HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Tahun 2022 Siap Bangun Pabrik Baru, Dirut PT Pusri: Kita Dukung Program Agrosolution

28 Mei 2021
Sumsel24.com Palembang – Pabrik lama sudah berusia puluhan tahun, PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang akan membangunkan pabrik baru di tahun 2022. Hal itu disebut merupakan salah satu upaya mendukung program agrosolution.
 
Agrosolution sendiri diketahui, program yang langsung menyentuh parah petani, mereka yang terlibat akan diberikan pendampingan intensif mengenai budidaya tanaman, aplikasi teknologi pertanian mutakhir, akses permodalan dan offtake hasil panen yang dilakukan oleh stakeholder.
 
Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh, mengatakan ini merupakan salah satu upaya mendorong program dan ketahanan pangan, pihaknya akan membangun pabrik baru di Palembang sebagai pengganti pabrik lama Pusri sudah berusia 47 tahun.
 
“Pabrik lama ini dinilai sudah tidak efisien sehingga harus ada revitalisasi pabrik yang lebih ramah lingkungan dan dapat menghemat energi. Pabrik baru ini akan dibangun awal Januari 2022 nanti,” ujarnya usai menemani Menteri Pertanian RI meninjau stok pupuk di PT. Pusri, Palembang, Jumat (28/5/2021).3
 
Menurutnya, semakin baik produksi pupuk dan serangkaian program yang dilakukan untuk ketahanan pangan, hal ini diharapkan dapat membantu petani mencapai hasil yang optimal serta meningkatkan kesejahteraan petani.
 
“Sebagai bentuk keseriusan dan meningkatkan keberhasilan program agrosolution, Pusri kembali melaksanakan perjanjian kerja sama dengan TNI AD melalui Puskopad Kodam II Sriwijaya dengan membentuk Program Agrosolution Bela Negeri, yang sebelumnya MoU tersebut telah ditandatangani oleh Menteri Pertanian akhir tahun lalu,” ucapnya.
 
Program ini untuk membentuk suatu sistem yang terintegrasi melalui cara menggabung konsep agrosolution dengan fungsi ekonomi dan fungsi teritorial yang dimiliki oleh TNI AD yang sangat bermanfaat dalam bidang pertanian.
 
“Hal ini, tentu untuk meningkatkan kapasitas di bidang pertanian, pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian, serta pendampingan penerapan inovasi teknologi pertanian,” imbuhnya.
 
Hingga saat ini, sambungnya, program ini telah dilaksanakan pada 10 titik demplot atau demonstrasi plot yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Selatan, dengan luas binaan sebesar 2.357 hektare dari total keseluruhan sebesar 4.156 hektare. Serta diaplikasikan pada komoditas padi, jagung dan sawit.
 
“Kita siap berkolaborasi dan mendukung peningkatan potensi pertanian di Sumsel agar makin berkembang. Kami berharap kedepannya Program Agrosolution ini dapat diperluas di seluruh wilayah Indonesia, guna mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional,” tutup Tri (prm).


Sumber:https://sumsel24.com/tahun-2022-siap-bangun-pabrik-baru-dirut-pt-pusri-kita-dukung-program-agrosolution/