HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Petani Sumsel Dilirik PT Agro Jabar Guna Penuhi Kebutuhan Jagung Jabar

02 Juni 2021
PALEMBANG, PALPOS.ID – PT Agro Jabar milik Pemprov jawa barat bekerjasama dengan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri Palembang) dan merangkul petani Banyuasin untuk mengembangkan sektor pertanian bagi generasi millenial. Tidak hanya itu saja, hal ini juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Jagung di Jawa Barat.
 
Dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahwa pihaknya memerlukan suplai komoditas pangan dari provinsi lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jabar. “Jumlah penduduk Jabar sangat banyak ada 50 juta jiwa, tentu saja butuh suplai untuk ketahanan pangan. Makanya kami datang ke Sumsel untuk menyerap hasil produksi di sini,” katanya usai penandatangan MOU Penandatanganan MoU MINION (Millenial Agro Solution) dan Penyerahan Simbolis Kartu Anggota Petani Milenial, Rabu (2/6/2021).
 
Dia menjelaskan untuk tahap awal, pihaknya akan menyerap sekitar 25.000 ton jagung per bulan dari Sumsel. “Tentu saja untuk kebutuhan pupuk bagi pertanian jagung ini akan disuplai dari Pusri Palembang. Sementara itu untuk lahan dan petaninya sendiri dari Banyuasin,” ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Banyuasin Askolani Jasi mengungkapkan, luas lahan baku sawa padi dan jagung di Banyuasin 183 hektar terbesar di Sumatera. Penghasilan padi nomor 4 terbanyak secara nasional, “Teman- temand ari IPB memang sudah menyarankan untuk petani kita melakukan perubahan bercocok tanam jagung, hal ini snagat cocok dengan cuaca. Maka ini sangat tepat sekali ketika Gubernur Jawa Barat melirik petani disini,” paparnya.
 
Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh mengatakan bahwa pihaknya bersama Agro Jabar membentuk program Millennial Agrosolution (Minion) yang bakal diterapkan di Sumatra Selatan. “Pusri akan menyiapkan teknologi budi daya dan kebutuhan pupuk untuk komunitas Minion ini, sementara Agro Jabar akan menyediakan benih jagung dan bertindak selaku offtaker,” katanya.
 
Tri mengemukakan bahwa PT Agro Jabar telah berpengalaman dalam mengelola hasil tani generasi milenial di Jawa Barat sehingga kerja sama tersebut merupakan kesempatan baik bagi Pusri untuk mengelola komunitas Minion.
 
“Melalui kerja sama ini kami berharap akan terbentuk generasi milenial yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai dalam melakukan budidaya atau pun bisnis di bidang pertanian,” tutupnya. (*)


https://palpos.id/2021/06/02/petani-sumsel-dilirik-pt-agro-jabar-guna-penuhi-kebutuhan-jagung-jabar/