HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Diburu ditengah pandemi, permintaan darah melonjak tajam

25 Agustus 2021
PALEMBANG,BS – Wakil Walikota Palembang juga sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Palembang Fitrianti Agustinda mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan PT. PUSRI ,Rabu (25/8/2021) di gedung Serba Guna setempat.
 
Diakui Fitri kegiatan donor darah ditengah pandemi ini, sangat dibutuhkan PMI, mengingat tingginya lonjakan permintaan darah sejak Covid 19 menyerang Maret 2020 tahun lalu.
 
“Satu bulannya permintaan darah mencapai 7 ribu kantong perbulannya,sejak pandemi,” tegas Fitri.
 
Permintaan ini meningkat tajam sebelum Covid 19 menyerang. “Sebelum Covid permintaan darah hanya mencapai 5 ribu kantong perbulan,” ungkapnya.
 
“Jadi kalau tidak dibantu atau kerjasama dengan banyak pihak, kita khawatir nantinya kita dapat mencukupi kebutuhan darah,” tambah Fitri.
 
Fitri mengkhawatirkan, permintaan stok darah akan terus melonjak, kebutuhan ini harus banyak diikuti bakti sosial pihak lain untuk melakukan aksi donor darah.
 
Meski begitu, Fitri masih meyaakini, stok darah yang ada masih mencukupi saat ini.
 
“Jadi Alhamdulillah saat ini stok darah kita masih terbilang cukup, karena kita ada pendonor-pendonor darah tetap, dan mereka rutin. Biasanya donor darah itu dilakukan 3 bulan sekali, tetapi sekarang 2 bulan sekali dan mereka secara rutin mendonorkan darahnya,” tungkasnya. (ira)


Sumber: http://beritasumatera.co.id/2021/08/25/diburu-ditengah-pandemi-permintaan-darah-melonjak-tajam/