Pusri News

News Press Release

Follow complete information on the latest Pusri’s activities and innovations.

news-1

01 December 2022

KOMITMEN PUSRI MENERAPKAN PRINSIP INDUSTRI HIJAU, PUSRI BERHASIL RAIH PENGHARGAAN INDUSTRI HIJAU 2022

PALEMBANG PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menorehkan prestasi. Kali ini Pusri berhasil raih Penghargaan Industri Hijau Kinerja Terbaik 2022 yang diterima langsung oleh Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang dan diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Kementerian Perindustrian, Andi Rizaldi di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta (25/11).

 

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia kepada industri yang telah memenuhi Standar Industri Hijau (SIH), yaitu pedoman bagi perusahaan industri untuk menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam proses produksi.

 

Disampaikan Saifullah bahwa Pusri berkomitmen untuk menerapkan prinsip dan konsep industri hijau secara berkelanjutan, seperti efisiensi dalam penggunaan bahan baku produksi, efisiensi energi dan penggunaan air. Serta Pusri menggunakan energi terbarukan dalam pengelolaan limbah cair.

 

Beberapa program Pusri lainnya terkait ACES 21, pembersihan coil section reformer, meningkatkan efisiensi gas fuel reforming dengan memanfaatkan gas yang dibuang dari ARU & HRU serta program pada proses produksi lainnya.

 

Dengan adanya penghargaan industry hijau ini tentunya akan menjadi motivasi bagi Pusri, untuk melakukan efisiensi energi dan efisiensi pemakaian bahan baku dan bahan lainnya hingga efisiensi pemakaian air. Disamping itu perusahaan berkomitmen untuk terus melakukan pemberdayaan masyarakat yang lebih baik lagi.

 

Dari efisiensi dan efektivitas yang kami lakukan secara berkesinambungan dapat memberikan penghematan bagi perusahaan, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memberikan manfaat bagi masyarakat”, tutup Saifullah.

 

***

 

 

Palembang, 26 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

29 November 2022

TIM INOVASI PUSRI RAIH PRESTASI MEMBANGGAKAN DALAM TKMPN 2022

Palembang- PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mengukir prestasi yang sangat membanggakan di kancah Nasional Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) Tahun 2022. Pada ajang inovasi yang dilaksanakan sejak tanggal 21-25 November 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Pusri menurunkan Sembilan tim inovasi yaitu GKM HPMod, GKM Star-C, PKM IPD, PKM Teman Pusri, PKM Fancake F, GKM Urgent #1, PKM Logic, GKM Buncob dan QIC Monita.

Ajang TKMPN ke XXVI Tahun 2022 mengangkat tema "Berkarya dan Berinovasi dalam membangun Budaya Mutu & Produktivitas" dan diikuti oleh sekitar 1.500 peserta dari 129 perusahaan nasional yang tergabung dalam 392 tim penyaji di Forum Kompetisi/Eksibisi.

Kesembilan tim yang mewakili Pusri merupakan tim inovasi terbaik yang telah memperoleh penghargaan Perusahaan pada ajang internal Pusri Innovation & Excellence Award (PIEA) ke-35 Tahun 2022.

 

Dalam ajang TKMPN tahun ini, Tim Inovasi Pusri berhasil mendapatkan penghargaan sebagai berikut

o PKM IPD             : Predikat Diamond dan Best Performance
o PKM Fancake F           : Predikat Diamond
o GKM Star-C   : Predikat Diamond
o GKM HPMod       : Predikat Platinum
o PKM Logic             : Predikat Platinum
o PKM Teman Pusri       : Predikat Platinum
o GKM Buncob             : Predikat Platinum
o GKM Urgent #1           : Predikat Gold
o QIC Monita             : Predikat Gold

 

Tim Inovasi Pusri yang mendapatkan penghargaan Diamond antara lain PKM IPD, dengan inovasi untuk mencegah terjadinya trouble ACES Urea Pusri 1B melalui penerapan digitalisasi dan artificial intelligence AKHMAD pada proses ACES produksi Urea Pusri IB. Inovasi ini hadir karena sering terjadi trouble di seksi sintesa ACES Pabrik Urea Pusri 1B sehingga menyebabkan terjadinya uncheduled shutdown yang menyebabkan timbul kerugian dan biaya perbaikan. Inovasi ini tidak hanya menyelesaikan permasalahan internal, tetapi juga menjadi solusi bagi perusahaan Pupuk lain dimana inovasi ini akan diterapkan pada 11 pabrik di Petrokimia Gresik dengan rencana nilai proyek Rp 7 milyar lebih. Tentu saja ini juga berpotensi untuk dapat diterapkan di industri lainnya.

Selanjutnya ada inovasi dari PKM Fancake yang beranggotakan 12 orang dengan mengangkat judul Pemanfaatan FABA sebagai filter, pigmen Mixture dan Anti Caking Agent untuk mengurangi beban HPP Produksi dan biaya Handling Limbah Fly Ash. Hal ini terkait upaya optimalisasi Pemanfaatan Fly Ash untuk menekan biaya penanganan Limbah Ash Sisa Pembakaran sekaligus mengurangi biaya produksi yang berujung pada menurunnya biaya Harga Pokok Produksi Pupuk NPK.

Selain itu ada GKM Star-C dari Departemen Inspeksi Teknik dengan inovasi Pembuatan Compact Industrial Inspection Technology yaitu teknologi robotik yang dapat melakukan tiga metode utama pemeriksaan NDT (Visual Test, Ultrasonic Test, Electromagnetic Test) pada peralatan pabrik di area yang sulit dijangkau dan berbahaya sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja dan mempercepat proses pekerjaan pemeriksaan lapangan. Disamping juga inovasi-inovasi lainnya dibidang pemeriksaaan katalis, pemeriksaan mandiri mechanical seal, aplikasi antrian truk pupuk, sistim informasi penagihan piutang, sistem monitoring & alarm level basin dan inovasi produk Pupuk NPK Khusus Singkong.

 

Dalam kesempatan yang sama, Pusri juga mengirimkan pembicara pada Forum Manajemen yaitu terkait "Digital Fertilizer" yang disampaikan oleh Bpk. Dikdik Yuliana- SVP Jasa Pelayanan Pabrik. Dalam paparan singkatnya menjelaskan mengenai proses bisnis PT Pusri Palembang serta tahapan proses digital fertilizer seperti Proses Monitoring, Asset Monitoring, Maintenance Excellence dan Digital Handbook dalam rangka menuju operational excellence.

Dengan pencapaian yang berhasil diraih kesembilan tim inovasi Pusri, Direktur Operasi & Produksi PT Pusri, Filius Yuliandi mewakili jajaran Direksi mengapresiasi atas pencapaian tersebut dan mengucapkan selamat kepada inovator yang telah mencapai penghargaan nasional dan Internasional, dan mengajak Insan Pusri agar senantiasa berinovasi untuk Pusri Maju 2025.

 

***

 

Informasi lebih lanjut:

VP Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]

Read More
news-1

25 November 2022

AKSI CEPAT TANGGAP PUSRI UNTUK CIANJUR

CIANJUR PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan aksi cepat tanggap terhadap bencana alam gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Ritcher yang terjadi Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada 21 November lalu.

 

Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan, Pusri berkolaborasi dengan Pupuk Indonesia Grup hadir langsung memberikan bantuan 4 (empat) ton beras ke Posko Bencana Pupuk Indonesia Grup di Desa Bonjot, Kec. Cugenang.

 

Selain itu Pusri juga memberikan bantuan lainnya untuk para korban, yang berupa makanan untuk balita maupun dewasa serta beberapa kebutuhan penting lainnya. Tepatnya di Kampung Seuseupan, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Cugeneng.

 

Bantuan yang diberikan seperti ±1 (satu) ton beras, air minum bersih, biskuit, bubur bayi, mie instan, pampers, susu dan sarden, yang secara simbolis bantuan dilepaskan langsung oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh dan mewakili manajemen Pusri bantuan diserahkan langsung oleh VP KPJ, Retno Widhiati(24/11).

 

“Mewakili seluruh Insan Pusri, kami mengucapkan turut berduka cita atas bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur. Semoga para korban yang terdampak dapat segera pulih dan warga yang kehilangan diberikan ketabahan serta kekuatan”, terang Tri.

 

Pusri sebagai perusahaan yang ada ditengah masyarakat, senantiasa berupaya hadir dan membantu terutama masyarakat yang terkena musibah, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab moral dan kepedulian terhadap sesama.

 

“Harapan kami, bantuan dari Pusri dapat meringankan sedikit beban warga yang terdampak. Serta semoga semakin banyak bantuan yang diberikan kepada warga, agar semuanya dapat segera bangkit bersama”, tutup Tri.

 

***

 

 

Palembang, 25 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

25 November 2022

SURVEY KEPUASAN LINGKUNGAN PUSRI, KOMITMEN PUSRI TERHADAP WARGA SEKITAR PERUSAHAN

PALEMBANG – Guna meningkatkan kualitas pelayanan dan program unggulan perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) gelar Survey  Kepuasan Lingkungan (SKL) atas kinerja perusahaan sepanjang Tahun 2021 (23/11).

 

SKL yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pusri ini dibuka oleh Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang dan diikuti oleh 250 (dua ratus lima puluh) responden yang terdiri dari unsur Muspika, LPMK, LSM, Mitra Binaan dan warga lingkungan ring 1 (satu) perusahaan.

 

Dalam mengelola bisnis, Pusri tidak lagi melihat bahwa proses bisnis harus terpisah dari masyarakat, namun merupakan satu kesatuan dalam satu komunitas yang berada di tengah masyarakat. Sebab masyarakat merupakan stakeholder dari perusahaan. Sehingga apa pun yang terjadi dengan masyarakat akan mempengaruhi perusahaan, begitu pun sebaliknya. Sehingga tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menciptakan sinergi yang kokoh antara Pusri dan masyarakat.

 

Hadir pada acara ini Ketua Pusat Studi Pembangunan Masyarakat sekaligus Tim Independen Pemantau SKL 2022, Dr. Ir. Muhammad Yamin, Komisaris Pusri, KH. Amiruddin Nahrawi, Camat Kalidoni, Rama Cahya Putra, Camat Ilir Timur II, Septa Marus Eka Putra,  Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang, SVP Sekretariat Perusahaan & Tata Kelola, Indah Irmayani dan responden SKL 2022.

 

“SKL ini sudah menjadi kewajiban kami sebagai salah satu anak perusahaan BUMN untuk melakukan survey dan memastikan kepuasan masyarakat di lingkungan perusahan”, terang Saifullah.

 

Pelaksanaan SKL ini merupakan kali pertama dilaksanakan kembali secara tatap muka sejak pandemi COVID-19. Sejak tahun 2009 Pusri terus melaksanakan kegiatan ini. Dua tahun sebelumnya kegiatan dilakukan terbatas, yaitu di rumah warga dengan koordinasi bersama pejabat setempat.

 

“Sampai saat ini tanggung jawab sosial dan lingkungan Pusri kami nilai berjalan sangat baik dengan dukungan masyarakat lingkungan. Kami merasakan masyarakat lebih terayomi, lebih diperhatikan dan sarana prasarana dipenuhi dengan baik oleh Pusri”, terang Septa Marus Eka Putra.

 

Kedepannya Pusri sebagai perusahaan yang ada ditengah masyarakat, tentunya akan terus berupaya menghadirkan program-program CSR baru dan berkelanjutan guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

***

Palembang, 23 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

23 November 2022

SEKOLAH KOPI : PUPI CERDAS PUSRI, TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PETANI KOPI LAMPUNG BARAT

PALEMBANG – Sebagai perusahaan pupuk pertama di Indonesia dengan visi menjadi perusahaan agroindustri unggul di Asia, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan produk unggul bagi petani.

 

Salah satu produk unggulan Pusri yaitu NPK Kopi, guna meningkatkan produktivitas kopi salah satunya di Provinsi Lampung, Pusri laksanakan sosialisasi Sekolah Kopi : Petani Unggul Petani Indonesia (PUPI) Cerdas, yang diselenggarakan di Wisata Edukasi Sekolah Kopi, Kecamatan Way Tenong Kab. Lampung Barat Provinsi Lampung (22/11).

 

Hadir pada acara ini VP Komunikasi Pemasaran & Branding PI, Junianto Simare Mare, Asisten II Bupat Lampung Barat, Wasisno Sembiring, Staf Senior Marketing Support Pusri, Benny Farlo, unsur muspika dan muspida setempat serta petani kopi di Lampung Barat.

 

Disampaikan Junianto bahwa tujuan kegiatan ini untuk mendukung petani dan penggiat kopi yang ada di Lampung Barat serta memberikan edukasi dalam meningkatkan produktivitas kopi.

 

Ikon Lampung Barat adalah kopi, dengan luas daerah saat ini yaitu ±2.167 persegi atau sekitar 200.000 hektar. “Dari total luasan tersebut, 80 ribu hektar bisa digunakan untuk menjadi lahan petani kopi. Karena sisanya sudah menjadi kawasan hutan lindung, kawasan nasional dan lain-lain”, terang Asisten II, Wasisno.

 

Dengan luasan daerah tersebut, mayoritas pekerjaan masyarakat setempat adalah petani kopi. Sehingga menjadi potensial yang tinggi untuk dilakukan peningkatan kualitas dan kuantitas kopi. Namun permasalahan di lapangan saat ini yaitu produktivitas petani yang cenderung lamban meningkat. Sehingga menyebabkan adanya peralihan jenis usaha kedepannya jika tidak dilakukan perbaikan.

 

“Untuk itu, melalui kegiatan sosialisasi & edukasi nantinya akan memberikan edukasi kepada para petani kopi. Ada 3 hal yang harus tercapai pada pertemuan ini yakni adalah peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan, dan perubahan perilaku”, terang Wasisno.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai uji klinis tanah, bagaimana cara pemupukan yang baik dan benar, bagaimana agar kualitas produk meningkat, serta menyediakan teknologi hingga pengetahuan terkait budidaya kopi.

“Kami juga hadir memberikan layanan mobil uji klinis tanah secara gratis, yang tersebar di kurang lebih 30 Provinsi di Indonesia. Jadi bagi siapapun yang ingin mengetahui status layanannya seperti apa, berapa rekomendasi pemupukan untuk tanaman, itu semua bisa dilakukan di mobil uji klinis”, jelas Junianto.

Sehingga nantinya pendapatan yang diperoleh dari para petani kopi bisa menjadi optimal dan bisa lebih mensejahterakan.

 

***

Palembang, 23 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

17 November 2022

Audiensi Pusri dengan Kejaksaan Negeri Palembang

PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Audiensi dengan Kejaksaan Negeri Sumsel Eko Adhyaksono, SH.,MH, yang berlangsung di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Palembang.

Dihadiri oleh Kasi datun Vanny Yulia Eka Sari, SH.MH, Kasi pidsus Bobby Halomoan Sirait, SH.,MH, Jaksa Dyah Rahmawati, SH, Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Operasi dan Produksi Pusri, Filius Yuliandi, Direktur Keuangan & Umum, Saifullah Lasindrang, Heado of Corporate Legal, Handra Pandu Pradana dan SVP Sekretaris Perusahaan & Tata Kelola, Indah Irmayani.

Kegjatan ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi Pusri dan Kejaksaan Negeri Kota Palembang dengan komunikasi serta silaturrahmi yang dilaksanakan. Serta diharapkan dapat memeperkuat sinergi kedua belah pihak demi mewujudkan ketahanan pangan di Bumi Sriwijaya.

Read More
news-1

15 November 2022

AUDIENSI PUSRI DENGAN KAPOLDA SUMSEL

PALEMBANG - PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Audiensi dengan Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K., yang berlangsung di Mapolda Sumsel.

 

Dihadiri oleh Karoops Polda Sumsel, Kombes Pol. Drs. Kamaruddin, M.Si, Wadir Pamobvit, AKBP H Raden Bobby Aria Prakasa, S.I.K., MM, Wadireskrimsus, AKBP Putu Yudha Prawira. S.I.K., M.H., Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Operasi dan Produksi Pusri, Filius Yuliandi, Direktur Keuangan & Umum, Saifullah Lasindrang dan SVP Sekretaris Perusahaan & Tata Kelola, Indah Irmayani.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi Pusri dan Polda Sumsel dengan komunikasi serta silaturrahmi yang dilaksanakan. Serta diharapkan dapat memeperkuat sinergi kedua belah pihak demi mewujudkan ketahanan pangan di Bumi Sriwijaya.

 

 

Palembang, 15 Oktober 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

11 November 2022

DIREKTUR UTAMA PUSRI, TERPILIH SEBAGAI MOST POPULAR LEADER IN SOCIAL MEDIA

PALEMBANG Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh berhasil raih penghargaan PR Indonesia Most Popular Leader in Social Media 2022, pada kompetisi insan PR Indonesia 2022 kategori CEO Anak Usaha BUMN yang diselenggarakan di Empire Grand Ballroom Surabaya (10/11).

 

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, PR Indonesia selaku penyelenggara menyerahkan apresiasi setinggi-tingginya kepada para “pahlawan” di bidang public relations melalui event Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) #8 di Surabaya.

 

Hadir menyerahkan penghargaan ini founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan kepada VP Humas Pusri, Soerjo Hartono yang mewakili Direktur Utama Pusri.

 

Penghargaan ini berhasil diraih PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), berkat kerja keras bersama seluruh Insan Pusri dan dibawah pimpinan Tri Wahyudi Saleh yang mampu membawa reputasi positif bagi Pusri. Salah satunya melalui platform media sosial yang dimiliki Pusri, yaitu Twitter, Facebook, Instagram, Tik-Tok dan Youtube.

 

Disampaikan Asmono Wikan bahwa penentuan pemenang pada kategori ini berdasarkan pada hasil monitoring pemberitaan di media sosial dan kuantitas ekspos perbincangan positif netizen, dengan mempertimbangkan konten pembicaraan yang dianalisis kualitatif oleh PR Indonesia dan Indonesia Indicator yang berbasis artificial intelligence secara real-time sejak 1 Januari – 30 September 2022.

 

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk dapat terus memaksimalkan pemanfaatan media sosial, sebagai platform untuk menyebarkan informasi perusahaan secara cepat, efektif dan efisien bagi masyarakat”, terang Soerjo.

 

Lebih lanjut disampaikan Soerjo bahwa di era keterbukaan informasi publik seperti saat ini, seorang leader harus handal dan luwes dalam memanfaatkan media sosial khususnya sebagai sarana edukasi dan juga sosialisasi.

 

“Harapan kami dan manjemen Pusri, ajang tahunan yang diselenggarakan oleh PR Indonesia ini dapat terus diselenggarakan pada tahun-tahun yang akan dating. Serta dapat menjadi motivasi bagi seluruh praktisi PR untuk terus meningkatkan kualitasnya”, tutup Soerjo.

 

 

 

Palembang, 11 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

08 November 2022

PUSRI RAIH PENGHARGAAN PROKLIM TINGKAT KOTA PALEMBANG

PALEMBANG Sebagai perusahaan agroindustri terbesar di Palembang, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Kota Palembang Tahun 2022.

 

Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Program Kampung Iklim, Program Adiwiyata dan Lomba dalam rangka peringatan Hari Lingkungn Hidup Sedunia Tingkat Kota Palembang Tahun 2022 dan Pusri berhasil meraih penghargaan pada kategori Pendukung Program Kampung Iklim.

 

Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa dan diterima oleh SVP Umum Pusri, R.A Rahim pada acara Apel Bersama Pemkot Palembang di Plaza Benteng Kuto Besak (07/11).

 

Penghargaan Apresiasi Pendukung Proklim tersebut diterima oleh Pusri karena pusri konsisten dalam membina 11 (sebelas) kampung proklim. Proklim merupakan salah satu strategi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya pengendalian perubahan iklim dengan mendorong kerjasama multi-pihak untuk memperkuat kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

 

Disampaikan VP CSR Pusri, Alde Dyanrini bahwa Pada kesempatan tersebut, 2 kampung proklim binaan Pusri yaitu Kampung Proklim Sungai Selincah dan Proklim 8 Ilir juga mendapatkan penghargaan Proklim Utama.

 

Berkat konsisten dalam membina warga di kampung proklim, Pusri bisa meraih penghargaan ini. Tentunya kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi sekali atas penghargaan yang diberikan. Semoga semakin memotivasi kami untuk jadi lebih baik lagi”, terang Rahim.

 

Adapun lokasi binaan Pusri untuk Program Kampung Iklim ini yaitu :

1. Kampung Air Kelurahan 1 Ilir Kec. IT II
2. Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat I
3. Kelurahan Sukamaju Kecamatan Sukarami
4. Kelurahan Bukit Sangkal – Kalidoni
5. Kelurahan Sungai Selayur – Kalidoni
6. Kelurahan Sungai Selincah – Kalidoni
7. Kelurahan Sungai Lais – Kalidoni
8. Kelurahan Sukamulya – Sematang Borang
9. Kelurahan 8 Ilir
10. Kelurahan 2 Ilir
11. Kecamatan Kalidoni

“Tentunya penghargaan yang diserahkan kepada Pusri ini akan menjadi motivasi bagi Pusri untuk terus melaksanalan program pemberdayaan masyarakat dengan value yang tinggi serta berkelanjutan. Serta untuk mendukung Visi Gubernur Sumsel, Sumsel Maju untuk Semua”, tutup Rahim.

***

 

Palembang, 08 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

03 November 2022

PUSRI GELAR PANGGUNG GEMBIRA PETANI, PETANI MAKMUR NEGARA KUAT

LAMPUNG – Sebagai komitmen Pusri dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Panggung Gembira Petani, yang dilaksanakan di Desa Sriwijaya Mataram, Lampung Tengah (03/11).

 

Acara yang dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, BPP Lampung, Unsur Muspika dan Muspida setempat, komunitas petani singkong di Desa Sriwijaya Mataram, perwakilan kelompok tani, distributor dan kios mitra retail management dan santri ini, juga turut dihibur oleh Nabila Maharani.

 

Disampaikan Tri bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk NPK spesifik komoditas NPK Singkong.”Acara ini kami selenggarakan tentunya juga untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan engagement antara Pusri dengan produsen, mitra dan end user khususnya kelompok tani di Kabupaten Lampung Tengah”, terang Tri.

 

Pada acara ini petani dapat membeli produk-produk non subsidi Pusri khususnya NPK spesifikasi untuk  Singkong dengan harga yang terjangkau dalam program One Day Promotion (ODP), dimana dengan menggunakan NPK Singkong terbukti dapat meningkatkan produktivitas tambahan hasil panen hingga 6 Ton per Hektar. Serta bagi petani yang melakukan pembelian pupuk on the spot pada kegiatan ini akan mendapatkan hadiah langsung berupa Alat Saprodi, Aneka Peralatan Rumah Tangga, Genset serta hadiah-hadiah menarik lainnya.

 

“Produk-produk inovasi kami sangat beragam, salah satunya NPK Singkong yang sudah kami laksanakan uji coba dan terbukti berhasil meningkatkan produktivitas. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong petani untuk bersama-sama mewujudukan ketahanan pangan nasional”, jelas Tri.

 

Selanjutnya kegiatan ini rencananya juga akan dilakukan di Provinsi lain di Indonesia, khususnya di wilayah Sumbagsel.

 

Petani yang hadir pada acara ini juga dapat menngikuti rangkaian lomba dengan hadiah yang sangat menarik, demo pemupukan, doorprize, fun games yang dapat meningkatkan keakraban antar petani juga menghibur petani maupun warga setempat.

 

Melalui kegiatan ini, Pusri berharap dapat membangun hubungan yang lebih baik khususnya antara Pusri dengan petani sebagai mitra Pusri dan jangka panjangnya dapat menjadi salah satu sinergi Pusri dengan stakeholders dan end user.

 

 

***

 

Palembang, 03 November 2022

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Read More
news-1

03 November 2022

PERKUAT SEKTOR PERTANIAN, PUSRI GELAR ONE DAY PROMOTION DI PROVINSI LAMPUNG

LAMPUNG – Guna memperkuat sektor produksi pertanian di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) menggelar kegiatan Sekolah Tani atau One Day Promotion (ODP) yang dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung (03/11).

Ditengah ancaman krisis pangan dan kebangkitan ekonomi nasional, Pusri sebagai perusahaan dengan visi menjadi perusahaan agroindustri unggul di Asia senantiasa mencari solusi dan melaksanakan berbagai kegiatan guna memperkuat sektor produksi pertanian dalam negeri, salah satunya melalui kegiatan ini.

Turut hadir pada acara ini Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, Bupati Tulang Bawang, Winarti, Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, SVP Transformasi Bisnis, Fakhrurrazi, unsur muspika setempat serta petani singkong di Tulang Bawang.

Disampaikan Tri bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk NPK spesifik komoditas NPK Singkong.”Acara ini kami selenggarakan tentunya juga untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan engagement antara Pusri dengan produsen, mitra dan end user khususnya kelompok tani di Provinsi Lampung”, terang Tri.

Pada acara ini dilaksanakan juga penyerahan bantuan 8 (delapan) ton NPK singkong, yang secara simbolis diserahkan oleh Tri Wahyudi Saleh kepada Bupati Tulang Bawang.

“Melalui bantuan yang kami berikan ini, semoga dapat membantu meningkatkan produktivitas petani disini, karena NPK Singkong sudah kami laksanakan uji coba dan terbukti berhasil meningkatkan produktivitas. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong petani untuk bersama-sama mewujudukan ketahanan pangan nasional”, jelas Tri.

Sekolah Tani yang dilaksanakan Pusri untuk petani di Tulang Bawang ini juga merupakan komitmen Pusri dalam memberikan bantuan berupa layanan dan edukasi untuk petani. “Kami dalam kesempatan ini kami hadir memberikan edukasi da bimbingan teknis kepada petani dan bantuan demplot NPK Singkong kepada mitra integrator”, terang Tri.

Melalui kegiatan ini, Pusri berharap dapat membangun hubungan yang lebih baik khususnya antara Pusri dengan petani sebagai mitra Pusri dan jangka panjangnya dapat menjadi salah satu sinergi Pusri dengan stakeholders dan end user.

Disampaikan Winarti bahwa program yang dilaksanakan Pusri ini sangat baik, karena bukan hanya pelatihan tapi juga bantuan-bantuan berkelanjutan yang diharapkan bisa membantu petani singkong dan petani lainnya”, ungkap Winarti.

“Kedepannya kami juga berharap petani percaya pada produk-produk inovasi Pusri yang memberikan banyak manfaat khususnya bagi tanaman. Dan kami senantiasa akan terus melakukan riset dan inovasi guna memenuhi kebutuhan tanaman”, tutup Tri.

Read More
news-1

02 November 2022

INOVASI INSAN PUSRI, BERPOTENSI EFISIENSI HINGGA 864 MILYAR

PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan Grand Final Pusri Innovation & Excellence Award (PIEA) 2022 bertempat di Gedung Serba Guna PT Pusri Palembang (01/11). Gelaran PIEA 2022 ke-34 Tahun ini mengusung Tema “Let’s Innovate & Keep Growing to Be an Industry Leader” dan diikuti oleh 430 (empat ratus tiga puluh) karya inovasi dari seluruh Insan Pusri yang telah berpartisipasi.

 

Setelah melaksanakan serangkaian proses penjurian dan seleksi, didapatkan sebanyak 24 (Dua puluh empat) finalis yang lolos berkompetisi pada Grand Final PIEA yang selanjutnya dinilai langsung oleh Direksi Pusri. Jumlah inovasi Insan Pusri pada Tahun 2022 sangat meningkat jika dibandingkan dengan Tahun 2021 yaitu sebanyak 232 inovasi. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan inovasi dari Insan Pusri kian meningkat setiap tahunnya. Dengan total biaya inovasi sekitar Rp.31 Milyar.

 

Sementara terkait dampak positif keuangan menghasilkan penghematan biaya operasional sebesar Rp. 267 Milyar dan potens biaya penghematan sebesar Rp. 864 Milyar. Fokus tema inovasi tahun ini yaitu terkait bidang efisiensi energi / proses, perlindungan lingkungan, K3, Digitalisasi, Peningkatan Mutu Produk / Layanan dan Pengembangan Bisnis.

 

Dengan Inovasi-inovasi yang ditampilkan dalam Grand Final PIEA, tidak hanya didominasi dari kegiatan-kegiatan operasional pabrik yang bersifat rutin, namun cukup beragam seperti penggunaan Artificial Inteligence pada proses monitoring kinerja pabrik, Implementasi Employee Assisstance Program untuk meningkatkan produktivitas Kesehatan mental karyawan dalam rangka mencegah, mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan karyawan yang berdampak pada kinerja karyawan serta sejumlah inovasi lainnya.

 

Direksi Pusri sangat mengapresiasi seluruh peserta inovasi, hal ini ditunjukkan dengan diberikannya berbagai macam hadiah serta apresiasi untuk para innovator Pusri. Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh yang hadir sebagai Dewan Juri bersama Direktur Keuangan dan Umum, Saifullah Lasindrang dan Direktur Operasi & Produksi, Filius Yuliandi, menyampaikan bahwa seluruh inovasi yang telah dilaksanakan diharap dapat bermanfaat khususnya unttuk kemajuan Pusri.

 

Melalui penghargaan ini Insan Pusri diharapkan terus termotivasi untuk menciptakan dan melaksanakan di unit kerja nya masing-masing. Karena gelaran dan kompetisi inovasi ini akan terus dilaksanakan hingga ke tingkat internasional. “Menjelang akhir tahun ini, dalam waktu dekat rencananya akan ada gelaran konvensi nasional TKMPN 2022, dan Pusri tentunya akan turut berpartisipasi dan berkompetisi dengan para inovator-inovator dari perusahaan lainnya”, jelas Tri.

 

Lebih lanjut disampaikan Tri, ditengah era industry 5.0, Pusri akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Mengingat semangat inovasi dari Insan Pusri. “Tantangan perusahaan semakin menantang dan beragam, namun kami pasti bisa menghadapinya dengan semangat inovasi dan kolaborasi segenap Insan Pusri”, tutup Tri..

***

Read More
Report Governance Public Info FAQ