HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri NTB Jamin Stok Pupuk Bersubsidi Aman

09 Nopember 2021
KBRN, Mataram : Kepala Kantor Pemasaran Pusri Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Eman Haris menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi bagi petani, khususnya bagi petani yang sudah memili Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E RDKK).

"jangan khawatir dengan berita berita yang tidak benar terkait kelangkaan pupuk karena stok kami tersedia, distribusi kami juga selalu mengejar untuk pemenuhannya, jadi kelangkaan tidak ada buktinya," ungkap Eman Haris kepada wartawan, di Mataram, jum'at (5/11/2021). "petani yang sudah treerdaftar di E RDKK tenang saja, stok kami sangat mencukupi," tambahnya.

Menurut Haris, stok pupuk bersubsidi tertanggal 5 nopember mencapai 14.623 ton. Stok tersebut juga diproyeksikan habis hingga akhir desember 2021.

Namun secara administratif, Pusri NTB memastikan stok 29.536 ton untuk mengantisipasi lonjakan permintaan petani saat  memasuki musim tanam saat ini.

Stok pupuk bersubsidi juga terus bertmbah yang dikirim dari pabrik secara continue dan langsung disimpan di gudang. Pupuk yang dikirim dibongkar muat disejumlah pelabuhan seperti di Pelabuhan Badas Kabupaten SUmbawa, Pelabuhan Bima di Kota Bima serta Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat.

"kita melihat sisa RDKK di Provinsi NTB berapa yang terserap itu yang akan kita terima, jadi ini untuk jagung dan padi yang membutuhkan pupuk urea bersubsidi, sisa alokasi termasuk tambahan akan habis digunakan oleh petani," jelas Haris.

Dia menyebutkan, total kuota pupuk bersubsidi di NTB mencapai 172.604 ton dengan 157.780 ton diantaranya sudah disalurkan ke seluruh petani di 10 kabupaten/kota.

Kementerian pertanian juga direncanakan akan menambah alokasi pupuk bersubsidi ke NTB sebanyak 15.926 ton untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pupuk bersubsidi petani hingga januari tahun depan.

"semua distributor sudah kami sampaikan bahwa menghadapi musim tanam ini kami siapkan distribusi logistiknya lebih dari alokasi, mudah mudahan secara continue bisa siapkan pemenuhan urea bersubsidi ini, kapal kapal juga continue datang bawa pupuk," tutup Eman Haris.

Sumber : https://rri.co.id/mataram/ekonomi/1252303/pusri-ntb-jamin-stok-pupuk-bersubsidi-aman