HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

MANFAATKAN SAMPAH ORGANIK, PUSRI BANGUN RUMAH KOMPOSTING

29 Juni 2020
picD1E858D1E3CE0ED81FE78898C47EC226.jpg
PALEMBANG – Sebagai perusahaan yang mengacu pada konsep triple bottom line (people, planet dan profit), Pusri memiliki komitmen tinggi terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan upaya Pusri merubah sampah rumah tangga menjadi suatu hal yang bermanfat dan ramah lingkungan. Wujud dari komitmen tersebut yaitu dengan dibangunnya instalasi pengolahan sampah terpadu untuk pengolahan sampah organik menjadi kompos atau yang lebih dikenal dengan rumah komposting.
 
Rumah Komposting ini merupakan hasil bantuan PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kepada Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Acara serah terima dari Pusri, diwakili oleh Superintendent CSR Pusri, Achmad Ronaldi, diterima secara langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Mudir) Al-Ittifaqiah, Drs. K.H Mudrik Qori, M.A beserta isteri dan disaksikan oleh tamu undangan yang hadir seperti Ketua Satker Kalidoni, Hendi M. Andiwilaga dan Camat Indralaya Selatan, Kamaludin serta Muspika setempat (29/06).
 
Beberapa fasilitas yang tersedia di rumah komposting ini yaitu bak penampungan hasil penggilingan, mesin pengayakan pupuk, bak fermentasi limbah dapur, mesin penggiling dan tempat pengiringan, mesin pencacah sampah dan lain-lain.
 
Rumah komposting ini tentunya dapat dimanfaatkan santri dan warga sekitar Pondok Pesantren dalam mengolah sampah organik hingga menjadi kompos, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Untuk bahan baku kompos, santri disini dapat menggunakan sampah organik rumah tangga serta sampah-sampah tanaman kering. Sehingga sampah pun masih dapat dimanfaatkan dengan baik.” ujar Ronal.
 
Lalu pada sambutannya Mudir Ponpes Al-Ittifaqiah Indralaya menambahkan, “Kami sangat berterimakasih kepada Pusri karena usai bantuan Program Serumpun Bambu Sejuta Berkah, Pusri Kembali memberikan bantuan melalui rumah komposting ini. Semoga hubungan ini akan terus terjalin dengan baik.”
 
Ditengah pandemi COVID-19 ini, Ronal menutup sambutannya dengan menyampaikan kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk terus menerapkan protokol COVID-19 walaupun saat ini sudah diterapkannya New Normal. “Bapak dan Ibu jangan lupa untuk terus gunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan terus menjaga jarak,”tutup Ronal.
                                                                  
***
 
Informasi lebih lanjut:
Manager Humas
Soerjo Hartono