HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Pasok Tiga Rumah Sakit 6 Ton Oksigen Cair

17 Juli 2021
PURWOKERTO – Kekurangan oksigen baik tabung maupun cair di sejumlah rumah sakit maupun pusat pelayanan medis di wilayah Banyumas masih berlangsung hingga sekarang, terutama untuk penanganan pasien Covid-19.
 
Berangkat dari kondisi tersebut, PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Pelembang, salah satu BUMN pemerintah, menyalurkan bantuan oksigen liquid (cair) sebanyak 6 ton ke tiga rumah sakit di Banyumas, Selasa (17/8/2021).
 
Sales Region 3B Jateng 2 PT Pusri Palembang, Edy Ekandria mengatakan, 6 ton oksigen cair tersebut didistribusikan untuk tiga rumah sakit. Yakni RSUD Banyumasse banyak 1,850 ton, Rumah Sakit Siaga Medika Banyumas 1 ton, dan sebanyak 2,5-3 ton
untuk Rumah Sakit Margono Soekardjo (RSMS) Purwokerto.
 
”Awal Juli tadinya kami sudah mau menyalurkan ke sini (Banyumas). Tiba-tiba dari Kementerian BUMN meminta Pusri membantu wilayah Sumatera Selatan dan Lampung. Waktu itu di sana kebutuhannya sangat mendesak. Setelah reda, sebagai
wujud kepedulian kami, baru bisa tersalurkan sekarang,” katanya saat di RSMS Purwokerto,Selasa (17/8).
 
Program CSR
 
Bantuan oksigen cair ini, kata dia, bagian dari program CSR perusahaan. Kebetulan, katanya, perusahaaan tersebut selama ini juga memproduksi oksigen industri. Bekalangan sudah bisa untuk standar kebutuhan medis.
 
Di wilayah Jateng, lanjut dia, selain di wilayah Banyumas, juga sudah tersalurkan di wilayah Solo Raya. Bersamaaan dengan di Banyumas, juga tersalurkan ke dua rumah sakit di Kabupaten Klaten.
 
”Karena Rumah Sakit Margono adalah salah satu rumah sakit yang terbesar di Jateng.  Sehingga harapannya bantuan ini bisa membantu meringankan beban teman-teman yang saat ini menderita Covid-19,” katanya.
 
Siap Bantu
 
Ke depan, lanjut Edy, perusahaannya selalu siap untuk memberikan bantuan oksigenper mintaaan dari Dinas Kesehatan dan rumah sakit yang sedang membutuhkan.
 
Sejakterj adi kelangkaaan oksigen, jelas dia, perusahaannya sudah menyalurkan sebanyak 133,52 ton hingga per 13 Agustus lalu. Setiap hari produksi oksigen cair ini antara 2,5-3 ton.
 
”Karena oksigen ini hanya produk sampingan, selama level tangki-tangki penampungan cukup, kami siap membantu seluruh wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah,”jelasnya.
Kebutuhan Oksigen
 
Kepala Seksi Penunjuang Sarana dan Prasarana RSMS Purwokerto, Unik Febriani mengatakan, selamamasa  pandemi dengan banyaknya pasien Covid-19, kebutuhan O2 cair per hari sampai 3.000 meter kubik.
 
Sedangkan untuk oksigen sendiri, katanya, rata-rata 30 tabung per hari untuk ruangan yang tidak ada sentral gasnya. Adapun penggunaan O2 cair untuk ruangan yang sudah lengkap dengan instalasi sentral gas medis. Terutama untuk ruang-ruang isolasi, misalnya untuk pasien Covid-19.
 
”Sebelum masa pandemi, kita mendapat pasokan untuk dua hari sekali dari rekanan rutin, itu sudah cukup. Selama pasien Covid-19 banyak, mau tidak mau pasokan harus tiap hari. Makanya kita sangat tertolong dengan bantuan seperti dari PT Pusri ini,” katanya.(aw-6)


Sumber https://suarabanyumas.com/pt-pusri-pasok-tiga-rumah-sakit-6-ton-oksigen-cairpt-pusri-pasok-tiga-rumah-sakit-6-ton-oksigen-cair/