HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

TIM INOVASI PUSRI RAIH PRESTASI DALAM AJANG TKMPN DAN ICQCC 2021

19 Nopember 2021
picB9DADC01B2E34D091E9E751968E401CF.jpg
Palembang- PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mengukir prestasi yang sangat membanggakan di kancah Nasional. Sembilan tim inovasi dari Pusri yaitu SS Ganbarou, GKM Buncob, GKM Logic, GKM Modify, PKM Langit Biru, PKM Safety First, GKM IPD, GKM Dashprom, dan PKM Hartati telah berkompetisi pada ajang TKMPN ke-25 sejak tanggal 15 s.d 18 November 2021 secara online. TKMPN kali ini diikuti oleh 328 tim dan 1028 peserta.

Kesembilan tim yang mewakili Pusri merupakan tim inovasi terbaik yang telah memperoleh penghargaan Perusahaan pada ajang internal Pusri Innovation & Excellence Award (PIEA) ke-34 Tahun 2021.
Tim Inovasi Pusri berhasil mendapatkan penghargaan sebagai berikut
  • SS Ganbarou         : Predikat Diamond dan The Most Favorite Team
  • GKM Buncob       : Predikat Platinum
  • GKM Logic           : Predikat Platinum
  • GKM Modify       : Predikat Platinum dan The Most Favorite Team
  • PKM Langit Biru  : Predikat Platinum
  • PKM Safety First  : Predikat Platinum
  • GKM IPD            : Predikat Platinum
  • GKM Dashpro      : Predikat Platinum
  • PKM Hartati        : Predikat Gold dan The Most Favorite Team
Salah satu inovasi Perusahaan yang mendapatkan penghargaan Diamond adalah SS Ganbarou oleh Inovator atas nama Riyadi Fikri yaitu terkait Pembuatan Dynamics Simulator GA-101AB (Ammonia Feed Pump) untuk meningkatkan kompetensi operator dan mencegah un scheduled shutdown pabrik. Simulator ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk proses operasi selain pabrik ammonia seperti untuk pabrik urea serta diindustri Petrokimia PI Group, luar PI Group dan industry oil and gas. Adapun untuk 8 inovasi dari tim lainnya bertemakan perlindungan lingkungan, peningkatan safety, peningkatan proses bisnis dan efisiensi energi yang telah berbasis penerapan industry 4.0.
 
Tahun ini menjadi tahun yang sangat membanggakan bagi PT Pusri Palembang. Setelah penghargaan kompetisi inovasi Internasional di Australia dan penghargaan di ajang nasional TKMPN, selanjutnya tim inovasi Pusri kembali menorehkan prestasi pada ajang internasional. PKM APeM yang beranggotakan tujuh orang atas nama Tragedi Fajar A., Zainal Umari, Handika Pranajaya, Ahmed Sofan D., Dian Munawar, Genta Septiawan, dan Arif Cahyono mengikuti kompetisi International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) yang di selenggarakan oleh Indonesia Quality & Productivity Management Association (IQPMA) di Hyderabad, India secara online.
 
PKM APeM mengusung inovasi Application of Assets Performance Management PT Pusri Palembang dan berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi “PAR EXCELLENCE” dalam ajang tersebut. Sebagai informasi, ICQCC memberikat empat macam predikat kepada partisipannya dari yang tertinggi predikat ‘Par Excellence’, ‘Excellence’, ‘Distinguished’, dan ‘Meritorious’. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa inovasi-inovasi Pusri mampu
berkontribusi meningkatkan kinerja Perusahan menjadi lebih baik lagi.
 
Direktur Operasi & Produksi PT Pusri, Filius Yuliandi mengucapkan selamat atas pencapaian dalam menciptakan terobosan dan lompatan pengembangan teknologi demi peningkatan daya saing serta mendukung efisiensi dan diversifikasi di PT Pusri. “Jajaran Direksi PT Pusri Palembang mengucapkan selamat dan mengapresiasi inovator yang telah mencapai penghargaan nasional dan Internasional, teruslah berinovasi untuk Pusri Maju 2025,”ujar Filius.
 
 
***
 
Informasi lebih lanjut:
VP Humas
Soerjo Hartono