HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Kini Ada Pupuk NPK Khusus Komoditi Singkong

09 September 2020
PT Pupuk Sriwidjaja Palembang yang merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) kini menyediakan pupuk NPK khusus untuk komoditi singkong atau NPK Pusri Singkong 17-6-25.

Pupuk ini telah dicoba di Desa Gadu Kecamatan Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah, yang bekerjasama dengan Kelompok Tani Makmur Tani. Setelah menggunakan pupuk ini, terlihat hasil yang cukup baik.

“Sebelumnya telah dilakukan proses persemaian singkong akhir tahun lalu. Proses tanam menggunakan 8 jenis produk yang digunakan dengan komposisi yang disesuaikan dosisnya. Hasilnya, panen raya Demplot mandiri komoditi singkong ini produktivitasnya di atas 50 persen,” kata Branch Manager Penjualan Jateng 1 Andy Putra Utama, Selasa (8/9).

Andy bilang, hujan yang cukup tinggi pada pertengahan bulan lalu juga berpengaruh pada rendaman umbi singkong. Sehingga panen dimajukan karena intensitas hujan yang tinggi, agar kualitas singkong masih bagus.

NPK Pusri Singkong 17-6-25 merupakan produk inovasi baru dengan formula khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman singkong. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan ebelum panen yaitu persemaian, olah tanah, pelaksanaan tanam, pemupukan dasar, pengaplikasian pupuk hayati, pemupukan kembali hingga panen dilaksanakan.
 
Meski di tengah pandemi COVID-19, Pusri memastikan terjaminnya ketersediaan pupuk di petani. Petani tidak perlu khawatir terkait stok pupuk, terutama jelang musim tanam yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Selain NPK Pusri Singkong Pusri juga memiliki produk inovasi lainnya seperti Bioripah, Nutremag, Sridek, B-Verin.

Sementara itu, petani singkong di lokasi, Bawi mengatakan, dengan menggunakan produk Pusri terjadi peningkatan total produksi. Sebelum diberikan edukasi pemupukkan total produksi mencapai 35 ton per hektare. “Setelah ada edukasi dan pemupukan meningkat menjadi 55 ton per hectare,” kata Bawi. (eno)


Sumber :https://kumparan.com/urbanid/pusri-kini-ada-pupuk-npk-khusus-komoditi-singkong-1u9yJBvCc5f/full