Kabar Pusri

pattern
pattern
mark Highlighted News

04 June 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI DI BENGKULU

Read More
mark Highlighted News

04 June 2024

WUJUDKAN GENERASI EMAS, DENGAN PUSRI CERDAS ACADEMY BATCH 3

Read More
mark Highlighted News

04 June 2024

INOVASI PUSRI RAIH 5 STARS PADA AJANG ICC OSH

Read More

Press Release

See All
news-1

04 June 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI DI BENGKULU

Pusri laksanakan Sosialiasi dan Sambung Rasa kepada petani di Bengkulu (29/05), yang dihadiri oleh SVP SBU JPP, Dikdik Yuliana didampingi oleh perwakilan dari Departemen Agrosolution, MBP dan Marketing Support.

Pada kegiatan ini Pusri memberikan edukasi kepada petani tentang cara penggunaan produk, mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, Program Makmur, produk non-subsidi dan cara pengaplikasian / uji tanah.

Serta Pusri memberikan sosialisasi terkait penambahan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024, dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

Petani menyampaikan agar kedepannya proses penebusan pupuk kian mudah, alokasi pupuk lancar dan tepat waktu.

Pusri juga senantiasa berkomitmen akan memberikan pendampingan serta dukungan kepada petani, agar petani semakin makmur dan sejahtera.

#PenambahanAlokasiPupukBersubsidi
#PupukBersubsidi
#PusriPalembang
#Pusri2024
#PusriActivity2024

Read More
news-1

02 June 2024

WUJUDKAN GENERASI EMAS, DENGAN PUSRI CERDAS ACADEMY BATCH 3

PALEMBANG – Sebagai salah satu bentuk komitmen PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, melalui Departemen TJSL, Pusri kembali laksanakan Pusri Cerdas Akademi (PCA) yang tahun ini merupakan Batch ke-3.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang, serta dihadiri oleh Komisaris Independen PT Pupuk Indonesia (Persero), Mustoha Iskandar didampingi jajaran Dewan Komisaris PT Pupuk Indonesia (Persero), Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Sriwijaya, Rujito Agus Suwignyo, Dosen dari Perwakilan Universitas Penerima Beasiswa Cetak Generasi Emas (CERDAS)  dan Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana (APJS).

Mengusung Tema One Step Closer to Becoming an Enterpreneur, Pusri Cerdas Akademi merupakan kegiatan Seremonial Pemberian Beasiswa serta peningkatan soft skill dan hard skill bagi penerima Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana (APJS) dan Beasiswa Cerdas untuk warga lingkungan. Dalam kegiatan tersebut, Pusri tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan dengan skema charity namun juga memberikan knowledge dan skill bagi penerima beasiswa melalui kegiatan-kegiatan pelatihan atau seminar yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dalam agenda PCA tahun ini, dilaksanakan workshop tentang entrepreneurship dengan narasumber UMK binaan Pusri yaitu, Pempek Culinary Workshop, Donut Artistry Class, Jumputan Craft Workshop, Eco Print Craft Workshop.

“Tahun ini sedikit berbeda, karena kami mengundang mitra binaan Pusri sebagai narasumber pada kegiatan. Dengan tujuan agar dapat menambah skill peserta dengan mendengarkan materi dan praktik langsung bersama ahlinya”, ungkap VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dalam laporan kegiatan PCA Tahun 2024.

Sebanyak 76 (tujuh enam) mahasiswa penerima beasiswa merupakan warga lingkungan di sekitar perusahaan, yaitu yang meliputi Kelurahan 1 Ilir, Kelurahan 2 Ilir, Kelurahan 3 Ilir, Sungai Buah, Kelurahan Sungai Selayur, Kelurahan Sungai Selincah, Kelurahan Sungai Lais dan Kelurahan Kalidoni. Serta berasal dari Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas Bangka Belitung, Institut Teknologi Sumatera, Institut Pertanian Bogor dan STIQ Al – Lathifiyyah

Dengan total dana yang telah terealisasi untuk Beasiwa CERDAS pada semester genapl TA 2023 – 2024 mencapai Rp.369.000.000,- (tiga ratus enam puluh sembilan juta rupiah).

Sementara untuk 37 (tiga puluh tujuh) mahasiswa penerima beasiswa APJS yang berasal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada.Total dana yang telah terealisasi untuk APJS pada semester Genap TA 2023 – 2024 adalah sebesar Rp.186.650.000,- (seratus delapan puluh enam juta enam ratus lima puluh ribu rupiah).     

 

 

Saifullah Lasindrang mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan dana pendidikan ini merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan yang mendukung tercapainya SDGs khususnya pada Pilar Sosial TPB 4 yaitu Pendidikan Berkualitas.

“Melalui program PCA ini, kami tidak hanya membantu akses pendidikan bagi mahasiswa dan peningkatan skill mahasiswa, namun disisi lain diharapkan penerima beasiswa dapat turut membantu Pusri dalam mempromosikan program dan kegiatan Pusri, mengingat seluruh peserta PCA juga telah menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.”, ungkap Saifullah.

Ke depan PT Pusri Palembang akan selalu merancang program yang tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga bermanfaat bagi seluruh stakeholder dan masyarakat dan berguna di masa mendatang.

 

***

 

Palembang, 30 Mei 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Read More
news-1

01 June 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI DI KABUPATEN MALANG

Pusri kembali laksanakan kegiatan Sosialiasi terkait Penambahan Alokasi Pupuk Bersubsidi dan Produk Pusri, kepada petani di Kabupaten Malang (27/05), yang dihadiri oleh SVP Administrasi & Keuangan, Asep Ramdan didampingi oleh perwakilan dari Departemen Agrosolution, MBP dan Marketing Support.

Pada kegiatan ini Pusri memberikan edukasi kepada petani tentang cara penggunaan produk, mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, Program Makmur, produk non-subsidi dan cara pengaplikasian / uji tanah.

Serta Pusri memberikan sosialisasi terkait penambahan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024, dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

Petani menyampaikan agar kedepannya proses penebusan pupuk kian mudah, alokasi pupuk lancar dan tepat waktu.

Pusri juga senantiasa berkomitmen akan memberikan pendampingan serta dukungan kepada petani, agar petani semakin makmur dan sejahtera.

#PenambahanAlokasiPupukBersubsidi
#PupukBersubsidi
#PusriPalembang
#Pusri2024
#PusriActivity2024

Read More

Berita Media Massa

See All
news-1

16 January 2024

PASTIKAN KEBUTUHAN PETANI TERPENUHI, STOK PUPUK DI GUDANG PUSRI BERLEBIH

KBRN, Palembang : PT Pusri memastikan ketersediaan pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani di seluruh area kerja cukup hingga tiga minggu kedepan.

 

Pusri menyiapkan stok pupuk urea bersubsidi untuk seluruh wilayah rayon tanggung jawab Pusri yaitu sebesar 212.325 ton per tanggal 15 Januari 2024. Stok ini setara dengan 277% dari ketentuan minimum yang ditetapkan pemerintah yaitu 72.418 ton. Sedangkan untuk NPK bersubsidi telah disiapkan Pusri untuk yaitu sebesar 65.104 ton atau 230% diatas ketentuan.

 

Adapun Wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Pusri untuk urea bersubsidi yaitu Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Jawa Tengah, DI.Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

 

“Kami memastikan bahwa petani tidak akan kekurangan pupuk karena stok yang telah kami sediakan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan petani sampai dengan 3 minggu kedepan," kata VP Humas Pusri, Rustam Effendi

 

Dikatakan Rustam ketersediaan stok pupuk urea dan NPK bersubsidi dipastikan aman di setiap gudang hingga kios pupuk sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani.

 

"Kami juga memastikan bahwa seluruh pupuk bersubsidi yang disalurkan Pusri kepada petani, harus memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Permentan Nomor 10 Tahun 2022 tanggal 06 Juli 2022," jelasnya.

 

Terkait penyaluran pupuk bersubsidi, dijelaskan Rustam bahwa pupuk akan disalurkan kepada petani yang terdaftar dalam e-Alokasi dan setelahnya terbit SK dari pemerintah setempat. Karena tanpa adanya SK tersebut, gudang-gudang pupuk tidak dapat mendistribusikan barang ke distributor dan kios.

 

“Kami selaku produsen memastikan ketersediaan pupuk agar tidak terhambatnya pekerjaan petani yang sama-sama tentunya kita memiliki tujuan untuk menjaga ketahanan pangan negeri”, tambah Rustam.

 

Untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pupuk bersubsidi, pemerintah telah melakukan pembaharuan kebijakan dengan menetapkan Permentan No. 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian. Dalam aturan baru tersebut ditetapkan 9 komoditas yang mendapat pupuk bersubsidi yaitu, padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kakao dan kopi.

 

Guna mendukung Pemerintah terhadap Permentan tersebut, Pusri senantiasa memastikan data penyaluran pupuk subsidi akurat dan tepat sasaran pada penerima yang sudah terdaftar di sistem e-alokasi maupun sistem informasi manajemen penyuluh pertanian.

 

Sumber : https://rri.co.id/palembang/bisnis/518699/pastikan-kebutuhan-petani-terpenuhi-stok-pupuk-di-gudang-pusri-berlebih

Read More
news-1

17 January 2024

PUSRI PASTIKAN STOK PUPUK PER 15 JANUARI AMAN DAN DISTRIBUSI LANCAR

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Pusri sebagai anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) memastikan ketersediaan stok pupuk di seluruh wilayah tanggung jawab Pusri, salah satunya Sumatera Selatan.

 

Memastikan ketersediaan sebagai bentuk tanggung jawab dalam penyediaan pupuk bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO) PT Pusri Palembang.

 

Pusri menyiapkan stok pupuk urea bersubsidi untuk seluruh wilayah rayon tanggung jawab Pusri yaitu sebesar 212.325 ton per tanggal 15 Januari 2024.

 

Stok penyediaan pupuk bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO) PT Pusri Palembang setara dengan 277 persen dari ketentuan minimum yang ditetapkan pemerintah yaitu 72.418 ton.

 

Sedangkan penyediaan pupuk bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO) PT Pusri Palembang untuk NPK bersubsidi telah disiapkan Pusri untuk yaitu sebesar 65.104 ton atau 230 persen diatas ketentuan.

 

Adapun Wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Pusri untuk urea bersubsidi yaitu Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

 

"Kami memastikan bahwa petani tidak akan kekurangan pupuk karena stok yang telah kami sediakan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan petani sampai dengan 3 minggu kedepan,"kata VP Humas Pusri, Rustam Effendi, Selasa 16 Januari 2023.

 

Terkait ketersediaan stok pupuk urea dan NPK bersubsidi, sambung Rustam Effendi, kami pastikan telah aman di setiap gudang hingga kios pupuk kami, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani.

 

"Kami juga memastikan seluruh pupuk bersubsidi yang disalurkan Pusri kepada petani, harus memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Permentan Nomor 10 Tahun 2022 tanggal 06 Juli 2022,"jelas Rustam.

 

Terkait penyaluran pupuk bersubsidi, dijelaskan Rustam, pupuk akan disalurkan kepada petani yang terdaftar dalam e-Alokasi dan setelahnya terbit SK dari pemerintah setempat.

 

Karena tanpa adanya SK tersebut, gudang-gudang pupuk tidak dapat mendistribusikan barang ke distributor dan kios.

 

"Kami selaku produsen memastikan ketersediaan pupuk agar tidak terhambatnya pekerjaan petani yang sama-sama tentunya kita memiliki tujuan untuk menjaga ketahanan pangan negeri," tambah Rustam.

 

Untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pupuk bersubsidi, pemerintah telah melakukan pembaharuan kebijakan dengan menetapkan Permentan No 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

 

 

Dalam aturan baru tersebut ditetapkan 9 (sembilan) komoditas yang mendapat pupuk bersubsidi yaitu, padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kakao dan kopi.

 

Guna mendukung Pemerintah terhadap Permentan tersebut, Pusri senantiasa memastikan data penyaluran pupuk subsidi akurat dan tepat sasaran pada penerima yang sudah terdaftar di sistem e-alokasi maupun sistem informasi manajemen penyuluh pertanian.

 

Sumber : https://radarpalembang.disway.id/read/646824/pusri-pastikan-stok-pupuk-per-15-januari-aman-dan-distribusi-lancar/15

Read More
news-1

16 January 2024

PUSRI PALEMBANG BERKOMITMEN JAMIN KETERSEDIAAN STOK PUPUK BERSUBSIDI AMAN

PALEMBANG, SUMEKS.CO –  Tersedianya stok pupuk bersubsidi di Sumatera Selatan merupakan bentuk tanggung jawab Pusri sebagai anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam menjalankan Public Service Obligation (PSO).

 

PSO adalah kewajiban yang diberikan kepada badan usaha milik negara (BUMN) untuk menyediakan barang atau jasa tertentu yang bersifat publik.

 

Dalam hal ini, Pusri sebagai BUMN produsen pupuk memiliki kewajiban untuk menyediakan pupuk bersubsidi bagi para petani.

 

Tersedianya stok pupuk bersubsidi di Sumatera Selatan merupakan hal yang penting, terutama pada musim tanam.

 

Pupuk bersubsidi merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan tersedianya pupuk bersubsidi, diharapkan para petani dapat meningkatkan produktivitas pertaniannya sehingga dapat mendukung ketahanan pangan nasional.

 

Pusri menyiapkan stok pupuk urea bersubsidi untuk seluruh wilayah rayon tanggung jawab Pusri yaitu sebesar 212.325 ton per tanggal 15 Januari 2024.

 

Stok ini setara dengan 277% dari ketentuan minimum yang ditetapkan pemerintah yaitu 72.418 ton. Sedangkan untuk NPK bersubsidi telah disiapkan Pusri untuk yaitu sebesar 65.104 ton atau 230% diatas ketentuan.

 

Adapun Wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Pusri untuk urea bersubsidi yaitu Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Jawa Tengah, DI.Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

 

“Kami memastikan bahwa petani tidak akan kekurangan pupuk karena stok yang telah kami sediakan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan petani sampai dengan 3 minggu kedepan,” terang VP Humas Pusri, Rustam Effendi.

 

“Terkait ketersediaan stok pupuk urea dan NPK bersubsidi kami pastikan telah aman di setiap gudang hingga kios pupuk kami. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani. Kami juga memastikan bahwa seluruh pupuk bersubsidi yang disalurkan Pusri kepada petani, harus memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Permentan Nomor 10 Tahun 2022 tanggal 06 Juli 2022,” jelas Rustam .

 

Terkait penyaluran pupuk bersubsidi, dijelaskan Rustam bahwa pupuk akan disalurkan kepada petani yang terdaftar dalam e-Alokasi dan setelahnya terbit SK dari pemerintah setempat.

 

Karena tanpa adanya SK tersebut, gudang-gudang pupuk tidak dapat mendistribusikan barang ke distributor dan kios.

 

“Kami selaku produsen memastikan ketersediaan pupuk agar tidak terhambatnya pekerjaan petani yang sama-sama tentunya kita memiliki tujuan untuk menjaga ketahanan pangan negeri”, tambah Rustam.

 

Untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pupuk bersubsidi, pemerintah telah melakukan pembaharuan kebijakan dengan menetapkan Permentan No. 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

 

Dalam aturan baru tersebut ditetapkan 9 komoditas yang mendapat pupuk bersubsidi yaitu, padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kakao dan kopi.

 

Guna mendukung Pemerintah terhadap Permentan tersebut, Pusri senantiasa memastikan data penyaluran pupuk subsidi akurat dan tepat sasaran pada penerima yang sudah terdaftar di sistem e-alokasi maupun sistem informasi manajemen penyuluh pertanian.(*)

 

Sumber : https://sumeks.disway.id/read/694092/pusri-palembang-berkomitmen-jamin-ketersediaan-stok-pupuk-bersubsidi-aman/15

Read More

Buletin Pusri

See All
Report Governance Public Info FAQ