HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

PUSRI LEPAS EKSPOR PUPUK UREA AKHIR TAHUN 2019

23 Desember 2019
pic03B57FB5414CF614899877E5CA81076B.jpg
PALEMBANG – Sebagai pabrik pupuk pertama di Indonesia, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) terus berkontribusi serta mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan. Salah satunya melalui penjualan produk, baik amonia, urea dan produk samping ke luar negeri atau ekspor.

Penjualan ekspor pupuk urea Pusri ini dilaksanakan tentunya setelah Pusri tuntas memenuhi alokasi subsidi petani di tanah air. Selama 4 (empat) Tahun terakhir penjualan ekspor Pusri tercatat meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebanyak 15 (lima belas) negara seperti, Philiipina, Vietnam, Thailand, Australia, Malaysia, Taiwan, Myanmar, Korea, India, Chile, South Africa, Japan, East Timor, Singapore dan United Kingdom merupakan pembeli urea ekspor Pusri.

Dari ke- 15 (lima belas) negara tersebut, Vietnam menjadi salah satu pembeli urea terbesar selama Tahun 2019, dengan realisasi sebesar 85 ribu ton/tahun. Dalam pelaksanaannya ekspor pupuk selaras dengan kebijakan holding PT Pupuk Indonesia (Persero), setiap perusahaan didorong untuk dapat berkontribusi dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional. Tentunya peningkatan nilai ekspor sangat diperlukan untuk menyumbang devisa negara sekaligus mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS),  terlebih saat ini Indonesia tengah mengalami defisit neraca perdagangan.

Secara keseluruhan realisasi penjualan ekspor pupuk urea sampai dengan tanggal 20 Desember 2019 adalah sebesar 311.271.415 ton/tahun. Realisasi ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Namun yang menjadi tantangan bagi Pusri adalah harga jual yang belum bisa bersaing dengan produsen dari Wilayah Timur Tengah dan Rusia. Kemudian perubahan iklim menyebabkan berubahnya masa musim tanam di Wilayah Asia Tenggara dan Australia, sehingga menyebabkan tonase pengapalan pada akhir tahun sempat terhambat.

Harapan dari manajemen Pusri, di Tahun 2019 yaitu PT Pusri Palembang dapat terus membuat inovasi dan melakukan diversifikasi produk, bekerja lebih keras dan lebih giat lagi agar semua tujuan serta visi dan misi perusahaan dapat tercapai. Ucapan terimakasih tentunya juga disampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi PT Pusri Palembang. (hms)