HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Erick Thohir sesumbar bahwa Program Sejahtera akan memberikan manfaat dan kemudahan bagi petani

October 16 ,2021
TEKNOSIGNAL.COM, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan program Makmur memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi petani Indonesia. Apalagi program yang merupakan singkatan dari Ayo Majukan Usaha Rakyat ini bisa berjalan berkat kerjasama BUMN.
 
Erick Thohir menjelaskan, pandemi Covid-19 tidak hanya menekan sektor kesehatan tetapi juga perekonomian. Sehingga tidak mungkin setiap BUMN bekerja sendiri-sendiri, oleh karena itu diperlukan gotong royong.
 
Kemudian, lanjutnya, pandemi Covid-19 juga telah menciptakan ketimpangan sosial, oleh karena itu intervensi harus dilakukan agar perekonomian seimbang.
 
“Saya berterima kasih kepada pihak swasta yang datang, BUMN yang datang, petani yang datang sehingga kita bisa bekerja sama, dan untuk itu kita sudah menggagas program Sejahtera,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (16/10/2021).
 
Program Sejahtera merupakan ekosistem yang sangat bermanfaat bagi petani Indonesia. Pasalnya, program tersebut telah menghubungkan petani dengan pimpinan proyek, asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, agro input, hingga menjamin ketersediaan pupuk nonsubsidi.
 
Dengan ekosistem ini, menurut Erick, petani yang tergabung dalam program Makmur mendapat bantuan yang berdampak positif terhadap produktivitas dan pendapatan pertanian.
 
“Program Sejahtera ini kita BUMN, fokus utama 40.000 hektar, 28.000 petani. Kalau ini jalan kita perbesar. Sini Himbara datang, BNI, BRI, Mandiri untuk pembiayaan. Kemudian PT Pupuk Indonesia memberikan bantuan, Bapak-bapak dan RNI beli agar semua ini ekosistem yang sehat,” kata Erick.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh mengatakan, di bawah koordinasi Pupuk Indonesia, program Makmur memberikan manfaat nyata bagi petani. Menurutnya, banyak petani yang mengalami peningkatan produktivitas dan pendapatan pertanian sejak mengikuti program yang dicanangkan pada Agustus 2021.
 
“Sesuai inisiatif Pupuk Indonesia, Makmur punya ekosistem, ada pemasok benih, produsen pupuk, ada pestisida, lalu pendanaannya Himbara, BNI, BRI, Mandiri, lalu offtaker ada RNI Group, terintegrasi, kalau ada potensi gagal panen, ada asuransi, ada Jasindo. Artinya kerjasama BUMN ini telah mendukung program Makmur,” kata Tri Wahyudi.


Sumber: https://www.teknosignal.com/erick-thohir-sesumbar-bahwa-program-sejahtera-akan-memberikan-manfaat-dan-kemudahan-bagi-petani/