Kabar Pusri

RAIH PROPER EMAS 2022, DIRUT TRI WAHYUDI: KERJA KERAS INSAN PUSRI PALEMBANG

30 December 2022

cover

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), berhasil raih penghargaan Anugerah Program Kinerja Penilaian Peringkat Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) EMAS Tahun 2022.

 

Penghargaan  diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin di Istana Negara kepada Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Kamis 29 Desember 2022.

 

Mengusung Tema “Recover Together, Recover Stronger”, sebanyak 51 (lima puluh6 satu) perusahaan berhasil meraih PROPER EMAS. PROPER merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bagi pelaku usaha dalam pengelolaan lingkungan hidup

 

Dalam sambutannya, KH. Ma’ruf Amin mengucapkan, Selamat kepada seluruh penerima anugerah PROPER EMAS, karena kinerja perusahaan penerima anugerah terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan.

 

 “Saudara2 menjadi inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain dalam mengelola lingkungan dengan program-program inovasi yang berkelanjutan”, terang KH. Ma’ruf Amin.

 

Pada Tahun 2022 ini terdapat perubahan dan pengembangan dalam variable penilaian yaitu berkembang menjadi kerangka green leadership sebagai kebijakan green industry.

 

Adapun kriteria pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dalam Proper meliputi sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, efisiensi air, penurunan dan pemanfaatan limbah B3, pengelolaan 3R sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, pengembangan masyarakat, penerapan Life Cycle Assessment serta Social Return of Invesment.

 

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya dalam laporannya menyampaikan bahwa terdapat 51 perusahaan dengan penilaian PROPER peringkat Emas, 170 perusahaan peringkat Hijau, 2.031 perusahaan peringkat Biru, 887 perusahaan peringkat Merah, 2 perusahaan peringkat Hitam, serta 59 perusahaan tidak dapat diumumkan karena sedang berproses di Ditjen Gakkum KLHK dan tidak lagi beroperasi.

 

Penilaian dilakukan oleh Dewan Pertimbangan PROPER yang imparsial, independen, dan beranggotakan dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat.

 

Adapun variabel penilaian terus berkembang dari waktu ke waktu yang ditetapkan dan disusun secara konseptual

 

Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, Siti Nurbaya  mengatakan semakin banyak perusahaan yang menjadi agen dan melibatkan pemangku kepentingan dan membantu mengurangi jejak dampak lingkungan.

 

Tri Wahyudi Saleh menyampaikan terimakasih atas kerja keras seluruh Insan Pusri yang bersama-sama memberikan yang terbaik agar Pusri mendapatkan PROPER EMAS.

 

“Alhamdulillah PROPER EMAS ini merupakan harapan kita semua, melalui Program Sehat Sejahtera (SESERA) Pusri berhasil raih PROPER EMAS. Saya sangat mengapresiasi atas prestasi Insan Pusri. Kerja yang luar biasa dari kita semua berbuah manis dan sangat membanggakan," terang Tri. 

 

“Kami akan selalu berupaya dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Melalui pengembangan serta program-program yang ditujukan untuk masyarakat lingkungan. Serta kami akan terus meningkatkan inovasi dan kinerja lingkungan perusahaan, agar dapat mempertahankan PROPER EMAS,"  tutup Tri. (*)

 

Sumber : https://sumeks.disway.id/read/651813/raih-proper-emas-2022-dirut-tri-wahyudi-kerja-keras-insan-pusri-palembang/15

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ