HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Pastikan Tak Ada Kelangkaan Pupuk di Bima, Stok Masih Tersedia 2.793 Ton

15 Nopember 2021

Bima, katada.id – PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) menegaskan tidak ada kelangkaan pupuk di Pulau Sumbawa. Khususnya Kota dan Kabupaten Bima.

Hal itu diungkapkan AVP Operasional Logistik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) BaliNusra Edi Prasetia Sitepu. Ia menerangkan pupuk subsidi maupun non subsidi masih tersedia. “Tidak ada kelangkaan. Stok pupuk di Bima aman,” terangnya.

Pihak PT Pusri, ungkapnya, sudah mengantisipasi kelangkaan dengan menyediakan stok pupuk. Khusus stok di Bima masih tersedia 2.793 ton.

Di Bima, PT Pusri memiliki dua gudang penampung stok pupuk. “Gudang PKT Bima dan gudang Penaraga Kota Bima. Dua gudang tersebut masih ada stok,” ungkapnya.

Saat ini ratusan ton pupuk sedang dalam pembongkaran di Pelabuhan Bima. Masih ada satu kapal yang sedang bongkar. “Progres bongkar sisa 800 ton. Yang sudah dibongkar 767 ton,” bebernya.

Edi memastikan stok pupuk di Pulau Sumbawa aman dan masih bisa mengcover kebutuhan petani. “Secara keseluruhan stok di Pulau Sumbawa 10.302 ton. Jadi masih aman,” ungkapnya.

Mengenai harga pupuk subsidi yang mahal, ia mengatakan tidak ada kenaikan. Distribuor maupun pengecer diharuskan menjual pupuk bersubsidi sesuai HET. Yakni Rp112 ribu.

Terkait adanya pengecer ilegal, Edi memang sudah mendengar informasi tersebut. Namun penindakan pengecer ilegal bukan kewenangan PT Pusri. “Soal pengecer Ilegal bukan ranah produsen (PT Pusri),” tandasnya.


Sumber : https://katada.id/pt-pusri-pastikan-tak-ada-kelangkaan-pupuk-di-bima-stok-masih-tersedia-2-793-ton/