HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Bangun Imunitas COVID-19, Pusri Palembang Vaksin Seluruh Karyawan

28 Juni 2021
PALEMBANG - Upaya membangun imunitas terhadap COVID-19 terus dilakukan, salah satunya melalui vaksinasi COVID-19. PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan vaksinasi serentak terhadap karyawan organik dan non organik.
 
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di Gedung Serba Guna Komplek PT Pusri Palembang. Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh mengatakan, pelaksanaan vaksin ini merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap program percepatan vaksinasi massal di Indonesia yang dicanangkan pemerintah.
 
"Kami juga mengapresiasi kepada para pemangku kebijakan, terutama Polda Sumsel, karena program vaksinasi ini dapat terselenggara dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-75, yaitu dengan menggelar Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-POLRI dengan target satu juta orang," ujar Tri, Senin (28/6/2021).
 
Dijelaskan Tri, vaksinasi massal satu juta orang ini merupakan target dari Presiden RI, Joko Widodo dengan tujuan mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 , serta diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok atau herd immmunity.
 
"Di Pusri sebelumnya vaksin tahap pertama telah kami laksanakan yaitu pada Bulan Mei lalu, dan sebanyak 20 persen karyawan telah mendapatkan vaksin. Untuk itu masyarakat jangan khawatir dan percaya berita hoax terkait vaksin karena kita semua harus bersama-sama optimis dan berusaha dalam memutus penyebaran COVID-19 ini," tambahnya.
 
Sementara itu, Direktur RS Pusri, Yuwono mengatakan, bahwa pandemi bisa diakhiri dengan vaksin yang disuntikan agar terbentuk antibodi dan antibodi akan terbentuk sempurna setelah tiga bulan dari penyuntikan pertama. "Setelah terbentuk antibody, maka kemungkinan terinfeksi di bawah dua persen, artinya sangat kecil. Tetapi dalam tiga bulan tetap harus berhati-hati," katanya.
 
Menurut Yuwono, bila vaksin telah mencapai minimal 40 persen dari target maka akan terbentuk herd immunity atau imunitas kelompok, yang akan melindungi yang lainnya. Di Indonesia saat ini jumlah yang sudah tervaksin adalah 24 juta, sedangkan target untuk 40 persen adalah 100 juta orang.
 
"Oleh sebab itu, melalui program Serbuan 1 Juta Vaksin, diharapkan 75 hari dari sekarang kita akan sampai pada kondisi herd immunity dan itu adalah tujuan besar kita semua. Dan seluruh karyawan Pusri diharapkan untuk meningkatkan imunitas dengan cukup makan, cukup gerak dan pikiran yang positif," kata Yuwono.
 
 

Sumber:https://daerah.sindonews.com/read/468504/720/bangun-imunitas-covid-19-pusri-palembang-vaksin-seluruh-karyawan-1624871173/