HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Cegah DBD, Pusri Asapi Belasan Ribu Rumah Warga Sekitar Perusahaan

28 Maret 2020
PALEMBANG, GLOBALPLANET - PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) menggelar fogging gratis bagi warga di delapan kelurahan di sekitar perusahaan. Pengasapan dilakukan sebagai bentuk kepedulian BUMN Pupuk terhadap masyarakat sekitar agar terhindar dari dewam berdarah dengue (DBD).
 
Hal itu dilakukan mengingat tingginya curah hujan di wilayah Kota Palembang. Karena saat musim hujan tiba, fogging merupakan kegiatan yang sering dilakukan di berbagai daerah, terutama pemukiman dan sekolah untuk mengantisipasi penyebaran penyakit.
 
"Fogging kali ini kita lakukan terhadap 15.450 rumah warga, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya. Tujuannya untuk meminimalisir penyakit demam berdarah dengue atau DBD yang masih sering ditemukan," kata Heri Suharsono, Manager CSR PT Pusri dalam pernyataan yang dikirimkan kepada media.
 
Menurut Heri, fogging salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk aedes agypti dewasa. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.
 
Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menghindari serangan DBD dengan melakukan 3M plus yang sebenarnya sangat sederhana. "Yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember, dan lain-lain. Kemudian menutup rapat tempat-tempat yang dapat menampung air, seperti kendi, vas, toren air, dan lain-lain. Tidak lupa mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembang biakan nyamuk," sarannya.
 
Selain itu warga juga dapat melakukan rangkaian tindakan pencegahan lain seperti menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu, memelihara ikan pemangsa jentik, dan lain-lain.
 
Fogging merupakan salah satu cara pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah, namun menurutnya, bukan yang utama dan satu-satunya. "Mari menjadi bagian dari kesehatan komunitas dengan menjaga kebersihan lingkungan dan peduli kepada sekitar. Jangan biarkan sampah menumpuk, dan beri perhatian ekstra pada kebersihan lingkungan, saat musim hujan tiba," pungkasnya.



Sumber:http://www.globalplanet.news/berita/24746/cegah-dbd-pusri-asapi-belasan-ribu-rumah-warga-sekitar-perusahaan