HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Suplai 9 Ton Oksigen Cair ke Semua RS di Lampung

19 Juli 2021
LAMPUNG, KOMPAS.com - PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang mulai memasok stok oksigen cair untuk kebutuhan medis penanganan Covid-19 di Lampung. Per hari, pengisian oksigen cair ini mencapai 600 tabung dengan total sebanyak 9 ton.
 
Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh mengatakan, ratusan tabung oksigen tersebut dipasok untuk sejumlah rumah sakit yang ada di kabupaten/kota di Lampung.
 
Tri Wahyudi menuturkan, dalam pengiriman yang telah dilakukan pada Jumat - Minggu (16 - 18 Juli 2021) berjumlah total 1.262 tabung. "Seluruhnya dari rumah sakit di Lampung," kata Tri Wahyudi saat dihubungi, Minggu (18/7/2021).
 
Pasokan oksigen cair ini adalah pengisian tabung dari sembilan rumah sakit di Mesuji, Kota Metro, Lampung Utara, Tulang Bawang, Bandar Lampung dan Pringsewu.
 
Rinciannya yakni, RS Handayani Kotabumi sebanyak 76 tabung, RS Mesuji sebanyak 78 tabung, RS Menggala Tulang Bawang sebanyak 56 tabung dan RS Muhammadiyah Kota Metro sebanyak 57 tabung. Kemudian RS Mardi Waluyo Kota Metro (49 tabung), RS Mitra Husada Pringsewu (114 tabung), RS A Yani Kota Metro (180 tabung), RS Mutiara Bunda Menggala (80 tabung) serta RS Immanuel Bandar Lampung (70 tabung). Lalu, RSUD Tulang Bawang Barat (59 tabung), RS Ragab Mesuji (83 tabung), RS Urip Sumoharjo Bandar Lampung (60 tabung), RS Batin Mangunang Tanggamus (150 tabung), dan RS Abdul Moeloek (100 tabung).
 
Total jumlah seluruh tabung yang telah dikirimkan sebanyak 1.262 tabung dan jumlah oksigen cair mencapai 7.572 meter kubik atau setara 9.745 ton. Tri Wahyudi mengatakan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan pasokan oksigen untuk penanganan medis pada pandemi Covid-19 belakangan ini.
 
Menurutnya, kebutuhan oksigen akhir-akhir ini terus meningkat seiring melonjaknya pasien yang terpapar Covid-19. "Oksigen ini sangat urgen untuk penanganan pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat, terutama pasien dengan saturasi oksigen dibawah standard yang telah ditetapkan," kata Tri Wahyudi.

Tri Wahyudi mengatakan, pemenuhan pasokan oksigen untuk rumah sakit ini adalah bentuk kepedulian pihaknya terhadap kondisi pandemi yang terjadi sekarang.
 
"Semoga, oksigen untuk kemanusiaan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua. Semoga kita semua diberikan kesehatan, kemudahan dan kekuatan dalam menghadapi pandemi ini dan segera berakhir," kata Tri Wahyudi. GM Produksi PT Pusri Palembang, Sholihin menambahkan, pada Senin (19/7/2021) ada permintaan pengisian 500 tabung.
 
"Semuanya dari Lampung," kata Sholihin. Tabung yang datang ke Pusri untuk isi oksigen ini dengan rata-rata kapasitas jenis tabung yang digunakan 6 meter kubik. "Selasa saat Idul Adha kami tetap melayani permintaan pengisian tabung oksigen," kata Sholihin.
 
Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad (Pandra) mengatakan, untuk memperlancar distribusi oksigen ini, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung.
 
"Kami lakukan pengawalan semenjak pengiriman untuk pengisian dari Lampung ke Palembang, hingga pengiriman dari Palembang ke rumah sakit tujuan di kabupaten," kata Pandra. Pandra menambahkan, pengawalan khusus ini untuk memastikan kelancaran distribusi dan keamanan oksigen yang saat ini sangat dibutuhkan pasien Covid-19.

Sumber:https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/072245178/pt-pusri-suplai-9-ton-oksigen-cair-ke-semua-rs-di-lampung