HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT. Pusri Target Produktivitas Padi Capai 8,3 Ton

04 Juli 2020
Palembang, Gatra.com - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) telah melaksanakan panen padi pada demplot di Desa Baturan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, (30/6) kemarin.
 
Dalam sambutannya, Branch Manager Penjualan D.I.Yogyakarta - Jateng 3, Imam Triyono mengatakan berkat aplikasi pemupukan yang berimbang dan merupakan rekomendasi produk dari PT. Pusri, petani berhasil meningkatkan produktivitas padi hingga 8,3 ton/hektar (ha). “Produk tersebut merupakan hasil riset dan inovasi PT Pusri yang memberikan tambahan nutrisi bagi tanaman sehingga tumbuh lebih optimal,” ujarnya, dalam keterangan pers diterima Gatra, Jumat (4/7) kemarin.
 
Panen raya di demplot yang bekerjasama dengan CV Waladun Tani & Kelompok Tani Makmur ini, dihadiri oleh, Anggota DPRD Kabupaten Karanganyar, Kepala Desa Baturan, unsur muspika serta muspida pemerintah setempat. “Petani menyatakan lebih senang akan hasil panen yang lebih banyak. Kualitas padi juga meningkat dibandingkan sebelumnya,” sambung Imam.
 
Panen padi kali ini merupakan padi yang ditanam perdana pada April lalu, dengan mengaplikasikan produk rekomendasi, seperti Urea non subsidi, NPK 15-15-15, NPK 16-16,16, SP 36, Bioripah, Nutremag, dan B-Verin. “Produk rekomendasi PT Pusri, di antaranya Bioripah 10 liter, B-Verin 5 liter, Nutremag 8 kg. Pupuk diaplikasikan pada lahan seluas 1 hektar (ha),” terangnya.
 
Imam juga mengatakan, PT. Pusri siap membantu petani di area Yogyakarta dan beberapa daerah di Jawa Tengah guna melakukan uji tanah, sehingga mengaplikasikan formula pupuk yang tepat dengan kondisi tanah yang berbeda-beda. Program demplot distributor maupun demplot mandiri hendaknya dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. “Dinas Pertanian sangat mendukung pelaksanaan program demplot serta ikut mengawal dari awal program-program dari PT. Pusri Palembang seperti uji tanah, demplot, maupun program lain terkait dengan ketahanan pangan,” terangnya.
 
Untuk tahun 2020, stok urea PSO di Gudang Karanganyar mencapai 5,799,40 ton. Stok pupuk bersubsidi PT. Pusri aman dan petani juga bisa membeli kebutuhan pertanian di Pusri Mart atau Kios Pupuk Lengkap (KPL).


Sumber :https://www.gatra.com/detail/news/483796/ekonomi/-pt-pusri-target-produktivitas-padi-capai-83-ton