungkasnya.


Sumber: https://rri.co.id/palembang/iptek/1167193/rumah-pintar-pusri-lanal-palembang-latih-siswa-jadi-leader?