Kabar Pusri

PROGRAM MAKMUR PUSRI BANTU PETANI TINGKATKAN PRODUKTIVITAS KOMODITAS PERTANIAN

26 September 2023

cover

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Pusri Palembang mendukung Program Makmur yang diinisiasi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Diketahui, Program Makmur secara simbolis diresmikan di area pesawahan Keboncau, Ciasem, kabupaten Subang pada Bulan Agustus 2021.

 

Program Makmur merupakan sebuah program pendampingan menyeluruh dari PT Pupuk Indonesia (Persero) kepada petani Indonesia. Tujuan utama Program Makmur yaitu dapat memakmurkan petani, meningkatkan hasil panen dan pendapatan petani di Indonesia.

 

Melalui Program Makmur yang diinisiasi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, petani yang terlibat diberikan pendampingan intensif mengenai budidaya tanaman.

 

Selain itu, dalam Program Makmur termasuk aplikasi teknologi pertanian mutakhir, akses permodalan. Dan offtake hasil panen yang dilakukan oleh stakeholder diharapkan dapat membantu petani mencapai hasil yang optimal serta meningkatkan kesejahteraan petani.

 

Langkah PT Pusri Palembang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan agroindustri yang unggul di Asia.

 

Guna mendukung Program Makmur, Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh terus berupaya dalam pengembangan ekosistem Program Makmur. PT Pusri Palembang memberikan pendampingan intensif kepada petani untuk budidaya pertanian berkelanjutan.

 

Budidaya pertanian berkelanjutan dengan melibatkan rantai pasok yang didukung teknologi berbasis Triple Bottom-Line 3P (People, Planet, Profit). Adapun tujuan akhir Program Makmur yang dijalankan PT Pusri Palembang untuk memakmurkan Petani Indonesia.

 

Adapun 4 manfaat yang bisa didapatkan petani melalui Program Makmur dari PT Pusri Palembang.

 

Manfaat Program Makmur dari PT Pusri Palembang diantaranya, kenaikan produktivitas pertanian, kenaikan keuntungan petani, adopsi praktek pertanian unggul dan mendorong penggunaan pupuk non subsidi.

 

Realisasi Luas Lahan Program Makmur yang telah dilakukan PT Pusri Palembang yaitu sebesar 54.965,03 Ha dari target 30.500 Ha.

 

Adapun melalui Program Makmur dari PT Pusri Palembang dengan jumlah petani sebanyak 15.554 orang.

 

Data Program Makmur dari PT Pusri Palembang tersebut terdiri dari 4 komoditi, dengan rincian sebaran luasan dan komoditas hingga 21 September 2023.

 

“Melalui Program Makmur, petani akan diberikan pupuk sesuai kebutuhan,”kata Tri Wahyudi Saleh.

 

Selain itu, sambung Tri Wahyudi Saleh, petani melalui Program Makmur mendapatkan kawalan teknologi budidaya dan pemupukan berimbang.

 

“Sehingga berdasarkan realisasi Program Makmur yang sudah berjalan dapat meningkatkan hasil produksi sampai 20 sampai dengan 30 persen,”ungkap Tri Wahyudi Saleh.

 

Dengan adanya Program Makmur, tentunya sejauh ini banyak sekali benefit yang didapatkan petani, terutama dari segi peningkatan hasil produksi dengan kualitas yang juga ikut meningkat.

 

“Karena kami (PT Pusri Palembang) yakin dengan adanya kawalan langsung dari Pusri, produktivitas pasti akan meningkat”, ungkap Tri Wahyudi Saleh.

 

Petani juga dalam Program Makmur dari PT Pusri Palembang akan dibantu dari sisi akses untuk permodalan melalui lembaga keuangan, serta perlindungan asuransi pertanian.

 

Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas tentu dengan harga yang bersaing.

 

“Petani juga akan diberikan akses untuk permodalan serta perlindungan asuransi pertanian,”kata Tri Wahyudi Saleh.

 

Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas, serta offtaker yang nantinya akan menampung hasil panen para petani.

 

“Diharapkan petani juga mendapatkan harga jual yang bagus dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,”ujar Tri Wahyudi Saleh.

 

Sumber : https://radarpalembang.disway.id/read/644179/program-makmur-pusri-bantu-petani-tingkatkan-produktivitas-komoditas-pertanian

 

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ