HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Kekurangan Stok Oksigen, RS Hermina Jakabaring Terima Ratusan Tabung Dari PT Pusri

27 Juli 2021
KBRN, Palembang : Rumah Sakit (RS) Hermina OPI Jakabaring terus berupaya untuk melakukan pemenuhan stok oksigen medis bagi perawatan pasien Covid-19.
 
Pasalnya, hampir dua pekan terakhir, stok oksigen mulai menipis. Kondisi ini harus berpacu dengan jumlah pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan baik di ruang rawat inap maupun ICU.
 
Direktur RS Hermina Jakabaring dr Yulivitri, MARS melalui Manajer Penunjang Medis Dr. Alireza Alkaff mengungkapkan, dengan bertambahnya tingkat okupansi di rumah sakit membuat pemakaian harian oksigen kini harus diprioritaskan bagi perawatan pasien Covid-19.
 
Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19, RS Hermina Jakabaring membutuhkan 150 tabung 6 meter kubik per hari. Jumlah itu bertambah tiga kali lipat dari kebutuhan oksigen biasanya.
 
"Pemakaian harian kita sekarang hampir 90 persen diperuntukan pasien Covid. Kebutuhan harian itu mencapai 150 tabung. Sebetulnya kita ada rekanan, tapi hanya mampu suplly maksimal di 60 m/kubik per hari jadi kekurangannya 90 m/kubik per hari, ujarnya, Selasa (27/7/2021).
 
Dr Alireza mengatakan, pihaknya telah meminta bantuan kepada Pemerintah melalui Dinas Kesehatan setempat agar dapat menyambungkan kepada vendor atau penyedia terkait kekurangan oksigen tersebut.
 
Ia menambahkan untuk kebutuhan oksigen bagi pasien Covid pada hari ini saja hanya mampu bertahan untuk beberapa jam kedepan.
 
Beruntung, hari ini pihaknya kembali mendapatkan bantuan 100 tabung dari PT Pusri.
 
"PT Pusri sudah mendonasikan pada hari Minggu kemarin ada 80 tabung, di hari Senin kembali memberikan bantuan 25 tabung dan hari ini kita sedang mengambil kesana Insha Allah dapat donasi 100 tabung lagi," katanya.
 
Diketahui, tingkat keterisian tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 di RS Hermina Jakabaring masih tinggi. Dari 50 tempat tidur dan 4 ruang ICU khusus perawatan pasien Covid-19 tak pernah kosong.
 
"Sekarang kondisinya full terus gak pernah kosong, paling kosong itu sebentar kalau ada pasien pulang, atau sudah dinyatakan negatif dan dipindahkan ke ruang perawatanan non Covid atau pasiennya meninggal," pungkasnya.


Sumber:https://rri.co.id/palembang/daerah/1128225/kekurangan-stok-oksigen-rs-hermina-jakabaring-terima-ratusan-tabung-dari-pt-pusri?