HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Strategic Workshop PT Pupuk Sriwijaya

22 Juli 2019

PT Pupuk Sriwijaya adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan yang sejak tahun 2012 telah  mempercayakan program pembentukan budaya mereka kepada ACT Consulting. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1959 ini berpusat di Palembang, Indonesia. Dalam keterangan dari Bloomberg Research Stocks, Perusahaan ini bergerak dalam produksi dan distribusi Ammonia dan Urea untuk petani di Indonesia.

PT Pupuk Sriwijaya merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia, yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran pupuk. Pada tahun 1997, Pusri ditunjuk sebagai perusahaan induk membawahi empat BUMN yang bergerak di bidang industri pupuk dan petrokimia, yaitu PT Petrokimia Gresik di Gresik, Jawa Timur; PT Pupuk Kujang di Cikampek, Jawa Barat; PT Pupuk Kaltim di Bontang, Kalimantan Timur; dan PT Pupuk Iskandar Muda di Lhokseumawe, Aceh; serta BUMN yang bergerak di bidang engineering, procurement & construction (EPC), yaitu PT Rekayasa Industri (berkantor pusat di Jakarta). Pada tahun 1998, anak perusahaan Pusri bertambah satu BUMN lagi, yaitu PT Mega Eltra di Jakarta yang bergerak di bidang perdagangan.

Dengan makin berkembangnya peran Pusri ini, perusahaan memiliki tambahan amanah untuk melakukan koordinasi strategis yang membutuhkan kalibrasi berbagai kebijakan organisasi dengan matang. Untuk itu, selama lebih dari tujuh tahun PT Pupuk Sriwijaya telah mempercayakan program perencanaan strategi perbaikan budaya perusahaan mereka kepada ACT Consulting. Sebelumnya, pada tahun 2012 PT Pupuk Sriwijaya telah melakukan penyusunan Misi, Visi dan Values serta Meaning di dalam organisasi mereka (MVVM) dengan mengambil keseluruhan program transformasi budaya organisasi.

Setelah lebih dari 7 tahun program Transformasi Organisasi telah bergulir di Pusri, tahun ini PT Pupuk Sriwijaya melakukan redefining organization objectives dengan merumuskan kembali Mission Vision Values serta Meaning di dalam Organisasi. Dengan tujuan untuk memperkuat organisasi serta melakukan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia di dalam organisasi dengan melakukan penguatan budaya perusahaan.

PT Pupuk Sriwijaya pada tahun ini kembali melanjutkan program transformasi budaya perusahaan yang telah berjalan dengan berbagai metode terbaru yang dikembangkan oleh ACT Consulting. Untuk itu pada tanggal 17-18 Juli 2019, Board of Director serta Top Leaders dari sekian banyak perusahaan yang berada dalam kendali PT Pupuk Sriwijaya ini melakukan Strategic Workshop yang terus berjalan dengan penuh fokus dan motivasi tinggi hingga diatas pukul 21.00 wib.

Dalam Strategic Workshop para pimpinan perusahaan melakukan perumusan Mission Vision Values serta Meaning dari perusahaan dengan berangkat dari data-data empiris yang didapatkan dari hasil survey budaya yang telah dilakukan melalui perangkat informasi online yang mengukur indeks kesehatan budaya organisasi (OCHI). Hasil dari survey Organization Culture Health Index (OCHI) ini dipresentasikan kepada seluruh pimpinan di dalam organisasi sebagai landasan sebelum penyusunan values perusahaan dilakukan. 

Strategic Workshop di hari pertama kemudian ditutup dengan signing commitment yang ditandatangani oleh Board of Director dengan iringan lagu gending sriwijaya yang mengalun. Di hari kedua turut hadir eselon 3 dan 4 serta perwakilan Gen Y (millennial) yang nantinya akan berperan sebagai pemegang tongkat estafet masa depan di PT Pupuk Sriwijaya, untuk turut merumuskan Definisi Values serta Do’s dan Don’t’s di dalam organisasi. Tidak kurang dari 300 orang yang turut terlibat dalam perumusan ini.

Strategic Workshop ini dipimpin langsung oleh salah satu Director dan Organization Development Expert dari ACT Consulting, yaitu Coach Rinaldi Agusyana. Dengan Konsultan Utama Ariningtyas Prameswari serta sejumlah konsultan junior.

 

https://actconsulting.co/strategic-workshop-pt-pupuk-sriwijaya-di-juli-2019/