Kabar Pusri

PUSRI HADIR UNTUK INDONESIA, COLLABORATE TO GAIN MORE

24 December 2023

cover

PALEMBANG – Selama 64 tahun, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan Visi Menjadi Perusahaan Unggul di Asia senantiasa berkomitmen dalam mendukung program pemerintah khususnya mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Sejalan dengan Tema HUT Pusri yaitu “Collaborate, to 64in More”, pada peringatan HUT ke-64 tahun ini Pusri terus melaksanakan kolaborasi bersama mitra dan stakeholders seluruh pihak terkait dan serta Insan Pusri dengan mengedepankan transformasi bisnis secara berkelanjutan dan optimalisasi aset di seluruh pelosok negeri.

Pusri juga terus mengambil peran strategis dalam penyediaan pupuk berkualitas dan menujang peningkatan pertanian di Indonesia, guna mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan berbagai tantangan yang ada, dengan kolaborasi dan kerja keras Pusri mampu melewati dengan baik.

Sederet capaian prestasi yang berhasil diraih pada tahun ini dibuktikan dengan kembali diraihnya PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Serta pencapaian peningkatan kinerja penilaian unggul perusahaan melalui assessment IQAF berbasis Malcom Balridge Framework dengan skor 694 predikat band Industry Leader.

Penyaluran pupuk subsidi berhasil terlaksana dengan baik dengan capaian penyaluran pupuk subsidi Tahun 2023 yaitu sebesar 87% serta capaian penjualan pupuk sektor komersil yaitu amoniak sebesar 130% dari RKAP.

“Alhamdulillah selama 64 tahun Pusri dengan dukungan dari seluruh mitra strategis, distributor, kolaborator, pengecer dan konsumen serta stakeholders lainnya, Alhamdulillah kami berhasil menorehkan kinerja yang optimal dan prestasi yang membanggakan”, terang Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob.

Kinerja terbaik berikutnya diwujudkan melalui inovasi Insan Pusri sepanjang Tahun 2023 yang mampu menimbulkan potensi penghematan mencapai 1,11 Triliun. Pusri juga berhasil cetak prestasi dalam ajang TKMPN yaitu tujuh tim inovator terbaik Pusri berhasil mengukir prestasi hingga tingkat internasional yang berdampak pada finansial dan operasional secara luar biasa bagi perusahaan serta menjadi role model bagi industri pupuk lainnya.

“Beberapa penghargaan lain yang berhasil kami raih yaitu predikat tertinggi World Class pada Global Performance Excellence Award (GPEA) 2023, Pedikat Gold SNI Award 2023, Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) Tahun 2023, Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2023 dan sederet penghargaan lainnya yaitu 10 penghargaan tingkat internasional dan 15 penghargaan tingkat nasional yang berhasil diraih berkat kerja keras dan kolaborasi dari Insan Pusri”, tambah Daconi.

Kontribusi Pusri untuk masyarakat dan lingkungan juga dituangkan melalui Program-Program TJSL Pusri yang unggul dan berkelanjutan. Beberapa program yang telah dilaksanakan Pusri pada tahun ini diantaranya, kegiatan pemberdayaan masyarakat, gotong royong, beasiswa, pengobatan gratis, Program MUSIC (Millennials Usahawan Indonesia Competition), Program SESERA (Sehat Sejahtera) Pulau Kemaro, PROKLIM (Program Kampung Iklim), rumah difabel dan program-program lainnya yang terus dilaksanakan untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa tantangan yang dihadapi Pusri pada Tahun 2024 seperti rencana perubahan kebijakan pupuk subsidi dari pemerintah, menegaskan bahwa persaingan di pasar komersil menjadi semakin terbuka.

“Kami akan berupaya mengubah tantangan menjadi peluang, dengan terus melaksanakan inovasi khususnya pada produk dan memanfaatkan teknologi modern dan Internet of Things (IoT), menggunakan drone agar menuju pertanian yang lebih modern”, jelas Daconi.

Semangat “Collaborate to 64in More” juga akan senantiasa digaungkan salah satunya dengan telah dimulainya pembangunan Pusri III-B. Hal ini menjadi milestone baru bagi Pusri guna mendukung terpenuhinya kebutuhan pupuk di tanah air melalui pembangunan Pabrik Pusri III-B.

Guna mewujudkan tercapainya kinerja perusahaan yang lebih baik dengan menghadirkan produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi tanaman. Disampaikan Daconi bahwa Insan Pusri akan terus melakukan adaptasi dan transformasi guna mewujudkan Pusri Maju 2025 serta tercapainya kemandirian pangan dan kemakmuran negeri”, tutup Tri.

 

***

 

Palembang, 24 Desember 2023

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]

 

 

 

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ