Pusri News

Press Release

Follow complete information on the latest Pusri’s activities and innovations.

news-1

24 July 2024

KINI MENGENAL PUSRI LEBIH SERU, MELALUI VIRTUAL REALITY

PALEMBANG – Sebagai salah satu upaya digital transformation khususnya dalam bidang pembelajaran di lingkungan perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding dari PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Launching Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) di Auditorium Musi Diklat (22/07).

Saat ini teknologi VR & AR memegang peranan penting dalam dunia metaverse. Keduanya memiliki perbedaan mendasar, yaitu Augmented Reality mensimulasikan objek buatan di lingkungan nyata. Sementara Virtual Reality sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer, lingkungan sungguhan di dunia nyata atau lingkungan fiktif hasil imajinasi.

Dengan teknologi AR & VR ini, Pusri berupaya menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik dan efektif. Serta kedepannya diharapkan dapat membantu karyawan dan tamu perusahaan memahami tentang profil Pusri dengan lebih mudah.

“Kami menghadirkan media pembelajaran yang baru di Pusri dengan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. Dengan pengalaman visual yang menarik, memungkinkan visualisasi objek dan konsep pembelajaran lebih realistis atau didukung dengan animasi yang menjelaskan konsep secara visual”, ungkap SVP SDM, Nuril Huda.

AR/VR Pusri memiliki 5 (lima) core module utama yaitu, first aid, firefighter, safety patrol, plant tour, Distributed Control System (DCS) 3D Pusri 2B. Sementara untuk perspektif audience dibagi menjadi dua yaitu perspektif karyawan untuk pelatihan dan perspektif tamu yaitu untuk pengenalan Pusri.

Sebagai salah satu contoh pada salah satu core modul yaitu pelatihan jika terjadi kecelakaan kerja, maka karyawan bisa mencoba simulasi kejadian tersebut tanpa harus menunggu kecelakaan real di lapangan ataupun harus melaksanakan simulasi langsung di lapangan.

Read More
news-1

23 July 2024

PENANDATANGANAN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS BENGKULU

Dilaksanakannya Penandatanganan Kerjasama Bidang Pendidikan antara Pusri dengan Universitas Bengkulu (UNIB), yang ditandatangani langsung mewakili manajemen Pusri, SVP SDM Pusri, Nuril Huda dan dari UNIB yaitu Rektor Universitas Bengkulu, Dr. Retno Agustina Ekaputri. Dengan turut dihadiri oleh Wakil Rektor Sumber Daya, Yefriza, Wakil Rektor Akademik, Prof. M. Lutfi Firdaus beserta jajaran dari UNIB, serta jajaran SVP dan VP terkait dari PT Pusri Palembang.

SVP SDM Pusri, Nuril Huda mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pusri, dalam upaya meningkatkan kualitas dan pengembangan SDM unggul di bidang industri, serta sebagai salah satu langkah dalam mendukung peningkatan SDM khususnya generasi unggul di masa depan.

“Nota kesepahaman yang ditanda tangani hari ini, tidak hanya menjadi simbol formalitas, namun juga sebagai langkah strategis yang membawa harapan besar bagi kemajuan bersama”, ungkap Nuril.

Dalam kerjasama ini, ada beberapa poin penting yang menjadi fokus utama dari kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia industri, di antaranya:

  • Program Magang Industri: Bagi dosen dan mahasiswa, program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung di dunia industri, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang relevan.
  • Evaluasi Pengembangan dan Penyelarasan Kurikulum: Melalui kolaborasi ini, kita berupaya untuk penyelarasan antara dunia pendidikan dengan dunia industri, sehingga lulusan kita lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja.
  • Penelitian Bersama: Penelitian yang dilakukan secara kolaboratif akan menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
  • Penyediaan Narasumber dan Tenaga Ahli: Dengan adanya narasumber dan tenaga ahli, baik dari PT Pusri sebagai praktisi, atau dari Universitas Bengkulu sebagai akademisi, kita berharap dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memberikan wawasan praktis yang lebih mendalam bagi para mahasiswa.

Pusri akan terus berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan dan mengembangkan SDM unggul Indonesia Emas. Salah satunya dengan membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk menggali ilmu langsung dan belajar praktik di  dunia industri. Terkait rata-rata peserta mahasiswa magang di Pusri pertahun adalah sebasar 2.857 peserta. Selain itu, beberapa inovasi mahasiswa telah dikolaborasikan dan di implementasikan juga telah di implementasikan di Pusri.

Melalui kerjasama ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak. Bagi Universitas Bengkulu, ini semoga ini dapat membuka kesempatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja global. Bagi Pusri ini adalah langkah strategis dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan inovatif, yang akan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan.

 

***

 

Palembang, 23 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

18 July 2024

DORONG UMKM NAIK KELAS, MITRA BINAAN PUSRI TURUT BERPARTISIPASI PADA PADI UMKM HYBRID EXPO & CONFERENCE 2024

JAKARTA – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) senantiasa berkomitmen dalam mendukung setiap mitra binaannya. Salah satunya Pusri kembali berpartisipasi dengan membawa mitra unggulan untuk mengikuti PaDi (Pasar Digital) UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 yang diselenggarakan mulai tanggal 11 s.d 14 Juli 2024 di Mall Sarinah, Jakarta.

PaDi UMKM merupakan sebuah platform yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dengan Visi menjadi ekosistem digital unggulan UMKM di seluruh Indonesia. Sehingga melalui PaDi UMKM, dapat lebih meningkat dan berkembang secara sistematis pada skala nasional maupun global untuk menjadi penggerak utama ekonomi bangsa.

Pameran PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya, pada tahun ini PaDi UMKM Hybrid Expo menambahkan komponen Conference untuk membahas topik aktual terkait dengan pengembangan UMKM serta Business Matching yang bertujuan untuk mempertemukan langsung Buyer Group dari BUMN dengan para pelaku UMKM. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini menampilkan beberapa rangkaian acara seperti diskusi komunitas, workshop seputar fashion, beauty dan seni.

Loto Srinaita Ginting, Staff Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN mengungkapkan bahwa PaDI UMKM dapat memperkuat integrasi dengan instansi pemerintah serta menghadirkan produk UMKM dengan harga yang kompetitif dan mematikan data vendor sesuai dengan standarisasi BUMN. Sehingga komitmen PaDi UMKM tetap mempertahankan, memajukan pengembangan dan mengedepankan kepentingan UMKM melalui fitur baru yang tersedia di platform PaDi UMKM.

Dalam Kesempatan ini, Alde Dyanrini selaku VP TJSL Pusri menyatakan, “Kami percaya bahwa pengembangan UMKM merupakan kunci penting dalam memperkuat Ekonomi Nasional. Dengan ikut serta dalam PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024, Pusri berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi UMKM, serta mendorong inovasi dan kreativitas di sektor usaha kecil dan menengah.”

Adapun mitra binaan Pusri yang ikut berpartisipasi pada acara ini adalah Rumah Kain, Masayu Collection, Nadina Salim, Deajeng Sewing Craft dan Indah Songket & Souvenir.

Melalui keikutsertaan dalam acara PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024, Pusri dan Rumah BUMN Sumsel diharapkan dapat berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan UMKM. Harapannya melalui PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024, UMKM di Indonesia akan semakin dikenal dan mampu bersaing di pasar global.

***

Palembang, 18 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

18 July 2024

PUSRI RAIH PENGHARGAAN NUSANTARA CSR AWARD 2024

JAKARTA – PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmen dalam tanggung jawab sosial perusahaan dengan meraih Platinum dalam ajang bergengsi Nusantara CSR Award 2024 yang diterima secara langsung, mewakili manajemen Pusri, VP Komunikasi & Adm. Korporat, Rustam Effendi di Hotel Kempinski Jakarta (17/7).

Penghargaan ini diberikan oleh La Tofi School of Social Responsibility sebagai pengakuan atas kontribusi Pusri dalam dua kategori utama: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi serta Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Dalam kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Pusri berhasil mendapatkan pengkuan melalui program Pengembangan UMKM yang dijalankan melalui Rumah BUMN Sumsel. Program ini bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Sumatera Selatan, dengan memberikan pelatihan, pendampingan, serta akses ke berbagai sumber daya dan pasar yang lebih luas. Upaya ini tidak hanya meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Untuk kategori Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pusri meraih penghargaan berkat inisiatif Program Sehat Sejahtera Pulau Kemaro (SESERA). Program SESERA dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Pulau Kemaro melalui berbagai kegiatan yang terintegrasi, seperti penyediaan layanan kesehatan, peningkatan akses air bersih, serta pemberdayaan ekonomi melalui pertanian terapung dan kerajinan eceng gondok. Program ini berhasil menciptakan lingkungan yang lebih sehat, bersih, dan mandiri bagi masyarakat setempat.

Ajang Nusantara CSR Award 2024 merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan kinerja unggul dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR). Acara ini dihadiri oleh berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia yang berkompetisi dalam berbagai kategori yang mencerminkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Selain penghargaan untuk program-program CSR, Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob juga menerima penghargaan sebagai Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas kepemimpinannya dalam mengarahkan perusahaan menuju praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Alhamdulillah dengan penghargaan ini, semoga dapat memperkuat reputasi Pusri sebagai perusahaan yang bertanggung jawab sosial dan berperan aktif dalam membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan berkelanjutan”, tutup Rustam Effendi.

***

 

Palembang, 18 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

17 July 2024

PILING TEST PABRIK PUSRI IIIB

Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob didampingi Direktur Operasi & Produksi, Filius Yuliandi, dan jajaran Tim Produksi serta Tim Project Pusri IIIB, meninjau langsung progress pelaksanaan pembangunan Pusri IIIB.

Saat ini pembangunan Pusri IIIB sudah memasuki tahapan pekerjaan pemancangan / Pilling Test.

Rencana jumlah titik pemacangan sebanyak 5241 titik pile/pancang (10482 pile), dan direncanakan selesai dalam waktu 6 bulan kedepan. Metode pemancangan menggunakan metode HSPD (Hydraulic Static Pile Driver) yang minim getaran, dan lebih efisien.

Saat ini Tim Project PIIIB juga sedang melaksanakan tahapan Detail Engineering, manufacturing proprietary equipment dan Procuremnet Critical/main equipment.

Pembangunan Project PIIIB ini, sudah masuk bulan ke 8 dan direncanakan selesai dalam kurun waktu 40 bulan. dengan Kontraktor pelaksana Project Consortium Wuhan Eng. Co. Ltd dan PT. Adhi Karya (Persero).

Project Pusri IIIB dibangun dengan teknologi ammoniak – KBR Purifier dengan kapasitas 1350 MTPD dan pabrik urea dengan teknologi Aces 21 berkapasitas 2750 MTPD yang dibangun dilahan seluas 8,8 Ha.

#PusriIIIB
#PusriIIIBProject
#PabrikPusri
#ProgressPusriIIIB

Read More
news-1

14 July 2024

DIRUT PUSRI PASTIKAN STOK PUPUK AMAN

Sebagai bentuk tanggung jawab dalam penyediaan pupuk bersubsidi, Pusri senantiasa memastikan ketersediaan stok pupuk di seluruh wilayah tanggung jawab Pusri, salah satunya Provinsi Lampung.

Pusri menyiapkan stok NPK bersubsidi untuk Provinsi Lampung yaitu sebesar 396.891 ton.

Tingginya penyerapan NPK bersubsidi selama tiga bulan terakhir sekitar 35.000 MT/bulan. Sehingga untuk antisipasi ketersediaan stok di lapangan, maka dilakukan penambahan stok yang sudah tersedia di gudang dan telah disalurkan oleh distributor.

Guna memastikan ketersediaan stok di gudang, Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob meninjau langsung gudang penyimpanan Pusri yang ada di Lampung. Diantaranya Gudang Padimas 1, Gudang Padimas 2, Gudang BGR Bandar Jaya dan Gudang Bandar Jaya 2.

Pusri memastikan bahwa petani tidak akan kekurangan pupuk karena stok yang telah disediakan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan petani. Hal ini juga telah dipastikan dengan tinjauan langsung ke gudang penyimpanan pupuk pada hari ini.

#NPKBersubsidiPusri
#StokPupukBersubsidi
#PupukPusri
#PusriPalembang
#DaconiKhotob
#GudangPupukPusri

Read More
news-1

12 July 2024

PELATIHAN TANGGAP BENCANA DARI PUSRI UNTUK WARGA KAMPUNG SEHATI

PALEMBANG –  PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding dari PT Pupuk Indonesia (Persero), senantiasa memperhatikan kesehatan dan keselamatan karyawan dan lingkungan sekitar perusahaan. Sebagai wujud kepedulian tersebut, Pusri merealisasikan agenda bertajuk Sosialisasi & Pelatihan Tanggap Bencana Kebakaran Kampung Sehati 2024 yang dilaksanakan di Halaman Masjid Al-Muhajirin (10/07/2024).

Hadir langsung memberikan materi pada pelatihan ini, tim dari Departemen K3 Pusri. Sebagai perusahaan yang berdiri di tengah masyarakat Kota Palembang, menjadikan Pusri senatiasa mengutamakan aspek keselamatan dan pencegahan terutama terhadap bencana kebakaran.

Sejalan dengan komitmen Pusri, yaitu zero accident dengan memprioritaskan Health, Safety and Environment (HSE) di setiap proses bisnis. Pada pelatihan ini warga kampung sehati diberikan edukasi terkait pengenalan keadaan darurat dan sirine darurat sebagai tanda – tanda bahaya, fasilitas tanggap darurat, prosedur mitigasi yang harus diambil jika terjadi bencana kebocoran Ammonia dan kebakaran, serta cara menggunakan peralatan dan cara memadamkan api serta berbagai edukasi penting lainnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Camat Ilir Timur II, Camat Kalidoni, Kapolsek Ilir Timur II, Danramil 418-05/ Lemabang, unsur Forkopimda setempat dan serta VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini mewakili manajemen PT Pusri serta sejumlah 138 perwakilan RT Kampung Sehati.

“Alhamdulillah kami dapat melaksanakan kegiatan ini, warga disini diberikan edukasi tentang penanganan apabila terjadi kebakaran yang diakibatkan kegiatan rumah tangga seperti kebakaran akibat bocornya seal gas LPG, listrik dan lain lain”, ungkap Alde.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan berupa 11 Unit APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk Kelurahan Sungai Selayur, 53 Unit APAR untuk Kelurahan III Ilir dan 12 Unit APAR untuk Kelurahan Sungai Buah.

Selain edukasi, warga Kampung Sehati juga diberikan praktik langsung tentang pemadaman kebakaran menggunakan apar dan kain yang dibasahi.

“Melalui pelatihan ini kami harapkan dapat menjadi antisipasi dan pertolongan pertama bagi warga Kampung Sehati jika terjadi kebakaran. Semoga dapat bermanfaat, dan kedepannya kami juga akan terus melaksanakan kegiatan serupa agar semakin banyak warga yang teredukasi terkait cara cepat tanggap bencana kebakaran”, tutup Alde.

 

***

Palembang, 12 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

09 July 2024

DUKUNG PRODUKTIVITAS KARYAWATI, PUSRI LAUNCHING FASILITAS DAYCARE

PALEMBANG –  Sebagai salah satu bentuk implementasi program Kementerian BUMN yaitu Employee Well-Being Policy (EWP) yang telah diluncurkan oleh Menteri BUMN pada awal Tahun 2024 lalu, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Launching Fasilitas Daycare yang berlokasi di Jl. Sawi, Komplek Pusri (09/07).

Hadir langsung meresmikan fasilitas ini, Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob, didampingi jajaran SVP dan VP terkait. Dengan adanya Daycare diharapkan dapat menunjang produktivitas karyawan sekaligus memenuhi kebutuhan pengasuhan anak, bimbingan dan sosial anak-anak dari Insan Pusri.

Daconi mengungkapkan bahwa Daycare memiliki peran penting dalam mendukung dan memfasilitasi pekerja khususnya bagi karyawati, dalam mencapai keseimbangan antara karir dan keluarga, khususnya peran menjadi ibu.

Daycare yang memiliki daya tampung sebanyak 15-20 orang ini, juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang terdiri dari kamar tidur, ruang tunggu/ antar jemput, ruang bermain, musholla, dapur hingga toilet. Daycare ini merupakan program kolaborasi antara Pusri dengan Persatuan Karyawati PT Pusri Palembang, yang sebelumnya sudah cukup lama merencanakan adanya Daycare di Pusri. Serta didukung oleh Persatuan Istri Karyawan Pusri yang turut memonitor Daycare Pusri.

“Kami pastikan Daycare Pusri ini ramah, nyaman dan aman serta kami jaga kebersihannya. Hal ini agar karyawati merasa aman menitipkan buah hatinya disini. Didukung dengan fasilitas yang baik untuk tumbuh kembang anak, sehingga diharapkan anak-anak yang ada di Daycare ini dapat tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas, aktif, sehat dan selalu ceria pastinya”, terang Daconi.

Hadirnya Daycare juga tidak hanya  menjadi tempat penitipan anak saja, tapi juga menjadi tempat belajar didukung kurikulum tersendiri. Jadi anak dapat  belajar dan bermain dan menyelesaikan tugas sesuai dengan perkembangan usianya.

Adanya Daycare ini menjadi komitmen Pusri untuk terus memberikan dukungan antara kebutuhan serta keinginan Insan Pusri dalam mencpai Work Life Harmony di lingkungan kerja Pusri.

“Mari kita jaga dan manfaatkan dengan baik fasilitas Daycare ini dan dimanfaatkan sebaik mungkin, agar kesejahteraan karyawan dapat terpenuhi. Sehingga produktivitas pun juga akan meningkat”, tambah Daconi.

Sejalan dengan hal tersebut diatas, Pusri juga akan terus berupaya mendukung dan mengimplementasikan EWP di lingkungan kerja, sehingga kedepan akan terwujudnya hubungan industrial yang semakin sehat serta lingkungan kerja yang harmonis dan kolaboratif. Serta tentunya berdampak positif terhadap pertumbuhan kinerja BUMN serta kesejahteraan dalam berbagai aspel yaitu finansial, mental dan sosial.

***

Palembang, 06 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

07 July 2024

PUSRI PASTIKAN STOK PUPUK NPK DI LAMPUNG AMAN SESUAI KETENTUAN

PALEMBANG –  Sebagai bentuk tanggung jawab dalam penyediaan pupuk bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO), Pusri sebagai anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) memastikan ketersediaan stok pupuk di seluruh wilayah tanggung jawab Pusri, salah satunya Provinsi Lampung.

Pusri menyiapkan stok NPK bersubsidi untuk Provinsi Lampung yaitu sebesar 396.891 ton. Dengan realisasi penyaluran di Provinsi Lampung sampai dengan 04 Juli 2024 yaitu 151.257 ton untuk NPK Bersubsidi.

Tingginya penyerapan NPK bersubsidi selama tiga bulan terakhir sekitar 35.000 MT/bulan. Sehingga untuk antisipasi ketersediaan stok di lapangan, maka dilakukan penambahan stok yang sudah tersedia di gudang dan telah disalurkan oleh distributor.

Guna memastikan ketersediaan stok di gudang, Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang meninjau langsung salah satu gudang penyimpanan NPK Pusri yang berada di Lampung (06/07).

“Kami memastikan bahwa petani tidak akan kekurangan pupuk karena stok yang telah kami sediakan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan petani. Hal ini juga telah kami pastikan dengan tinjauan langsung ke gudang penyimpanan pupuk pada hari ini”, ungkap Saifullah.

Sebelumnya Pemerintah juga telah melaksanakan penambahan alokasi subsidi pupuk sebesar 9,55 juta ton. Penambahan alokasi subsidi pupuk ini tertuang pada Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 249 Tahun 2024 dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 01 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Permentan Nomor 10 Tahun 2022.

Berdasarkan Kepmentan Nomor 249 Tahun 2024, Pemerintah telah menetapkan alokasi subsidi pupuk menjadi 9,55 juta ton. Adapun alokasi subsidi tersebut ditujukan kepada empat jenis, yaitu Urea, NPK, NPK Formula Khusus, dan yang terbaru adalah pupuk Organik. Penambahan alokasi terhadap empat jenis pupuk ini ditetapkan sebesar 4.634.626 ton untuk Urea, 4.278.504 ton untuk NPK, 136.870 ton untuk NPK Formula Khusus, dan pupuk Organik sebesar 500.000 ton.

Sementara hingga tanggal 04 Juli 2024, untuk stok pupuk urea bersubsidi di seluruh Provinsi Lampung yaitu sebesar 349.531 ton dan 24.281 ton untuk NPK Kakao . Dengan realisasi penyaluran di Provinsi Lampung sampai dengan 04 Juli 2024 yaitu 155.564 ton urea, dan NPK Kakao sebesar 1.584 ton.

Terkait penyaluran pupuk bersubsidi, dijelaskan Saifullah bahwa pupuk akan disalurkan kepada petani yang dalam Kelompok Tani dan terdaftar dalam elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK), yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan e-RDKK dapat dievaluasi 4 (empat) bulan sekali pada tahun berjalan. Dengan kata lain, petani yang belum mendapatkan alokasi bisa menginput pada proses pendaftaran pada proses evaluasi di tahun berjalan.

“Kami selaku produsen memastikan ketersediaan pupuk agar tidak terhambatnya pekerjaan petani yang sama-sama tentunya kita memiliki tujuan untuk menjaga ketahanan pangan negeri”, tutup Saifullah.

***

Palembang, 06 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

Read More
news-1

04 July 2024

GO GLOBAL, MITRA BINAAN PUSRI LARIS MANIS PADA AJANG INDONESIAN FESTIVAL COPENHAGEN 2024

DENMARK – Sebagai salah satu bentuk nyata dukungan PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kepada UMKM untuk berkiprah ditingkat dunia, Pusri mengirimkan wastra unggulan dari mitra binaannya untuk berpartisipasi dalam Indonesian Festival Copenhagen 2024, yang diselenggarakan oleh KBRI Copenhagen dan dilaksanakan di Radhuspladsen, Copenhagen, Denmark (29/06).

 

Pusri bersama PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik dengan antusias dan bangga karena dapat menampilkan produk unggulan mitra binaan dan menjadi bagian dari kegiatan yang baru dilaksanakan untuk pertama kalinya ini.

 

Sebagai festival pertama di Denmark, acara ini menjadi salah satu penawar rindu bagi masyarakat Indonesia yang telah tinggal di Denmark selama belasan bahkan puluhan tahun. Acara dibuka dengan parade pembukaan, penampilan tari kecak dan angklung yang sudah di aransemen dengan digabungkan dengan Electronic Dance Music (EDM).

 

Dalam festival ini juga menampilkan 27 (dua puluh tujuh) booth yang menyajikan makanan khas Indonesia dan menjual berbagai produk serta kerajinan tangan, termasuk salah satunya produk-produk mitra binaan Pusri. Serta terdapat travel agent yang menawarkan paket wisata ke Indonesia.

 

Acara ini dibuka langsung oleh Duta Besar Indonesia di Denmark, Dewi Wahab. Serta mewakili Pusri turut hadir langsung VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini.

 

Pameran ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan promosi terpadu yang diselenggarakan oleh KBRI Copenhagen dari tanggal 24 s.d 29 Juni 2024, yang menarik pengunjung dari masyarakat Indonesia yang tinggal di Copenhagen, Swedia dan Norwegia serta warga lokal disana. Festival dihadiri tidak kurang dari 16.000 (enam belas ribu) pengunjung dan mayoritas pengunjung merupakan warga Denmark maupun turis asing yang sedang berlibur di Copenhagen.

 

“Alhamdulillah Produk UMKM Binaan Pusri seperti jumputan dan tas ecoprint mendapatkan respon yang sangat positif dari pengunjung, terlihat dari tingkat penjualan yang tertinggi pada Booth Pupuk Indonesia di Festival tersebut, partisipasi Pusri dalam kegiatan ini menjadi bukti dukungan perusahaan dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas UMKM ke tingkat dunia”, tutup Alde..

 

***

Palembang, 04 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

01 July 2024

PUSRI KEMBALI MENGUKIR PRESTASI DI AJANG INTERNASIONAL, AREA 2024

VIETNAMPT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali membuktikan keberhasilannya dalam meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di Pulau Kemaro. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) Tahun 2024, yang diterima langsung mewakili manajemen Pusri, VP Humas Pusri, Rustam Effendi (28/06).

Untuk kedua kalinya Pusri berhasil memperoleh penghargaan AREA pada kategori Social Empowerment melalui Program SESERA atau Sehat Sejahtera Pulau Kemaro. Penghargaan ini juga merupakan penghargaan Internasional pertama dalam bidang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang berhasil diraih Pusri.

AREA merupakan salah satu program dari Enterprise Asia atau sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja dengan pemerintah, LSM dan organisasi lain, dengan tujuan dari program ini yaitu untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia. Serta untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan terbaik dan kompetitif di Asia yang telah menerapkan praktek bisnis yang berkelanjutan dan bertanggungjawab dalam 7 kategori (Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership and Responsible Business Leadership).

Guna meningkatkan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, khususnya di Pulau Kemaro, Pusri memberikan pendampingan dan pengembangan kompetensi melalui Program SESERA. Berbagai program yang termasuk dalam Program SESERA adalah Keramba Jaring Apung (KJA), Pertanian Terpadu Zero Waste, Pengolahan Air Minum SESERA dan kegiatan lainnya.

VP Humas Pusri, Rustam Effendi mengungkapkan “Alhamdulillah Kami sangat bersyukur bisa dipercaya untuk meraih penghargaan Asia Responsible Enterpirse Awards ini, karena penghargaan ini merupakan kerja keras seluruh Insan Pusri untuk bersama berkomitmen dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan”, terang Rustam.

Asia Enterprise selaku penyelenggara AREA Award menilai bahwa program SESERA telah berkontribusi pada peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Pulau Kemaro. Pusri terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan program SESERA sebagai salah satu program unggulan TJSL. Melalui program ini, Pusri juga mengimplementasikan SDGs poin (1) Tanpa Kemiskinan, (2) Tanpa Kelaparan, (3) Sehat dan Sejahtera, (5) Kesetaraan Gender, (7) Energi Bersih dan Terbarukan, (8) Pekerjaan Layak dan pertumbuhan Ekonomi, (10) Mengurangi Ketimpangan, (13) Penanganan Perubahan Iklim, (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, serta berdasar pada prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

***

Palembang, 01 Juli 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

22 June 2024

OPTIMALISASI KETERSEDIAAN PUPUK, PUSRI TANDATANGANI PJBG DENGAN PT PERTAMINA EP

BANDUNG – PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan penandatanganan Dokumen Amandemen Ketiga Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PT Pertamina EP (PEP) Regional 1 yang dilaksanakan dalam kegiatan Forum Gas Bumi 2024 SKK Migas dengan Tema “Membangun Sinergi Infrastruktur dan Pasar Gas Bumi dalam Rangka Optimalisasi Penyerapan Gas Bumi Nasional” di Bandung, Jawa Barat (21/06).

Direktur Operasi & Produksi Pusri, Filius Yuliandi mewakili Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob usai penandatanganan PJBG menyampaikan, bahwa dengan adanya penandatanganan PJBG untuk periode 2024-2028  dengan volume pasokan gas sebesar 95 Billion Britsh Thermal Unit per Day (BBTUD), Pusri semakin optimal dalam memenuhi kebutuhan pupuk nasional.

Disampaikan Filius bahwa kebutuhan gas sebagai bahan baku pupuk semakin meningkat, hal ini sejalan dengan adanya penambahan alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah beberapa waktu yang lalu.”Penambahan pasokan gas ini tentunya menjadi aspek utama dalam mendukung kelancaran proses produksi di Pusri serta mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional”, ungkap Filius.

Hingga saat ini total konsumsi gas bumi yang dibutuhkan Pusri dalam operasional seluruh pabrik yaitu sebesar 180-185 BBTUD.

“Dengan ditandatanganinya Dokumen Amandemen Ketiga PJBG ini kami harap dapat menjamin produksi Pusri terutama dalam memenuhi permintaan pupuk dalam negeri dan kelancaran proses bisnis Pusri kedepannya”, tutup Filius.

 

 

***

Palembang, 21 Juni 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
Layanan Pelanggan Report Governance Public Info FAQ