HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Kapolda Sumatera Selatan Hadiri HUT SATPAM di PT PUSRI

22 Januari 2020
DETIKINDONESIA, PALEMBANG – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Priyo Widyanto MM menghadiri HUT Satpam di PT. Pusri upacara yang berlangsung di lapangan PT. Pusri dalam Upacara peringatan Hut Satpam tersebut turut hadir, Wakapolda Sumsel, Danrem 044/Gapo, Direktur Pt Pusri, Direksi Pt. Pusri, Danlanal, Danlanud, Kabinda, Kasat Pol PP Provinsi Sumsel, dan para Pejabat Teras Polda Sumsel.

Dalam Peringatan Satuan Pengamanan Ke-39 Tahun 2019. Kegiatan ini mengambil tema, yakni “Satuan Pengamanan Berbasis Kopetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Dan Terjaminya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

Kapolda Sumsel selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan,Pada upacara HUT Satpam yang ke- 39 ini, semoga eksistensi Satuan Pengamanan bertambah semangat.

Satpam merupakan mitra Polri yang paling depan dalam menciptakan Kamtibmas,oleh karena itu setiap anggota satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

Dengan demikian profesi satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan uraian diatas,kita meyakini bahwa tema yang diangkat dalam HUT ke 39 saat ini sangat tepat.

Satuan Pengamanan berbasis kompetensi mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan di lingkungan kerja menuju Indonesia maju tema tersebut juga selaras dengan kebijakan presiden republik Indonesia yaitu pembangunan sumber daya manusia serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan harkamtibmas,
Disamping itu juga Kapolda menghimbau kepada seluruh Satpam agar senantiasa menjaga kesehatan dan beribadah yang baik dan benar menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Serta tanamkan rasa kebanggaan dalam profesi yang kita jalani,tingkatkan kerja sama dengan jajaran TNI dan Polri guna menjaga stabilitas keamanan, pungkasnya.

Direktur Bina Masyarakat Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Mochamad Son’ani tentunya harapan ke depan Satpam kita lebih profesional dan lebih baik lagi dalam memberikan peranannya dalam rangka memberikan pengamanan. Kita juga ada program pemulihan Satpam dengan peningkatan sumber daya manusia untuk kesejahteraan Satpam.

Sedangkan untuk Kompetensi Satpam sendiri Binmas Polda Sumsel sudah melakukan Diksar mulai dari Garda Pratama, Garda Madya, serta Garda Utama. Dalam satu bulan kita sudah melakukan Diksar Garda Pratama kurang lebih 5 kali sebulan.

Sedangkan untuk Kualifikasi adalah Satpam Garda Pratama yaitu Satpam Pemula, kemudian ada Madya kalau di lapangan sebagai Komandan Pleton, kemudian Satpam Utama sering dikenal Supervisor. Selain itu Satpam ini menempati posisi di Perusahaan-Perusahaan seperti tingkat pendidikan serta Kualifikasi yang tadi saya sebutkan.

Son’ani juga menghimbau kepada Satpam agar dapat bekerjasama antara Badan Usaha Jasa Pengamanan, Pihak Kepolisian terutama Direktorat Binmas, User, untuk menindaklanjuti harapan-harapan masyarakat supaya Satpam ini memberikan pelayanan terbaik di tempat kerjanya masing-masing sehingga Satpam lebih Profesional dan Modern kedepannya.

Arief Setiawan Ketua Panitia HUT Satpam ke- 39 mengatakan bahwa Untuk HUT Satpam kali ini kita berharap acara ini dapat berlangsung Meriah dan bergembira ada kurang lebih 1000 personil yang hadir pada peringatan HUT Satpam kali ini kita berharap dengan HUT Satpam kali ini dapat menjadi profesional dan lebih baik lagi.

Ketua Abujapi Boy Novembrino ketika diwawancarai usai peringatan HUT Satpam mengatakan bahwa banyak kendala yang dihadapi seperti wacana pakaian Satpam seperti POLRI akan tetapi pada prinsipnya seragam itu sesuai fungsi dan peruntukan security seperti apa jadi perubahan seragam itu sendiri harus jelas sehingga perubahan itu memang pada cocok pada waktunya. Jelas Boy Diakhir kegiatan para tamu undangan disuguhi atraksi demontrasi Bela diri oleh para anggota Satuan Pengamanan. (DI/ANDRE)


Sumber:http://detikindonesia.co/2020/01/24/kapolda-sumatera-selatan-hadiri-hut-satpam-di-pt-pusri/