Kabar Pusri

INOVASI PUSRI BERPOTENSI HASILKAN PENGHEMATAN SEBESAR 1 TRILIUN

04 August 2023

cover

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Insan Pusri kembali berkompetisi melalui ajang SRINOVA (Pusri Innovation Awards), yang mengusung Tema Innovate Together & Transform to The Next Level.

 

Bertempat di Gedung Serba Guna Komplek Pusri, sebelumnya telah dilaksanakan serangkaian tahapan seleksi.

 

Diawali tahap Space Exploration, sebanyak 940 gagasan dari inovator telah dikirimkan kepada tim, dengan rincian 796 inovasi dan 144 ide.

 

Selanjutnya dari total tersebut pada tahap Space Exploration sekitar lebih dari 300 inovasi terpilih, mendapatkan kesempatan untuk presentasi langsung di Depan Dewan Juri pada 17-20 Juli 2023, hingga didapatkan 20 inovasi yang mengikuti Battle of the Stars di (03/08/2023).

 

Seluruh finalis yang mengikuti Battle of the Stars menampilkan inovasi dan melaksanakan presentasi yang dinilai langsung oleh Direksi Pusri serta juri lainnya yaitu Dewan Komisaris, SVP, Juri Eksternal dari BRIN dan Juri Internal.

 

Untuk selanjutnya pada tahapan akhir, yaitu Awarding Night dilaksanakan pengumuman pemenang dari berbagai kategori.

 

Pertama, kategori Pusri Performance, kedua kategori Pusri Value dan Ketiga Kategori Pusri Responsible serta The Next Pusri Grand Champion SRINOVA 2023.

 

Disampaikan Ketua Panitia Srinova, SVP Transformasi Bisnis Pusri, Agus Waluyo bahwa untuk mendorong budaya inovasi Perusahaan, melalui Departemen Sisman & Inovasi telah dilaksanakan beberapa program untuk karyawan.

 

“Beberapa program yang kami laksanakan diantaranya, pelatihan terkait inovasi berupa Innovation Mobile Clinic (IONIC), sharing knowledge dan Virtual Innovation Assistance (VIA)”, terang Agus.

 

Inovasi-inovasi yang ditampilkan pada Battle of Stars, tidak hanya didominasi oleh kegiatan-kegiatan operasional pabrik yang bersifat rutin, namun cukup beragam seperti inovasi di bidang pelestarian lingkungan, inovasi di bidang digital atau digitalisasi produk, distribusi pupuk serta sejumlah inovasi lainnya.

 

Dilaporkan Agus Waluyo bahwa total biaya inovasi (unaudited) tahun 2023 yaitu sebesar 133 Miliar, dengan total realisasi penghematan (unaudited) sebesar 361 Miliar serta total potensi penghematan mencapai 1,11 Triliun.

 

Hal ini tentu menjadi bukti bahwa inovasi yang dijalankan oleh Insan Pusri mampu membawa Perusahaan untuk terus tumbuh dan maju.

 

Hadir pada acara awarding night, jajaran Direksi PT Pusri Palembang, Komisaris Pusri, Bambang Supriyambodo dan KH Amiruddin Nahrawi, Juri Eksternal dari BRIN Jakarta, Arwanto, jajaran SVP dan VP serta para innovator dari Pusri.

 

Pada awarding night SRINOVA 2023 diputuskan sebagai The Next Pusri Grand Champion SRINOVA 2023 yaitu dari PKM Pusri DEF dengan inovasi yaitu Produk Aqueous Urea Solution atau Diesel Exhaust Fluid sebagai turunan urea.

 

Direksi Pusri sangat mengapresiasi seluruh peserta inovasi, hal ini ditunjukkan dengan diberikannya berbagai macam hadiah serta apresiasi untuk para inovator Pusri.

 

“Kami sangat mengapresiasi atas inovasi-inovasi yang diberikan Insan Pusri untuk kemajuan Pusri dan setiap

tahunnya terus meningkat dan berkualitas. Tentunya kami berharap inovasi dari insan Pusri dapat mengukir prestasi juga di kancah nasional bahkan internasional,” terang Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh.

 

Pada tahun ini juga diresmikan program Inkubasi inovasi yang diharapkan dapat memberikan support dan pendanaan bagi inovasi yang masih dalam bentuk prototype agar siap dipasarkan ke industry.

 

 

Tri juga menambahkan agar setiap tahunnya jumlah innovator di Pusri semakin bertambah dengan inovasi yang dihasilkan juga out of the box serta memberikan value added bagi Perusahaan.

 

“Kami yakin dengan kerja keras kita bersama, serta melalui inovasi dari insan Pusri, kita pasti bisa menghadapi apapun tantangan yang akan terjadi kedepannya. Untuk itu ayo terus berinovasi dan berkolaborasi agar Pusri semakin unggul,” terang Tri.

 

Dalam waktu dekat pemenang inovasi pada SRINOVA 2023 ini juga akan kembali berkompetisi pada ajang konvensi nasional PIQI 2023, TKMPN 2023 serta konvensi internasional IQPC dan ICQCC 2023.

 

“Semoga inovasi Pusri kembali mengukir prestasi pada ajang konvensi inovasi mendatang, selamat dan sukses untuk seluruh innovator Pusri,” tutup Tri.

 

Sumber : https://palembang.tribunnews.com/2023/08/04/inovasi-pusri-berpotensi-hasilkan-penghematan-sebesar-1-triliun?page=2.

 

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ