HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

17 Gugus Tampilkan Inovasi Terbaik Pada Gelaran Temu Karya Inovasi Ke-32 PT Pusri Palembang

11 Oktober 2019

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sebanyak 17 Gugus Inovasi bersaing pada ajang Temu Karya Inovasi ke-32 Tahun 2019, Selasa (15/10/2019), untuk menjadi yang terbaik. Event lnovasi berkesinambungan yang dibuka langsung oleh Direktur Utama PT Pusri Palembang, Mulyono Prawiro, telah dilaksanakan sejak Pusri menerapkan Total Quality Management pada Tahun 1984. Ajang ini selalu ditunggu-tunggu oleh karyawan dan karyawati PT Pusri Palembang yang ingin menampilkan inovasinya.

Dalam sambutannya, R. A Rahim selaku Ketua Panitia mengatakan, terdapat 131 Gugus Inovasi yang menyampaikan makalah inovasi tahun ini. Adapun tema yang diambil yakni Inovasi, Diversifikasi, Digitalisasi Menuju Perusahaan Agroindustri yang Unggul di Tingkat Asia. Jumlah ini cukup meningkat (sustain) jika dibandingan dengan tahun 2018 dan 2017 yang masing-masing berjumlah 101 dan 95 gugus.

“Dewan juri telah melakukan penilaian dan klarifikasi terhadap makalah inovasi yang telah dilaksanakan pada 5 dan 9 September 2019 lalu, di Gedung Diklat PT Pusri Palembang. Beberapa unit kerja telah dikunjungi untuk melakukan pengecekan sesuai isi makalah dan presentasi. Dari hasil tersebut ditetapkan 17 finalis kategori terbaik yang akan berkompetisi pada Tahapan II, hasil penilaian Tim Juri Profesional,” ujar Rahim.

Ke-17 finalis Kategori Terbaik yang telah dipilih tersebut melaksanakan Pameran Hasil Karyanya selama 1 hari, dan dinilai oleh Juri Expert Direksi & Eselon I sebagai bahan pertimbangan mendapatkan Peserta/Gugus Terbaik 1, 2 dan 3.

Adapun jumlah karyawan yang terlibat dalam penerapan inovasi di Perusahaan sebanyak 570 orang atau sekitar 28% dari total karyawan Perusahaan. Terjadi peningkatan jumlah GKM dan SSG dari tahun sebelumnya yang berjumlah 33 dan 24 gugus menjadi 40 dan 42 gugus.


Hal menarik pada Temu Karya Inovasi tahun ini yaitu penilaian oleh Dewan Juri dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi di Android dan penyelenggaraan acara yang mengusung konsep Pusri Go Green dengan melibatkan millennials.


Selain pemberian penghargaan pada tiga gugus inovasi terbaik, Temu Karya Inovasi ke 32 Tahun 2019 ini, dilaksanakan pula penganugerahan ke-2 Risk Management Award dan Good Corporate Governance Award kepada unit kerja yang konsisten mendukung penerapan Manajemen Risiko dan Tata Kelola Perusahaan yang baik.

Serta dilaksanakan peluncuran Program “Pusri Enterpreneur”, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh insan Pusri untuk menjadi pengusaha dengan menjual produk-produk Pusri melalui aplikasi E-PAS.

E-PAS (Pusri Agribusiness Solution) merupakan sebuah bentuk transformasi bisnis dengan menciptakan bisnis model baru, yang mengubah konsep bisnis dari Product Orientd (Marketing 1.0) menjadi Value Centric & Digitalisasi (konsep Revolusi Industri 4.0 dan Marketing 4.0). Khusus pengguna handphone Android dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store.

Berikut Daftar Pemenang Dalam Temu Karya Inovasi Ke-32 PT Pusri Palembang:

  1. Juara 1 GKM Logic dari Departemen Instrumen
  2. Juara 2 GKM BBB (Bukan Boiler Biasa) dari Departemen STG & Boiler Batubara 
  3. Juara 3 PKM Fly Ash dari Departemen Inspeksi Teknik, Departemen Mekanikal dan Departemen Perbengkelan


Gugus Presentasi Terbaik masing-masing diraih

Stream A : GKM BUNCOB

Stream B : PKM POTENSI

Stream C : Instrong

Stream D : PKM Union


25th Asia Pasific  Quality Organization International Conference & International Quality 2019

  1. GCG Award dengan kategori Penandatanganan Pakta Integritas Terbaik diberikan kepada Dep. Operasi P-III.
  2. Risk Management Award dengan kategori Risk Awareness Terbaik diberikan kepada dua unit kerja, yaitu Departemen Listrik dan Departemen Pengadaan Barang.
  3. GCG Award dengan kategori Kepatuhan LHKPN Terbaik diberikan kepada Divisi Distribusi & Pemasaran.

 

https://www.swarnanews.co.id/2019/10/17/17-gugus-tampilkan-inovasi-terbaik/