Kabar Pusri

PUSRI TAMPILKAN MITRA BINAAN JUMPUTAN, LARIS MANIS DI PALEMBANG EXPO 2023

20 June 2023

cover

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Departemen TJSL PT Pusri Palembang menampilkan mitra binaannya pengerajin tenun dan jumputan di acara Pameran Palembang Expo Tahun 2023.

 

Mitra binaan pengerajin tenun dan jumputan Departemen TJSL PT Pusri Palembang tampil dalam rangka HUT Kota Palembang.

 

Acara Pameran Palembang Expo Tahun 2023 yang diikuti Departemen TJSL PT Pusri Palembang bersama mitra binaan pengerajin tenun dan jumputan berlangsung selama tiga hari, 15 hingga 18 Juni 2023.

 

Adapun lokasi Pameran Palembang Expo Tahun 2023 yang diikuti Departemen TJSL PT Pusri Palembang bersama mitra binaan pengerajin tenun dan jumputan di Lapangan Depan Dinas Walikota Palembang, Kambang Iwak

 

Dipilihnya mitra binaan tenun dan jumputan dari Departemen TJSL PT Pusri Palembang karena salah satu kerajinan khas Sumatera Selatan. Selain itu, kain tenun dan jumputan memiliki peminat dan daya tarik sendiri.

 

Penampilan mitra binaan pengerajin tenun dan jumputan dari Departemen TJSL sebagai salah satu bentuk dukungan PT Pusri Palembang dalam melestarikan kebudayaan lokal.

 

Apalagi warna-warni kain jumputan dengan beragam motif yang sangat indah ciri khas dari kain jumputan, digunakan dalam berbagai macam kegiatan baik formal maupun non formal.

 

Dan, motif tenun dan jumputan kini lebih fleksibel penggunaannya, dibentuk sesuai dengan kebutuhan, seperti baju, dress, kemeja, rok dan lain-lain.

 

Penampilan tenun dan jumputan inilah menjadi keunggulan bagi mitra binaan pengerajin tenun dan jumputan dari Departemen TJSL PT Pusri Palembang dalam meramaikan Pameran Palembang Expo Tahun 2023.

 

Mitra binaan Pusri yang berpartisipasi pada pameran Palembang Expo Tahun 2023 dan menampilkan keindahan jumputan adalah KC Haris Jaya Tenun dan Jumputan.

 

Habibi selaku pemilik KC Haris Jaya Tenun dan Jumputan menyampaikan bahwa dirinya sangat senang bisa turut meramaikan pameran ini.

 

“Pada kesempatan yang baik ini, kami bisa mempromosikan langsung kain jumputan pada pengunjung pameran yang hadir,”kata Habibi.

 

Selain itu, Habibi melalui KC Haris Jaya Tenun dan Jumputan, di pameran Palembang Expo Tahun 2023 mengedukasi motif-motif jumputan.

 

Motif yang bisanya diburu oleh pencinta kain etnik Palembang, di pameran Palembang Expo Tahun 2023 yakni sebagian besar motif setengah polos, Jumputan.

 

Bahkan motif klasik Titik Tujuh yang menggunakan bahan pewarna alami biasanya diburu pencinta kain etnik Palembang.

 

Dalam pembuatannya, pewarna kain jumputan menggunakan pewarna alami dari daun-daunan, kulit jengkol dan juga buah gambir.

 

Harga yang ditawarkan untuk  kain jumputan di pameran Palembang Expo Tahun 2023 mulai dari Rp 100 riby hingga Rp 500 ribu untuk kain sepanjang 3 meter.

 

Sedangkan untuk jenis kain tenun Palembang di pameran Palembang Expo Tahun 2023 berkisar antara Rp 2-3 juta per meternya.

 

Untuk baju jadi di pameran Palembang Expo Tahun 2023 yang siap pakai ditawarkan dengan harga yang cukup beragam yaitu dari 180.000 sampai 500.000 per pakaian.

 

Salah satu pengunjung, Aura mengungkapkan dirinya sangat senang menghadiri pameran tahunan yang diselenggarakan pemerintah.

 

 

Karena selain dapat melihat dan membeli pakaian maupun makanan khas Sumatera Selatan, juga dapat menambah ilmu tentang kebudayaan Sumsel.

 

Selain jumputan, mitra binaan Pusri yang turut berpartisipasi yaitu pempek yang merupakan makanan khas Palembang.

 

Animo masyarakat Palembang cukup tinggi untuk menghadiri pameran (pameran Palembang Expo Tahun 2023) dalam rangka HUT ke-1.340 Kota Palembang.

 

“Stand Pusri merupakan salah satu stand yang banyak dikunjungi masyarakat,”kata VP Humas Pusri, Rustam Effendi.

 

Selain menampilkan mitra binaannya melalui Departemen TJSL, PT Pusri Palembang juga menghadirkan kegiatan menarik lainnya kepada para pengunjung selama pameran Palembang Expo Tahun 2023.

 

“Karena kami juga menampilkan hiburan berupa doorprize untuk pengunjung,”ungkap Rustam Effendi.

 

Selama pameran Palembang Expo Tahun 2023, produk mitra binaan tenun dan jumputan Departemen TJSL PT Pusri Palembang laris manis dibeli oleh pengunjung pameran Palembang Expo Tahun 2023.

 

“Minat pengunjung pameran cukup tinggi untuk membeli jumputan yang ditampilkan di stand Pusri,” ujar Rustam Effendi.

 

Sumber : https://radarpalembang.disway.id/read/641484/pusri-tampilkan-mitra-binaan-jumputan-laris-manis-di-palembang-expo-2023/30

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ