HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

ANTISIPASI KEADAAN DARURAT, PUSRI LAKSANAKAN SIMULASI PKD

06 Desember 2019
picCCD0C1A5AE46784D79320440AF402C21.jpg
PALEMBANG – Sebagai salah satu Objek Vital Nasional, PT Pusri Palembang yang merupakan anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero), selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan karyawannya dalam bekerja.
 
Salah satu upaya yang dilakukan yaitu simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang dilaksanakan di Gedung Utama PT Pusri Palembang (06/12). Simulasi yang melibatkan keseluruhan karyawan/karyawati ini dirancang mendekati keadaan sebenarnya dan dipimpin secara langsung oleh GM Umum dengan berkoordinasi dan dibantu oleh unit kerja terkait seperti Sekretaris Perusahaan & TK, GM Teknologi, Manager Humas, Manager K3LH, Manager Sarana & Umum, Manager PSDM, Manager Listrik, Manager Instrumen, Manager Sekuriti serta RS Graha Pusri Medika.
 
Adapun skenario Penanggulangan Keadaan Darurat yang dilaksanakan yaitu awalnya terjadi hubungan singkat arus listrik di lantai 4 (empat) Gedung Utama PT Pusri Palembang yang mengakibatkan percikan api dan membakar kabel, dilanjutkan dengan gagalnya pemadaman APAR yang mengakibatkan semakin membesarnya api, terjadi kepulan asap, smoke detector berbunyi dan terdeteksi di Fire Alarm System Fire Station.
 
Selanjutnya ditetapkan bahwa Gedung Utama PT Pusri Palembang dalam keadaan darurat dan seluruh karyawan harus segera dievakuasi melalui sarana evakuasi yang dimiliki di perkantoran seperti Chute Escape, Fall Protection dan Air Cushion serta melalui pintu dan tangga darurat yang terdapat di setiap lantai untuk menuju ke tempat berkumpul / assembly point yang telah ditetapkan. Skenario dilanjutkan dengan pemadaman api oleh Fireman, pertolongan pertama pada korban oleh Tim Rescue K3, Tim Medis Pusri dan RS GPM. Serta dilanjutkan arahan dari Manajemen PT Pusri Palembang pasca kebakaran di assembly point kepada seluruh karyawan.
 
Tujuan utama dari pelaksanaan Simulasi PKD yaitu untuk menguji ketanggapan Tim K3 dan seluruh karyawan/karyawati Pusri dalam merespon keadaan darurat yang dapat terjadi kapan saja serta menguji kesiapan fasilitas penanggulangan keadaan darurat yang ada di Pusri. Selain itu, simulasi PKD ini dilaksanakan untuk mengevaluasi fungsi komunikasi dan koordinasi seluruh unit kerja terkait dalam menanggulangi keadaan darurat.
 
Informasi lebih lanjut:
Rustam Effendi
Plt. Manager Humas
Email: rustam93@pusri.co.id