HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Palembang Bersih-bersih Pantai Teluk Lampung

12 Maret 2022
Bandar Lampung (Lampost.co) -- Sebagai bentuk kepedulian perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), melaksanakan kegiatan bersih pantai (coastal cleanup) yang merupakan inisiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.
 
Acara bersih pantai yang berlangsung di Pantai Ancol Gen, Kelurahan Pesawahan, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, Sabtu, 12 Maret 2022. Dihadiri Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh beserta jajaran manajemen Pusri lainnya.
 
Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Drs. Murni Rizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung, Riana Apriana, Jajaran Muspida Lampung, Jajaran Muspika Telukbetung Selatan, serta turut mengundang Komunitas Peduli Lingkungan di Lampung dan juga Distributor dan Mitra Kerja Pusri.
 
Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh menjelaskan, kegiatan ini serentak dilaksanakan dibeberapa provinsi dan kabupaten lainnya di Indonesia. Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2022 dan sebagai dukungan dari Pusri untuk menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.
 
“Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak distributor dan mitra kerja untuk ikut turun langsung membersihkan pantai, agar dapat mengurangi pencemaran sampah yang ada. Terutama sampah plastik,” terangnya.
 
Tri Wahyudi mengatakan, dalam kesempatan ini, Pusri juga menyerahkan beasiswa anak petani jadi sarjana yang merupakan salah satu program CSR Pusri yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada generasi muda terhadap peningkatan kualitas dibidang pendidikan.
 
“Kesempatan yang baik ini kami manfaatkan pula untuk turut membantu generasi muda penerus bangsa, melalui pemberian beasiswa anak petani jadi sarjana yang diberikan kepada anak-anak petani yang berprestasi dan jurusan pertanian,” jelasnya.
 
Ia pun berharap melalui kegiatan ini semoga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan nyaman. Agar wisatawan yang berkunjung ke Pantai dapat menikmati indahnya panorama alam. Serta melalui beasiswa yang diberikan dapat bermanfaat bagi adik-adik penerima dan meningkatkan semangat belajar.
 
 “Semoga Pusri dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat kehadiran Pusri juga berdampak baik bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.
 
Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Murni Rizal mengapresiasi gerakan bersih pantai ini. Ia pun berharap kedepan PT Pusri Palembang dapat melakukan pembinaan tata kelola sampah melalui program bank sampah.
 
"Secara umum kondisi kebersihan pantai yang harus diperhatikan disekitar Teluk Lampung yang berada di Kota Bandar Lampung, sementara untuk kebersihan wilayah pantai di kabupaten/kota lainnya masih cukup baik," kata dia.
 
Sementara itu, Koordinator Yayasan Gajahlah Kebersihan Lampung, Dicky Dwi Alfandy mengungkapkan, kondisi kebersihan di Kota Bandar Lampung masih memprihatinkan terutama di pesisir pantai, padahal wilayah tersebut memiliki potensi bahari yang besar.
 
"Selain karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, di beberapa wilayah juga masih ada perusahaan yang membuang limbah tidak pada tempatnya," ujarnya.
 
Dia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan kegiatan riset sampah terutama di wilayah pesisir, dengan memberdayakan masyarakat untuk mendaur ulang sampah. Karena sampah memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan tepat.
 
"Kami berharap pemerintah daerah dapat mensinergikan program mengenai lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dengan menggandeng perusahaan, komunitas maupun stackholder terkait. Agar dapat lebih tepat sasaran dan persoalan yang ada bisa cepat teratasi," tandasnya.


Sumber : https://m.lampost.co/berita-pt-pusri-palembang-bersih-bersih-pantai-teluk-lampung.html