Kabar Pusri

2021 PT Pusri Raih Banyak Prestasi Nasional dan Internasional

12 January 2022

EkbisNews.com, Palembang – Tahun 2021 menjadi tahun penuh tantangan bagi PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri). Di tengah tantangan tersebut anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil menorehkan sejumlah prestasi dari tingkat nasional sampai internasional.
 
Salah satu prestasi yang berhasil diraih PT Pusri di bawah kepemimpinan Direktur Utama Tri Wahyudi Saleh berhasil meraih penghargaan bergengsi tingkat internasional pada ajang IFA (International Fertilizer Award) yang berlangsung di Dubai pada 15-17 November 2021.
 
PT Pusri, perusahaan pupuk yang berpusat di Palembang tersebut berhasil meraih penghargaan pada IFA Strategic Forum 2021 yang mengusung tema Towards Sustainable Food Systems In Africa. Pusri berhasil meraih medali emas dan menjadi pendatang baru dalam Industry Stewardship Champions Recognition of the 2021.
 
Penghargaan tersebut diterima Direktur Operasi dan Produksi PT Pusri Palembang Filius Yuliandi mewakili Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh.
 
IFA (International Fertilizer Association) merupakan organisasi pupuk internasional menaungi industri dan perusahaan pupuk di seluruh dunia.
 
IFA adalah satu-satunya asosiasi pupuk global dan memiliki keanggotaan lebih dari 430 entitas, mencakup perusahaan di seluruh rantai nilai pupuk dari produsen melalui pedagang dan distributor dan penyedia layanan hingga penasihat, organisasi penelitian, dan LSM.
 
Di tingkat nasional perusahaan pupuk tertua di Indonesia berhasil mendapat penghargaan untuk kategori Industri Stewardship Champion Recognition 2021, Peringkat Emas SNI Award 2021, Proper Hijau, INDI 4.0 AWARD kategori Aggressive Digitalization, serta pencapaian gugus inovasi dengan perolehan Diamond, Platinum dan Gold.
 
Pada 2021 PT Pusri juga mendapat penghargaan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) atas Kepedulian Pusri terhadap Penyandang Permasalahan Kesejahteraan Sosial di Provinsi Sumsel dan atas sumbangsih Oksigen kepada masyarakat saat Pandemi Covid-19. Serta penghargaan dari Kepolisian Daerah Sumsel terkait dukungan dan kerjasama dalam percepatan Program Keroyok Vaksin di Provinsi Sumsel.
 
Di lingkungan internasl BUMN pupuk yang pada Desember 2021 berusia 62 tahun berhasil menyelesaikan proses digitalisasi yang telah berjalan di Pusri. Mulai dari Dashpro untuk perencanaan dan pengendalian produksi, Digital Fertilizer untuk operasional pabrik, serta Asset Performance Management (APM) untuk pengelola asset pabrik. Kedepan akan diintegrasikan sehingga proses produksi semakin efektif dan efisien.
 
Pusri juga berhasil memperkenalkan sebuah aplikasi baru dengan nama Tracking Online juga akan melengkapi proses digitalisasi proses distribusi pupuk. Tracking online merupakan sebuah program inovasi sistem antrian pupuk lini 1, yang dapat mempermudah untuk pemesanan dan pengangkutan pupuk, dan pengaturan antrian agar dapat lebih efektif dan optimal.
 
 
 
Capaian prestasi PT Pusri selama 2021 mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati. Sebagai warga Sumatera Selatan, ia mengaku bangga dengan capaian perusahaan plat merah yang berproduksi di Bumi Sriwijaya tersebut. “Jika kita lihat prestasi Pusri selama tahun 2021 ini sangat bagus, membanggakan,” katanya, Senin(10/1).
 
Politisi prempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPRD Sumsel meminta Pusri terus meningkatkan kinerjanya, sehingga hasilnya nantipun akan dapat dirasakan masyarakat tidak hanya Sumsel tapi juga nasional.
 
“Selama ini kepedulian Pusri kepada masyarakat Sumsel berjalan baik, melalui CSR memberikan perhatian kepada petani, sektor keagamaan, pendidikan dan lainnya,” kata anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar.
 
Anita Noeringhati menceritakan pengalaman yang beberapa kali menyaksikan langsung penyerahan CSR Pusri ke masyarakat, salah satunya bantuan Ambulan ke Pesantren Al Ittifaqiyah Indralaya oleh Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh. “Kita juga masih ingat saat kelangkaan oksigen puncak Covid tahun lalu, Pusri membagikan oksigen kepada masyarakat secara gratis bahkan didistribusikan ke provinsi tetangga,” ujarnya.
 
Sementara itu Direktur Utama Tri Wahyudi Saleh mengatakan, “Ke depan Pusri akan memaksimalkan pemanfaatan transformasi teknologi digital yang terintegrasi, khususnya di bidang produksi agar semakin memudahkan monitoring operasional pabrik. Dengan teknologi transformasi digital dapat meningkatkan komunikasi dan akses informasi antar karyawan khususnya di unit produksi, sehingga kinerja produksi dapat semakin meningkat.”
 
Pada tahun 2021, Pusri juga meluncurkan produk baru pupuk NPK Kopi dan NPK Singkong yang diformulasikan khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Selain itu Pusri melaksanakan optimalisasi salah satu aset yaitu dengan melakukan penetapan lokasi Kenten Agro Park & Edu (KAPE) yang terletak di Komplek Pusri Taman Kenten.
 
Melalui Departemen CSR beberapa program bantuan telah dilaksanakan diantaranya yaitu penyaluran bantuan oksigen liquid dan tabung secara gratis, penyaluran bantuan vaksin, bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 dan bantuan kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan lainnya.
 
Tri Wahyudi Saleh mendorong seluruh karyawan PT Pusri untuk terus meningkatkan pencapaian prestasi yang telah diraih selama 2021 dan dapat terus berlanjut serta semakin meningkat pada 2022 sehingga Pusri dapat terus berkontribusi mendukung pemerintah di bidang ketahanan pangan nasional dan selalu menerapkan semangat One Team, One Target, One Trillion.


Sumber : https://ekbisnews.com/2021-pt-pusri-raih-banyak-prestasi-nasional-dan-internasional/
 
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ