HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Sinergi KBUMN dan DPR RI, Salurkan 5.000 Paket Sembako Bagi Masyarakat Sumsel

15 Mei 2020
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi COVID-19, Kementerian BUMN (KBUMN) dan DPR RI komisi VI menyalurkan bantuan, berupa 5.000 (lima ribu) paket sembako kepada masyarakat yang terdampak COVI-19 di Provinsi Sumatera Selatan.
 
Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh PT Pusri Palembang selaku Koordinator Satgas BUMN di Wilayah Sumsel kepada ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel, Febrita Listia Herman Deru. Bertempat di Griya Agung, Jumat (15/5/2020).
 
Saat penyerahan juga disaksikan oleh Percha Leanpuri B Bus MBA selaku perwakilan dari Komisi VI DPR RI. Dalam pelaksanaanya yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan bantuan dari KBUMN dan DPR RI ini yaitu Satgas BUMN Wilayah Kabupaten / Kota dan PMI Kabupaten / Kota di Provinsi Sumatera Selatan.
 
Manager CSR PT Pusri Palembang, Heri Suharsono menyampaikan paket bantuan tersebut terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan 1 kg gula pasir. Ada delapan kabupaten/kota yang menjadi sasaran pendistribusian paket sembako.
 
Diantaranya kabuaten Empat Lawang menerima 250 paket dari Bank Mandiri, OKU 750 dari PT Semen Baturaja, Muaraenim 250 dari PT Bukit Asam, Ogan Komering Ilir 750 dari Bank BNI, OKU Selatan 500 dari PT Pegadaian, OKU Timur 2.000 Perum Bulog, Kota Pagaralam 250 dari PT Perkebunan Nusantara VII, Prabumulih 250 dari PT Asuransi Jiwasraya. Sehingga, totalnya ada 5.000 paket sembako.
 
"Melaui sinergi ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19," ujarnya.
 
Menurutnya, seperti yang diketahui bersama, penyebaran COVID-19 sangat cepat, sehingga berdampak di bidang ekonomi juga sangat banyak, khususnya di Palembang. Hingga saat ini kenaikan pasien yang positif semakin meningkat.
 
"Untuk itu kita semua harus bersatu untuk lawan COVID-19," tambahnya. Sementara Percha Leanpuri menyatakan, pada saat masa sidang beberapa waktu lalu pihaknya meminta bahwa CSR harus berkaitan dengan kondisi negara saat ini. Terpenting bagi kebutuhan dasar dari tenaga medis dan juga masyarakat yang terdampak. Seperti sembako dan perlengkapan APD.
 
"Hari ini alhamdulillah sudah diterima melalui PMI Sumsel, dan sekarang adalah tahapan distribusi yang bukan hal mudah untuk benar-benar membagikannya agar tepat sasaran," ujarnya.
 
Sedangkan bantuan APD, diterangkan putri Gubernur Sumsel Herman Deru ini, akan diserahkan ke beberapa rumah sakit yang menjadi rujukan untuk covid. "Suami saya sendiri juga dokter yang sering cerita setiap hari bagaimana kondisi rumah sakit yang sering kekurangan APD," tuturnya.
 
Ia berharap, adanya bantuan ini mudah-mudahan dapat membantu mempermudah seluruh dokter, dan tenaga kesehatan menjalankan tugasnya.
 
Dilanjutkannnya, aktivitas PMI ikut andil menangani covid sangat tinggi. Mulai dari awal covid telah menempatkan alat cuci tangan di beberapa titik dan penyemprotan disenfektan. Sehingga bisa membuat PMI melanjutkan aktivitasnya membantu masyarakat termasuk dengan sembako.
 
"Saya juga menilai PMI Sumsel memang bekerja untuk itu, untuk masyarakat," ucapnya.
 
Pihaknya menargetkan bantuan tersebut dapat secepatnya sampai dan tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Paling tidak sebelum waktu lebaran tiba.

Sumber:https://sumsel.tribunnews.com/2020/05/15/sinergi-kbumn-dan-dpr-ri-salurkan-5000-paket-sembako-bagi-masyarakat-sumsel