HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Realisasi Penyaluran Pupuk Subsidi PT Pusri Palembang Capai 90 Persen dari Alokasi Pemerintah Pusat

27 Agustus 2020
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Penyerapan pupuk subsidi (PSO) di Wilayah Provinsi Sumatera Selatan selama pandemi Covid-19 telah mencapai 90 persen.
 
PT Pupuk Sriwidjaja memastikan pendistribusian berjalan sesuai target alokasi dari Pemerintah pusat.
 
GM Penjualan Produk PSO PT Pusri, Arief Satya Kusuma menjelaskan, Sejak pandemi terjadi sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang tidak mengalami gejolak, sehingga penyaluran pupuk subsidi pun ke petani tak mengalami kendala.
 
"Dari alokasi Sumsel 108 ribu ton PSO, penyaluran hanya sisa sekitar 10 persen, artinya sekitar 20 ribuan ton lagi yang kita targetkan rampung penyalurnya di November 2020.
 
Jadi di Desember kita stop penyaluran PSO," jelasnya, Kamis (27/8/2020).
 
Arief menambahkan, daerah yang menjadi penyerap PSO terbanyak masih berada di daerah pusat penghasil beras, seperti OKU Selatan dan Banyuasin.
 
Namun, setiap tahun alokasi untuk PSO selalu berkurang karenanya pihak perusahaan juga rutin mengedukasi para penyalur pupuk dan petani beralih ke penggunaan pupuk non subsidi.
 
"Tiap tahun itu bukannya bertambah tapi justru berkurang. Makanya kita sarankan untuk pakai pupuk non subsidi.
 
Apalagi kami juga dampingi dengan bimbingan teknologi dari mantri tani sehingga petani dan kelompoknya bisa melakukan konsultasi sampai uji tanah," katanya.
 
Selain itu, penyalur (kios) juga akan mendapatkan benefit khususnya yang telah loyal dalam menggunakan serta membantu memasarkan produk Pusri.
 
"Kita ada program Kios Banjir Hadiah, yang tujuannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang berujung pada peningkatan market share Pusri," tutupnya.