Kabar Pusri

PETANI LAMPUNG, SAMBANGI PUSAT PRODUKSI PUSRI

16 September 2022

cover

PALEMBANG – Sebagai salah satu upaya meningkatkan  silaturahmi dan layanan ekselen kepada stakeholders, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) mengadakan kegiatan Plant Visit Petani Lampung ke pusat produksi PT Pusri Palembang (15/09).

 

Hadir pada acara ini Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh didampingi jajaran manejemen Pusri lainnya, serta 40 (empat puluh) orang petani dari Provinsi Lampung, seperti petani padi, petani jagung, petani singkong dan petani sayuran. Provinsi Lampung merupakan salah satu wilayah rayon tanggung jawab Pusri dalam memasarkan pupuk Urea dan NPK bersubsidi. Disamping wilayah tanggung jawab Pusri untuk pupuk urea lainnya, seperti Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Bali.

 

Pada acara ini juga dilaksanakan sharing knowledge tentang proses produksi pupuk Urea dan NPK, kawalan teknologi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian serta layanan customer care yang bisa membantu petani dalam mencari solusi terkait pemupukan. Petani juga mendapat informasi terkait formula pupuk NPK Pusri yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas petani. Seluruh materi tersebut sangat penting untuk diketahui para petani yang merupakan pengguna produk-produk Pusri.

 

Di hari kedua petani, menjalankan sesi refreshing sekaligus pembekalan dalam kegiatan Team Building. Kegiatan ini bertujuan agar petani semakin bertambah kekompakan dan semangat dalam kelompok taninya masing-masing, sehingga diharapkan semakin termotivasi dalam bertani dan mampu meningkatkan produktivitas hasil tani.

 

Dalam kesempatan ini petani dapat melihat langsung bagaimana pabrik pusri dan proses pembuatan pupuk NPK khususnya dengan site visit langsung ke Pabrik NPK II. Melalui kegiatan ini diharapkan petani mendapatkan pemahaman bagaimana proses pembuatan pupuk NPK fusion dilakukan sejak awal berbentuk bahan baku hingga tahap akhir berupa butiran pupuk. Aktivitas ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan petani untuk percaya dan selalu menggunakan produk Pusri.

 

Disampaikan Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh bahwa Pusri selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas, dengan tujuan agar meningkatkan produktivitas petani. Tri juga menyampaikan bahwa saat ini telah diberlakukan Single Responsibility yaitu Sentralisasi Bidang Pemasaran Komersil dan Distribusi Seluruh anak perusahaan PI Grup. “Dengan adanya kebijakan ini, kami yakin proses penyaluran pupuk dapat berjalan lebih efektif dan efisien karena tenaga pemasaran dapat fokus mengelola semua produk di wilayah kerjanya masing-masing”, terang Tri.

 

Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen, Pusri melalui Program Makmur akan senantiasa mendampingi petani dengan kawalan teknologi budidaya dan pemupukan berimbang sehingga berdasarkan realisasi Program Makmur yang sudah berjalan sebelumnya, dapat meningkatkan hasil produksi hingga 20-30% sehingga petani sejahtera dengan hasil pertanian yang semakin baik.

 

Petani juga akan diberikan akses untuk permodalan serta perlindungan asuransi pertanian. Dengan hasil produksi yang meningkat dan berkualitas, serta offtaker  yang nantinya akan menampung hasil panen para petani. Diharapkan petani juga mendapatkan harga jual yang bagus dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

Terkait stok di Provinsi Lampung untuk urea bersubsidi yaitu sebesar 19.518 ton dan NPK bersubsidi sebesar 29.625 ton dengan realisasinya hingga 13 September 2022 sebesar 7.612 ton untuk urea bersubsidi dan 4.061 ton untuk NPK bersubsidi.

 

***

 

Palembang, 15 September 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ