HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Sinergi BUMN: Pusri Gandeng Sang Hyang Seri Pasarkan Benih Lewat Agrosolution

23 Juni 2021
Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pupuk Sriwijaya Palembang menggandeng PT Sang Hyang Seri, BUMN penyedia benih, untuk memasarkan benih lewat program Agrosolution yang dirancang produsen pupuk tersebut.
 
 Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang Tri Wahyudi Saleh mengatakan dalam kerja sama itu, PT Sang Hyang Seri (SHS) akan menyediakan benih untuk dipasarkan dalam Program Agrosolution dan platform digital MyPusri.
 
“Selain itu kami juga menunjuk PT SHS sebagai integrator dan sekaligus distributor pupuk, produk Pusri kebutuhan petani penangkaran SHS atau free market dalam Agrosolution,” katanya, Rabu (23/6/2021).
 
Tri menjelaskan Agrosolution merupakan program transformasi anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu, dalam rangka shifting penggunaan pupuk subsidi ke pupuk komersil.
 
“Melalui program ini kami berharap dapat memberikan nilai tambah peningkatan produktivitas tanaman kepada petani,” katanya. Menurut dia peningkatan produktivitas tanaman ditentukan mulai dari benih, pupuk dan pengelolaan budi daya tanaman yang baik. Untuk menunjang Program Agrosolution, perusahaan juga mengembangkan platform digital Agribisnis yang dinamakan MyPusri.
 
“Platform digital itulah yang menjadi hub antara produsen-produsen pupuk, benih, pestisida, sarana produksi pertanian (Saprotan) dengan petani,” katanya. Selain itu saluran tersebut juga menjadi hub antara petani dengan konsumen akhir hasil pertanian. Tri melanjutkan saat ini Pusri tidak hanya berorientasi pada pupuk urea, namun juga memproduksi pupuk NPK dan produk unggulan dari hasil riset yang bermanfaat untuk tanaman pangan dan perkebunan. Sementara itu, Direktur Utama PT SHS Karyawan Gunarso mengatakan perusahaan menyambut baik kerja sama dengan Pusri. “Ini merupakan sinergi yang dapat mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan,” katanya.