HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri pastikan stok pupuk subsisidi aman dan tepat sasaran

09 Juli 2020
Elshinta.com - Dukung program ketahanan pangan nasional, PT Pusri Palembang menjamin pupuk subsidi aman sampai ke tangan petani. Manager Humas Pusri, Soerjo Hartono mengatakan bahwa selain menjamin terpenuhinya stok pupuk di kios pengecer, Pusri juga memastikan dalam penyaluran pupuk bersubsidi hingga saat in aman dan tidak terjadi penyelewengan serta kelangkaan pupuk.
 
Dijelaskannya lebih lanjut, dalam menyalurkan pupuk bersubsidi pihaknya melaksanakannya secara tertutup, sesuai alokasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian, dan selalu mensosialisasikan kepada petani tentang cara mendapatkan pupuk melalui sistem tertutup.
 
“Bahwa hanya petani yang terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang dikelola Kementerian Pertanian yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi”, ujar Soerjo, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Adi Asmara, Kamis (9/7).
 
Penerapan sistem e-RDKK ini diyakini dapat meminimalisir penyelewengan sehingga penyaluran pupuk bersubsidi semakin tepat sasaran. Serta diharapkan dapat mencegah terjadinya duplikasi data penerima subsidi.
 
“Kami juga berpegang teguh pada Prinsip 7 Tepat, yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat mutu. Prinsip ini kami terapkan di semua tingkatan jalur distribusi sampai ke tingkat petani yaitu dari Lini I hingga Lini IV”, tambah Soerjo.
 
Menghindari penyelewengan, PT Pupuk Indonesia yang merupakan induk dari PT Pusri Palembang telah memiliki sejumlah strategi, diantaranya pencirian pupuk bersubsidi dengan warna khusus merah muda, bag code dari produsen, terdapat tampilan Pupuk Indonesia di bagian depan karung dan bertuliskan 'Pupuk Bersubsidi Pemerintah.


Sumber :https://elshinta.com/news/210493/2020/07/09/pt-pusri-pastikan-stok-pupuk-subsisidi-aman-dan-tepat-sasaran