Kabar Pusri

REALISASI LUAS LAHAN PROGRAM MAKMUR DARI PUSRI JAUH MELAMPAUI TARGET

29 September 2023

cover

Kabar BUMN - Dikutip dari situs resmi PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang, hingga tanggal 21 September 2023, realisasi luas lahan Program Makmur yang telah dilakukan Pusri mencapai 54.965,03 hektare dari target 30.500 hektare.

 

Program Makmur Pusri melibatkan petani hingga sejumlah 15.554 orang dari delapan provinsi berbeda dengan empat jenis komoditi, yakni singkong, jagung, kelapa sawit, dan kopi.

 

Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh menyampaikan, melalui Program Makmur, petani akan diberikan pupuk sesuai kebutuhan, mendapatkan kawalan teknologi budidaya dan pemupukan berimbang.

 

Berdasarkan realisasi, Program Makmur yang sudah berjalan dapat meningkatkan hasil produksi sampai 20-30 persen.

 

Menurut Tri, dengan adanya program Makmur sejauh ini banyak sekali benefit yang didapatkan petani, terutama dari segi peningkatan hasil produksi dengan kualitas yang juga ikut meningkat.

 

“Karena kami yakin dengan adanya kawalan langsung dari Pusri, produktivitas pasti akan meningkat,” ungkap Tri.

 

Petani juga akan dibantu dari sisi akses untuk permodalan melalui lembaga keuangan, serta perlindungan asuransi pertanian. Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas tentu dengan harga yang bersaing.

 

“Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas, serta offtaker yang nantinya akan menampung hasil panen para petani, Diharapkan petani juga mendapatkan harga jual yang bagus dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,” imbuh Tri.

 

Seperti diketahui, Program Makmur diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan tujuan utama memakmurkan petani, meningkatkan hasil panen dan pendapatan petani di Indonesia.

 

 

Program ini merupakan program pendampingan menyeluruh dari PT Pupuk Indonesia (Persero) kepada petani Indonesia.

 

Program Makmur secara simbolis diresmikan di area pesawahan Keboncau, Ciasem, kabupaten Subang pada Bulan Agustus 2021.

 

Dari sisi Pusri, untuk mendukung Program Makmur, Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh terus berupaya dalam pengembangan ekosistem Program Makmur.

 

Termasuk dengan memberikan pendampingan intensif kepada petani untuk budidaya pertanian berkelanjutan dengan melibatkan rantai pasok yang didukung teknologi berbasis Triple Bottom-Line 3P (People, Planet, Profit).***

 

Sumber : https://www.kabarbumn.com/trending/113028912/realisasi-luas-lahan-program-makmur-dari-pusri-jauh-melampaui-target

 

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ