HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang Panen Riset dan Penyerahan Bantuan di Lembah Gumanti Solok

16 Juli 2019

TRIBUNPADANG.COM, SOLOK – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang mendukung program pertanian di Sumatera Barat (Sumbar) guna meningkatkan produksi Bawang Merah di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam kegiatan panen riset yang digagas PT Pusri juga dilaksanakan penyerahan bantuan untuk masjid serta santuan buat anak yatim-piatu di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Selasa (16/7/2019)

Rilis dari Humas PT Pusri yang diterima TribunPadang.com, Selasa siang, menyebutkan program PT Pusri kali ini diwujudkan yakni membentuk Demontrasi Plot (Demplot) pada lahan seluas 1000 m persegi dengan kawalan teknologi penggunaan pupuk NPK PUSRI 15-15-15 ditambah pupuk hayati Bioripah dan pupuk mikro Nutremag.

Pupuk hayati Bioripah dan pupuk mikro Nutremag merupakan produk inovasi Pusri yang dibutuhkan oleh kondisi lahan bawang merah saat ini. Bioripah adalah pupuk cair yang mengandung mikroba penambat N serta pelarut P dan K yang digunakan untuk pemupukan pada tanaman pangan dan hortikultura.

Sedangkan, Nutremag adalah pupuk mikro yang mengandung berbagai macam unsur yang diperlukan tanaman pada saat pertumbuhan. Aplikasi keduanya akan memaksimalkan unsur hara makro agar terserap oleh tanaman secara baik.

Dalam sambutannya Direktur Komersil Pusri M Romli HM mengatakan bahwa Sumatera Barat menjadi perhatian Pusri dalam peningkatan produksi komoditi khususnya bawang merah.

“Aplikasi pupuk sebetulnya berbeda pada tiap kondisi lahan, untuk itulah Pusri hadir dengan memberikan edukasi kepada para petani mengenai pemupukan yang tepat sehingga diperoleh hasil maksimal.” ujar Romli dalam sambutannya.

Menurutnya, semenjak Tahun 2016 Pusri sudah memproduksi NPK granulasi dengan kapasitas 100.000 ton per
tahun.

Sejauh ini lanjutnya kapasitas ini akan ditambah 2x100.000 ton pertahun dengan mendirikan pabrik NPK yang  sedang dalam proses pembangunan.

"Adapun formula yang diproduksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Disamping demplot NPK PUSRI 15:15:15, Pusri juga sedang melakukan uji coba aplikasi NPK dengan formula 16-16-16 yang mengandung nitrogren nitrat dan akan memasuki masa panen pada Bulan Agustus 2019 nanti," paparnya.

Selain itu imbuhnya guna meningkatkan hasil produksi, pemupukan yang tepat juga akan menghemat biaya pembelian pupuk petani.

“Nanti hasil terbaik akan kita laporkan kepada pak Camat khususnya kepada para kelompok tani sebagai referensi untuk meningkatkan hasil panen," kata Romli.

Pada saat yang sama Pusri juga memberikan bantuan kepada masjid dan santunan kepada anak yatim yang berada di daerah setempat di Kecamatan Lembah Gemanti, Solok.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Komersil Pusri M Romli HM, Direktur Teknik & Pengembangan Pusri Listyawan Adi Pratisto, Camat Lembah Gemanti Zaitul Ikhlas, Kapolsek, Danramil, Wali Nagari Sungai Nanam Adrizal, Kepala Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Nanam, Parlis Datuak Sampono Batuah, Kepala Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Sungai Nanam Ahmad Fauzi, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPN) Zulfikri dan Kelompok Tani Lembah Gemanti.

(*/HUMAS PT PUSRI/TRIBUNPADANG.COM/EMIL MAHMUDSYAH)

https://padang.tribunnews.com/2019/07/16/pt-pupuk-sriwidjaja-pusri-palembang-panen-riset-dan-penyerahan-bantuan-di-lembah-gumanti-solok?page=2https://padang.tribunnews.com/2019/07/16/pt-pupuk-sriwidjaja-pusri-palembang-panen-riset-dan-penyerahan-bantuan-di-lembah-gumanti-solok?page=2