HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pupuk Sriwijaya Palembang Sukses Bantu Industri UMKM Pempek Rizky

09 Maret 2020
Siapa yang tak kenal camilan pempek? Bercitarasa gurih dan berkuah segar, pempek adalah satu makanan tradisional tanah air asal Palembang yang memiliki banyak penggemar.
 
Meskipun popular di dalam negeri, tapi pempek belum sekaliber rendang di mata kuliner dunia. Melihat potensi pempek untuk dikenal secara global, PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang, sebagai produsen pupuk Indonesia, berupaya menjadikan penganan berbahan ikan ini dikenal lebih luas lagi.
 
Menggandeng unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, Pempek Rizky, PT Pusri memberikan sejumlah pembinaan. Sebut saja pemberian pinjaman modal, program pembinaan (mulai dari pengemasan, pelatihan e-commerce, pemahaman pentingnya SNI dan lain-lain), serta pendampingan untuk pengajuan SNI, serta memfasilitasi keikutsertaan dalam pameran-pameran.
 
Upaya program pemberdayaan, pembinaan, dan pendampingan dari PT Pusri berbuah manis. Pempek Rizky sudah mendapat lisensi SNI, dan punya luasan pasar yang makin berkembang. Tak heran, modal yang awalnya hanya Rp 50 juta, setelah mendapat binaan menjadi Rp 135 juta termasuk pendapatan per bulannya yang meningkat sebesar 50% dari Rp. 30 juta bersih menjadi Rp 45 juta per bulan. 
 
PT Pusri turut mengembangkan strategi pengembangan usaha yang berpatokan pada 5P yaitu product, price, place, promotion, dan people. Alhasil pada 2019, Pempek Rizky berhasil mengekspor pempek dan kemplang gorengnya ke Singapura.


Sumber : https://majalahcsr.id/pt-pupuk-sriwijaya-palembang-sukses-bantu-industri-umkm-pempek-rizky/