Kabar Pusri

pattern
pattern
mark Highlighted News

19 January 2023

PROGRAM “UREA”, DORONG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Read More
mark Highlighted News

16 January 2023

TINGKATKAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SORGUM DENGAN PRODUK PUSRI

Read More
mark Highlighted News

13 January 2023

KOMISARIS DAN DIREKSI PUSRI SAMBANGI KAMPUNG SESERA

Read More

Press Release

See All
news-1

19 January 2023

PROGRAM “UREA”, DORONG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PALEMBANG – Sebagai salah bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan Program UREA (Unggul terRampil professional siap kerjA) yang merupakan re-branding dari program Loka Pelatihan dan Keterampilan (Lolapil).

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN, agar 60% TJSL non PUMK diprioritaskan kepada Program Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK. Pusri melalui Departemen TJSL memiliki program dalam penyaluran dana TJSL di sektor pendidikan dengan nama PUSRI (Pendidikan Untuk Semua Rakyat Indonesia).

Program UREA merupakan salah satu program dari PUSRI yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada masyarakat sekitar. Disampaikan VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini bahwa Program UREA yang sebelumnya Bernama Program Lolapil merupakan program rutin Departemen TJSL. “Tujuan dari Pelaksanaan Program UREA ini yaitu untuk meningkatkan empowerment masyarakat, agar masyarakat lebih terampil”, terang Alde.

Dalam Program UREA ini dilaksanakan kegiatan pelatihan menjahit dan pelatihan basic safety K3 yang materi nya disampaikan langsung oleh Departemen K3 Pusri. Sementara untuk pelatihan menjahit dilaksanakan di LKP Kursus Menjahit NOVI, Sekip Palembang. Dengan total peserta pealtihan yaitu 18 (delapan belas) orang untuk pelatihan basic safety K3 dan 21 (dua puluh satu) orang pelatihan menjahit.

Seluruh peserta pelatihan menjahit akan diberikan edukasi dan praktik terkait menjahit sampai nanti kedepannya peserta dapat menjahit baju wearpack PT Pusri Palembang.

Melalui pelatihan ini kami berharap seluruh peserta yang lulus pelatihan dapat menjadi SDM yang unggul, terampil dan siap kerja, sesuai dengan nama program kami yaitu UREA”, jelas Alde.

Kedepannya kami akan selalu berupaya untuk mengadakan program pelatihan serupa, dengan materi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan masyarakat. Agar bersama Pusri masyarakat dapat menambah pengalaman serta keahlian yang dapat digunakan untuk mencari kerja”, tutup Alde.



Palembang, 19 Januari 2023

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]

Read More
news-1

12 January 2023

TINGKATKAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SORGUM DENGAN PRODUK PUSRI

PALEMBANG – Bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL), PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Panen Raya Sorgum di Kebun Percobaan Pusri, Lorong Abadi Palembang (12/01).

Sebelumnya TNI AL Penanaman Sorgum bersama Kementerian Pertanian melaksanakan penanaman sorgum secara serentak di 77 (tujuh puluh tujuh) titik lahan milik TNI AL di Indonesia salah satu nya di Kabupaten Banyuasin. Dengan tujuan yaitu sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi.

Tema pada kegiatan ini yaitu Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Panen ini dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko, Palaksa Lanal Palembang, Mayor Laut (Pelaut) Yusan Taufik, Paspotmar Lanal Palembang, Mayor Laut (Kesehatan), Dewi Tresnawati, Direktur Operasi & Produksi Pusri, Filius Yuliandi, jajaran SVP Pusri yang berkesempatan hadir dan perwira staf Lanal Palembang.

Tanaman Sorgum juga disebut sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi ekstrem dan mampu hidup dalam kondisi sedikit air. Tanaman Sorgum juga merupakan tanaman sehat, rendah gula dan tidak banyak mengandung kolesterol.

Disampaikan Filius Yuliandi bahwa Pusri sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AL ini, “Kegiatan ini sangat baik karena sejalan dengan salah satu misi kami yaitu untuk mendorong pencapaian kemandirian pangan dan kemakmuran negeri”, terang Filius.

Melalui Departemen Riset Pusri, pada tanggal 19 September 2022, telah dilakukan penanaman tanaman sorgum di Kebun Percobaan Pusri dan Taman Kenten. “Keberhasilan dalam budidaya Sorgum yang telah kami lakukan sampai dengan saat ini karena produk unggulan inovasi yang digunakan pada penanaman sorgum yaitu pupuk urea, NPK Pusri, pupuk hayati bioripah dan pupuk mikro nutremag yang diaplikasikan secara berimbang”, jelas Filius.

Komandan Pangkalan TNI AL, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko mengucapkan terimakasih atas support Pusri terhadap tercapainya program penanaman sorgum. “Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan Pusri dalam budidaya tanaman sorgum. Karena dengan bibit yang sama, hasil panen oleh tim riset Pusri lebih meningkat jika dibandingkan dengan yang kami tanam sendiri”, terang Widyo.

Widyo menambahkan kedepannya diharapkan Pusri bekerjasama dengan TNI AL dapat mengembangkan tanaman lainnya, guna bersama mendukung ketahanan pangan nasional.

 

Palembang, 12 Januari 2023

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]     

Read More
news-1

12 January 2023

KOMISARIS DAN DIREKSI PUSRI SAMBANGI KAMPUNG SESERA

Komisaris Pusri, KH. Amiruddin Nahrawi bersama Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Operasi & Produksi, Filius Yuliandi, Direktur Keuangan & Umum, Saifullah Lasindrang laksanakan kunjungan ke Kampung Sehat Sejahtera (SESERA) di Pulau Kemaro dan merupakan Program TJSL Pusri (11/01).

Pada acara ini Komisaris dan Direksi Pusri juga laksanakan penyerahan bantuan secara simbolis Renovasi Masjid Darul Muttaqin dan Bantuan kepada Koperasi Wanita Mandiri SESERA.

Di Kampung SESERA ini, juga telah dibangun Resto Apung, instalasi pengolahan air minum, pertanian zero waste, keramba jaring apung 2 dan peogram lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Pulau Kemaro.

Read More

Berita Media Massa

See All
news-1

20 January 2023

PROGRAM UREA PUSRI, DORONG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG – Sebagai salah bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan Program  UREA (Unggul terRampil professional siap kerjA) yang merupakan re-branding dari program Loka Pelatihan dan Keterampilan (Lolapil).

 

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN, agar 60 persen TJSL non PUMK diprioritaskan kepada program pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK.

 

Pusri melalui departemen TJSL memiliki program dalam penyaluran dana TJSL di sektor pendidikan dengan nama PUSRI (Pendidikan Untuk Semua Rakyat Indonesia).

 

Program UREA merupakan salah satu program dari PUSRI yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada masyarakat sekitar.

 

Disampaikan VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini bahwa Program UREA yang sebelumnya Bernama Program Lolapil merupakan program rutin Departemen TJSL.

 

“Tujuan dari Pelaksanaan Program UREA ini yaitu untuk meningkatkan empowerment masyarakat, agar masyarakat lebih terampil," terang Alde.

 

Dalam Program UREA ini dilaksanakan kegiatan pelatihan menjahit dan pelatihan basic safety K3 yang materi nya disampaikan langsung oleh Departemen K3 Pusri.

 

Sementara untuk pelatihan menjahit dilaksanakan di LKP Kursus Menjahit NOVI, Sekip Palembang.

 

Dengan total peserta pealtihan yaitu 18 orang untuk pelatihan basic safety K3 dan 21  orang pelatihan menjahit.

 

Seluruh peserta pelatihan menjahit akan diberikan edukasi dan praktik terkait menjahit sampai nanti kedepannya peserta dapat menjahit baju wearpack PT Pusri Palembang.

 

“Melalui pelatihan ini kami berharap seluruh peserta yang lulus pelatihan dapat menjadi SDM yang unggul, terampil dan siap kerja, sesuai dengan nama program kami yaitu UREA," jelas Alde.

 

“Kami sangat mendukung kegiatan Comdev ini mengingat banyaknya potensi yang ada dalam pengembangan pengolahan kelapa, selain pelatihan pengolahan kelapa kedepan Pusri sesuai core businessnya akan mensupport dalam peningkatan produktivitas pertanian kelapa," tutup Alde.

 

Sumber : https://sumsel.tribunnews.com/2023/01/20/program-urea-pusri-dorong-pemberdayaan-masyarakat

Read More
news-1

12 January 2023

KOMANDAN PANGKALAN TNI AL PALEMBANG PIMPIN PANEN RAYA SORGUM DALAM RANGKA KETAHANAN PANGAN BEKERJASAMA DENGAN PT. PUSRI PALEMBANG

Palembang – Koranprogresif.co.id, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko S.E., M.Tr. Hanla., memimpin langsung acara Panen Raya Sorgum di Kebun Percobaan PT. Pusri Palembang, Jalan Mayor Zen, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang dalam rangka program Ketahanan Pangan yang bekerjasama Dengan PT. Pusri Palembang, Kamis (12/01/2023).

 

Sorgum sendiri merupakan sumber makanan alternatif dari jenis biji-bijian yang dapat menggantikan sumber karbohidrat seperti gandum, beras dan jagung yang juga memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan baik untuk pencernaan.

 

Turut hadir dalam acara Panen Raya tersebut yakni, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko S.E., M.Tr. Hanla., Palaksa Lanal Palembang Mayor Laut Yusan Taufik, Paspotmar Lanal Palembang Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, S.Kep.Ners., Pjs. Pasminlog Lanal Palembang Kapten Laut (T) Indang Prabudi, Paur Binpotmar Lanal Palembang Letda Laut (K) Hendra Saputra, Pabinpotmar Lanal Palembang Letda Laut (P) Bambang, Direktur Operasi dan Produksi PT. Pusri Filius Yuliandi, Sekretaris Perusahaan PT. Pusri Ibu Indah Irmayani, VP Riset PT. Pusri Ibu Pujiyati, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab III DJA I Ny. Ria Widyo Sasongko, beserta Pengurus Jalasenastri Cabang 5 Korcab III DJa I dan Seluruh Prajurit Lanal Palembang.

 

Disela-sela Panen Raya tersebut, Danlanal Palembang menyampaikan bahwa program penanaman Sorgum ini sebagai bentuk dukungan atas program Ketahanan Pangan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dicanangkan oleh pimpinan tertinggi TNI AL, dan diharapkan kegiatan semacam ini dapat lebih mempopulerkan Sorgum kepada masyarakat luas.

 

Kegiatan Panen Raya Sorgum ini selaras dengan Instruksi dan Perintah Harian Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dalam kutipan “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

 

Sumber : http://koranprogresif.co.id/komandan-pangkalan-tni-al-palembang-pimpin-panen-raya-sorgum-dalam-rangka-ketahanan-pangan-bekerjasama-dengan-pt-pusri-palembang/

Read More
news-1

09 January 2023

KUNJUNGI PT PUSRI PALEMBANG, GUBERNUR JATIM PASTIKAN DISTRIBUSI PUPUK SUBSIDI DI JATIM LANCAR

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke Pabrik Pupuk PUSRI Palembang sekaitan dengan awal musim tanam 2023. Penyaluran pupuk  urea bersubsidi yang dilakukan PT Pupuk Sriwidjaja (PT. Pusri) ke 14 wilayah Jatim saat ini lancar dan stoknya sangat mencukupi dan sudah berada di gudang PUSRI Jatim.

 

Disampaikan Gubernur Khofifah, sejak tahun 2021 ada 14 kabupaten kota di Jatim yang menerima  pupuk urea subsidi  dari PT PUSRI Palembang.

 

Yakni Kabupaten Malang, Jember, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Kota Malang, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan dan  Kota Batu.

 

Ralisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi untuk wilayah Jatim tahun 2021 ke 9 kabupaten dan 5 kota tersebut   sebesar 170.000 dari alokasi 176.000 ton atau sekitar 96 persen.

 

Berlanjut di tahun 2022 penyaluran pupuk urea bersubsidi di 14 daerah tersebut meningkat pesat hingga 315.000 ton dari alokasi penyaluran 331.000 ton atau 95%. Penyaluran pupuk bersubsidi yang sangat dibutuhkan petani itu dibantu 62 distributor dan pengecer di 2.657 kios di Jatim. 

 

"Memasuki tahun 2023, per tanggal 5 Januari 2023, penyaluran pupuk urea bersubsidi di Jatim sudah sebesar 116.000  ton. Kami tentu sangat berterima kasih kepada PT. PUSRI  atas upaya pendistribusian pupuk bersubsidi yang sangat dibutuhkan petani ini," kata Gubernur Khofifah.

 

Khofifah juga menegaskan, terkait urusan pupuk bagi 14 daerah di Jatim tersebut, realisasi dan plot pupuk sendiri merupakan kewenangan Kementerian Pertanian  (Kementan RI). Lebih lanjut, Dinas Pertanian Jatim akan merealokasi jika ada kabupaten yang penyerapan pupuknya dinilai kurang. 

 

"Berdasarkan Permentan 734/KPTS/SR.320/M/09/2022 Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi tahun 2023 untuk urea sebesar 1.002.944 Ton, NPK 621.355 Ton, dan NPK Formula Khusus untuk Kakao sebesar 5.467 ton," tuturnya. 

 

"Selain itu, dari data rencana kebutuhan 2023 yang sudah terkumpul, usulan untuk urea sebesar 1.150.806 Ton, NPK 1.464.014 ton dan usulan NPK Formula Khusus 1.756 ton. Dari Rencana Kebutuhan tersebut untuk NPK Formula Khusus masih tersisa 3.711 Ton yang rencananya tidak diserap," jelasnya.

 

Saat ini stok pupuk untuk wilayah Jawa Timur per 5 Januari 2023 tergolong aman dengan jumlah sebesar 35.303.000 ton atau 133 persen dari ketentuan Permentan sebesar 26.568.000 ton. 

 

"Beberapa hari lalu sudah dipastikan langsung oleh komisaris Pusri serta direktur keuangan dan umum bahwa  di tempat pengepakan Pupuk Urea PUSRI Palembang di Kab Banyuwangi posisi stoknya mencukupi untuk persiapan penyaluran di awal tahun 2023," ungkapnya. (Her) 

 

Sumber : https://www.mnctrijaya.com/news/detail/56997/kunjungi-pt-pusri-palembang-gubernur-jatim-pastikan-distribusi-pupuk-subsidi

Read More

Buletin Pusri

See All
Report Governance Public Info FAQ