HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri bangun instalasi pengolahan sampah Rumah Komposting di Ogan Ilir

30 Juni 2020
“Rumah komposting ini akan mengubah sampah rumah tangga menjadi berbagai produk turunan berupa pupuk”

Palembang (ANTARA) - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) membangun instalasi pengolahan sampah (rumah komposting) di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, untuk membantu masyarakat sekitar mendapatkan nilai tambah.

Superintendent CSR PT Pusri Achmad Ronaldi di Palembang, Selasa, mengatakan kepedulian perusahaan ini mengacu pada konsep triple bottom line (people, planet, dan profit).

“Rumah komposting ini akan mengubah sampah rumah tangga menjadi berbagai produk turunan berupa pupuk,” kata dia setelah peresmian Rumah Komposting di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Ia menjelaskan Pusri membangun beberapa fasilitas di rumah komposting tersebut yaitu bak penampungan hasil penggilingan, mesin pengayakan pupuk, bak fermentasi limbah dapur, mesin penggiling dan tempat pengiringan, mesin pencacah sampah dan lain-lain.

Rumah komposting ini bakal dimanfaatkan santri dan warga sekitar Pondok Pesantren dalam mengolah sampah organik hingga menjadi kompos, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Untuk bahan baku kompos, santri di sini dapat menggunakan sampah organik rumah tangga serta sampah-sampah tanaman kering, sehingga sampah pun masih dapat dimanfaatkan lagi,” ujar Ronal.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah KH Mudrik Qori mengatakan bantuan rumah komposting itu akan dimanfaatkan untuk mendorong kemandirian para santri. “Para santri harus diberikan pengetahuan karena akan berkiprah nyata di masyarakat, salah satunya melalui kegiatan pengolahan sampah ini,” kata dia.


Sumber :https://sumsel.antaranews.com/berita/481502/pusri-bangun-instalasi-pengolahan-sampah-rumah-komposting-di-ogan-ilir