Kabar Pusri

WUJUDKAN GENERASI EMAS, DENGAN PUSRI CERDAS ACADEMY BATCH 3

02 June 2024

cover

PALEMBANG – Sebagai salah satu bentuk komitmen PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, melalui Departemen TJSL, Pusri kembali laksanakan Pusri Cerdas Akademi (PCA) yang tahun ini merupakan Batch ke-3.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang, serta dihadiri oleh Komisaris Independen PT Pupuk Indonesia (Persero), Mustoha Iskandar didampingi jajaran Dewan Komisaris PT Pupuk Indonesia (Persero), Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Sriwijaya, Rujito Agus Suwignyo, Dosen dari Perwakilan Universitas Penerima Beasiswa Cetak Generasi Emas (CERDAS)  dan Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana (APJS).

Mengusung Tema One Step Closer to Becoming an Enterpreneur, Pusri Cerdas Akademi merupakan kegiatan Seremonial Pemberian Beasiswa serta peningkatan soft skill dan hard skill bagi penerima Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana (APJS) dan Beasiswa Cerdas untuk warga lingkungan. Dalam kegiatan tersebut, Pusri tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan dengan skema charity namun juga memberikan knowledge dan skill bagi penerima beasiswa melalui kegiatan-kegiatan pelatihan atau seminar yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dalam agenda PCA tahun ini, dilaksanakan workshop tentang entrepreneurship dengan narasumber UMK binaan Pusri yaitu, Pempek Culinary Workshop, Donut Artistry Class, Jumputan Craft Workshop, Eco Print Craft Workshop.

“Tahun ini sedikit berbeda, karena kami mengundang mitra binaan Pusri sebagai narasumber pada kegiatan. Dengan tujuan agar dapat menambah skill peserta dengan mendengarkan materi dan praktik langsung bersama ahlinya”, ungkap VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dalam laporan kegiatan PCA Tahun 2024.

Sebanyak 76 (tujuh enam) mahasiswa penerima beasiswa merupakan warga lingkungan di sekitar perusahaan, yaitu yang meliputi Kelurahan 1 Ilir, Kelurahan 2 Ilir, Kelurahan 3 Ilir, Sungai Buah, Kelurahan Sungai Selayur, Kelurahan Sungai Selincah, Kelurahan Sungai Lais dan Kelurahan Kalidoni. Serta berasal dari Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas Bangka Belitung, Institut Teknologi Sumatera, Institut Pertanian Bogor dan STIQ Al – Lathifiyyah

Dengan total dana yang telah terealisasi untuk Beasiwa CERDAS pada semester genapl TA 2023 – 2024 mencapai Rp.369.000.000,- (tiga ratus enam puluh sembilan juta rupiah).

Sementara untuk 37 (tiga puluh tujuh) mahasiswa penerima beasiswa APJS yang berasal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada.Total dana yang telah terealisasi untuk APJS pada semester Genap TA 2023 – 2024 adalah sebesar Rp.186.650.000,- (seratus delapan puluh enam juta enam ratus lima puluh ribu rupiah).     

 

 

Saifullah Lasindrang mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan dana pendidikan ini merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan yang mendukung tercapainya SDGs khususnya pada Pilar Sosial TPB 4 yaitu Pendidikan Berkualitas.

“Melalui program PCA ini, kami tidak hanya membantu akses pendidikan bagi mahasiswa dan peningkatan skill mahasiswa, namun disisi lain diharapkan penerima beasiswa dapat turut membantu Pusri dalam mempromosikan program dan kegiatan Pusri, mengingat seluruh peserta PCA juga telah menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.”, ungkap Saifullah.

Ke depan PT Pusri Palembang akan selalu merancang program yang tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga bermanfaat bagi seluruh stakeholder dan masyarakat dan berguna di masa mendatang.

 

***

 

Palembang, 30 Mei 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ