HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Sumsel Target 3 Besar Penghasil Besar Nasional, Ini Tanggapan BUMN Pupuk

25 Desember 2020
PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru menargetkan provinsi ini menjadi tiga besar penghasil beras nasional. Untuk itu, Herman Deru berharap dukungan dari PT Pupuk Sriwijaya untuk menjamin ketersediaan pupuk sampai pendampingan terhadap petani. Saat ini, berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, Sumsel berada di urutan ke empat masih kalah dengan provinsi di Pulau Jawa. “Dengan perbaikan data dan SDM, kami yakin bisa segera masuk tiga besar nasional,” ujarnya dalam sebuah kegiatan dalam rangka HUT ke-61 Pusri di Palembang, Kamis (24/12/2020).
 
Target Sumsel mendapat dukungan dari PT Pupuk Sriwijaya yang akan merevitalisasi beberapa pabrik dan membuat komunitas pendamping petani.

Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi saleh mengemukakan komitmen untuk mensuport sektor pertanian dengan transformasi membentuk komunitas pendamping petani. “Komunitas yang membantu petani baik hulu sampai hilir. Bagaimana pemberian pupuk yang baik dan tepat waktu serta tidak bergantung dengan pupuk subsidi. Adapun wilayah yang menjadi fokus yakni Kabupaten Banyuasin,” ujarnya. PT Pusri juga berkeinginan merevitalisasi pabrik yang tidak efisien dan mengatasi persoalan pendangkalan Sungai Musi. “Pusri bersama Pemprov Sumsel berkoordinasi dengan kementrian pekerjaan umum dan kementrian perhubungan untuk mengatasi pendangkalan Sungai Musi, karena menghambat ekspor pupuk,” katanya.