HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Pusri Palembang Bantu Petani Colomadu Kelola Sawah

October 01 ,2021
Solopos.com, SOLO – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang membantu petani di kawasan Colomadu, Karanganyar dalam pengelolaan persawahan. Hal ini ditandai dengan acara panen raya padi dan farm field day Demplot Kawalan PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang, di Dusun Griyan Desa Baturan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (30/9/2021).
 
Acara dihadiri Forkompimca Kecamatan Colomadu, Perwakilan PT.Pusri Palembang, Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Wonoharjo Colomadu, dan seluruh kelompok Tani. Seremonial panen yang diwakili oleh Camat Colomadu, Wakapolsek Colomadu, Babinsa Colomadu, BPP Kecamatan Colomadu, Perwakilan PT Pusri Palembang, Kios Pupuk Tani Gemilang, dan Kelompok Tani.
 
Acara dilanjutkan sarasehan serta diskusi bersama kelompok tani. “Petani jika patuh arahan dari PT. Pusri Palembang dan tidak macam-macam, hasilnya bisa maksimal dan kami selalu siap mengawal apapun yang dibutuhkan kadang tani,” tutur Didik Maryadi, pendamping kawalan dalam rilisnya, Jumat (1/10/2021).
 
Dengan diadakan acara ini, petani mendapatkan keuntungan berlipat. Antara lain ilmu pengolahan tanah yang lebih sempurna, memberikan komposisi pupuk yang berimbang. Petani juga bisa tahu pupuk-pupuk diluar subsidi pemerintah (NPK 15-15-15, urea, bioripah, nutremag, sridek) kawalan PT. Pusri Palembang.
 
Pupuk-pupuk ini berkualitas dengan harga ramah bagi petani. Pupuk ini diklaim dapat meningkatkan kualitas remdemen beras, tanaman lebih sehat dengan OPT (organisme pengganggu tanaman) sekitar 0,5 % sehingga meningkatkan produktivitas akumulatif bagi petani.
 
Adapun komparasinya jika tanpa kawalan [sesuai kemauan petani] rerata gabah kering panen adalah 6,827 ton/ha sedangkan dengan kawalan PT. Pusri meningkat di angka 35 % dengan hasil riil Gabah Kering Panen adalah 10 ton/ha, serta pendapatan hasil panen meningkat 45 %.
 
“Petani tidak perlu resah jika subsidi pupuk dari pemerintah kurang, karena bisa ditambah dengan adanya kawalan PT. Pusri Palembang, petani bisa maju, berinovasi dan terus dapat meningkatkan produktivitas,” tutur pemilik Kios Pupuk Lengkap (KPL) Tani Gemilang, Dalimah.


Sumber: https://www.solopos.com/pusri-palembang-bantu-petani-colomadu-kelola-sawah-1164471